Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

Artikel ini menjelaskan bagaimana cara dan tutorial setting BIOS agar dapat Booting melalui CD/DVD ROM, menjadikan CD DVD first boot, inilah cara untuk melakukan booting pertama dari CD/DVD Rom, Terkadang Anda perlu boot dari CD untuk melakukan installasi sistem operasi, memperbaiki atau upgrade komputer Anda. Masalahnya adalah, sebagian besar komputer/laptop adalah secara default akan melakukan boot dari hard disk, dan tidak dapat untuk boot dari CD. 

Nah, agar komputer Anda dapat melakukan hal ini dapat berbelit-belit, jadi ikuti langkah-langkah ini untuk memastikan Bahwa komputer Anda benar bisa melakukan boot dari CD.

Untuk dapat mengatur agar komputer bisa booting melalu CD/DVD Drive kita harus mengaturnya melalui BIOS, agar dapat masuk ke menu BIOS, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah:

1. Reboot pada komputer Anda.
2. Lalu ketika Anda melihat logo produsen komputer/laptop anda ditampilkan, tekan tombol untuk masuk ke menu setup BIOS. Tombol untuk masuk ke meu BIOS bervariasi oleh produsen. Tombol paling umum adalah F2, F10, F12, dan Del. Biasanya tombol masuk ke BIOS akan ditampilkan di bawah logo, atau di samping layar.

3. Setelah berhasil masuk ke BIOS, maka tampilannya kira-kira akan seperti gambar dibawah ini. Mouse dinonaktifkan, gunakan tombol panah untuk bergerak di sekitar BIOS, Lihat pada "Boot" atau "Boot Priority", hal itu dapat di lihat di menu tab bagian atas, tetapi beberapa BIOS ini mungkin terletak di lanjutan atau bagian yang lain. 
Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

4. Setelah masuk menuju Boot, lalu pilih Boot Device Priority dan tekan "ENTER" untuk masuk. Namun beberapa Bios terkadang berbeda tampilan menunya, jangan khawatir, tentunya sama saja, hanya tata letak yang berbeda.
Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

5. Setelah di "Boot Device Priority", Anda akan melihat 1st perangkat boot diatur sebagai "Floppy Drive". gunakan tombol panah untuk memilih item ini dan tekan "ENTER"
Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

6. Sekarang Anda akan memiliki pilihan pada drive yang akan digunakan, pilih "CDROM" dan tekan "ENTER"
Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

7. CDROM" kini telah di pilih menjadi perangkat boot pertama Anda, Anda sekarang Harus menyimpan pengaturan dan keluar, pada sebagian besar komputer biasanya menekan "F10" pada keyboard, jika tidak bisa, silahkan pergi menuju menu tab "Exit" lalu pilih "SAVE DAN EXIT".

Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

Lalu komputer anda akan secara otomatis melakukan Reboot dan CDROM anda telah berhasil boot.
Cara Tutorial Setting BIOS Agar Booting dari CD/DVD ROM

Selesai! Bila tampilan bios pada komputer/laptop anda berbeda seperti tampilan screenshot di atas, intinya sama saja, semua menu pilihan dengan kata yang sama. Hanya tata letak penempatan menunya yang berbeda. Anda harus dapat memahami itu dengan baik.

Advertiser

5 komentar

Kalo di win 8 gimana cara merubah jadi cdroon pas booting??
Thx

aku sudah atur biosny.. trus udh bsa booting ke CDRoom kn ad tuh perintah untuk reboot.. ko ga bsa reboot sendrii... truss ane reboot secra manual.. malah ga bsa booting ke cd?? knpaa yah??

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon