Cara Defrag Hardisk Komputer Windows

Melakukan Defrag pada harddisk Anda adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat komputer Windows Anda . Bagaimana bisa? Bayangkan bahwa hard drive Anda ibarat seperti lemari arsip. Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda punya surat-surat Anda disimpan dalam folder abjad sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan arsip yang Anda cari dengan mudah.

Bayangkan, meskipun jika seseorang mengambil label dari folder, beralih lokasi dari semua folder, dan pindah dokumen ke dalam dan keluar dari folder secara acak. Ini akan membawa Anda lebih lama untuk menemukan sesuatu, karena Anda tidak akan tahu di mana dokumen Anda berada .

Itulah semacam apa yang terjadi ketika hard drive Anda mendapatkan terfragmentasi : dibutuhkan komputer lebih banyak waktu untuk menemukan file yang tersebar di sini, di sana dan di mana-mana. Dengan melakukan Defragmenting drive Anda untuk memulihkan kekacauan itu, dan mempercepat komputer Anda.

Defragmentation tersedia di Windows XP dan Windows Vista , meskipun ada beberapa perbedaan antara keduanya. Yang paling penting adalah bahwa Vista memungkinkan penjadwalan defragmentasi : Anda bisa mengaturnya untuk defrag hard drive Anda terjadwal setiap hari jika Anda ingin. Namun di Windows XP, Anda harus defrag secara manual.

Ini sama pentingnya untuk defrag harddisk komputer pada Windows 7 secara teratur, tetapi ada beberapa pilihan baru, dan tampilan baru yang berbeda dengan XP.

Perbedaan lain antara defragment pada Windows 7 dan Vista adalah jumlah informasi yang diberikan selama sesi defrag. Windows 7 adalah jauh lebih rinci dalam apa yang ia memberitahu Anda tentang kemajuan.

Pada defragment Windows 7 juga, Anda dapat menghentikan defrag setiap saat, tanpa merusak disk Anda dengan cara apapun, dengan mengklik "Stop operation" selama defrag.

Untuk dapat melakukan defrag, maka Anda harus mengikuti panduan tutorial defrag komputer Windows 7 di bawah ini.

1. Klik tombol Start , dan ketik " Disk Defragmenter " di jendela pencarian di bagian bawah. Maka akan muncul di bagian atas hasil pencarian , seperti yang ditunjukkan gambar dibawah ini.

2. Jika Anda telah menggunakan defragger di Vista dan XP, hal pertama yang akan Anda perhatikan adalah bahwa Graphical User Interface, atau GUI, telah sepenuhnya didesain ulang. Ini dari layar utama ini yang Anda dapat mengelola semua tugas-tugas defragmentasi Anda. Di tengah GUI adalah layar yang berisi daftar semua partisi hard drive yang terpasang pada sistem Anda yang dapat di defrag.
Cara Defragment Hardisk pada Windows 7 | Tutorial Terbaru Lengkap

Jendela tengah, yang ditunjukkan di atas, merupakan daftar semua partisi hard drive Anda, jika memenuhi syarat untuk defragmentasi. Kiri setiap drive dalam daftar untuk memilih/menyorotnya, lalu klik "Analyze disk" di bagian bawah untuk menentukan apakah perlu defragmented (fragmentasi ditunjukkan pada kolom "Run Terakhir"). Microsoft menyarankan defragmenting disk apapun yang memiliki lebih dari 10% fragmentasi.

3. Ini juga di mana Anda dapat menjadwalkan defragmentasi otomatis, atau memulai proses manual. Untuk mengotomatisasi defragmentasi, klik pada tombol "Configure schedule...". Itu akan memunculkan jendela yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

Dari sini, Anda dapat menjadwalkan seberapa sering untuk defragment. Saya sarankan menyiapkan opsi-opsi ini, dan setelah defragmentasi dilakukan secara otomatis, terkadang kita mudah lupa untuk melakukannya secara manual, dan harus menghabiskan berjam-jam defragging ketika Anda perlu untuk mendapatkan sesuatu yang lain dilakukan.

Salah satu keuntungan dari Defragmenter pada Windows 7 adalah bahwa hal ini dapat defragment hard drive ganda secara bersamaan. Pada versi sebelumnya, satu drive harus defragged sebelum yang lain bisa. Sekarang, drive dapat defragged secara paralel, yaitu pada saat yang sama. Itu bisa menjadi besar menghemat waktu jika Anda memiliki, misalnya, drive, hard drive internal eksternal dan USB drive dan mereka semua perlu defrag.

Advertiser

3 komentar

Terima kasih, artikelnya bagus, bermanfaat bagi saya, karena saya belum begitu ahli masalah defrag

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon