Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Pasang Widget Popular Post Keren

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara dan tutorial membuat dan memasang widget/gadget Popular Posts atau Entri Populer yang menampilkan Artikel yang paling populer sering dan paling banyak di kunjungi.

Apa fungsi dari widget Populer Posts ini? Fungisnya adalah untuk menampilkan beberapa artikel yang paling sering di kunjungi oleh pengunjung yang masuk ke halaman blog Anda. Jika Anda termasuk pemula dalam blogging, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk dapat memasang Gadget popular posts tersebut.

Sebelum kita belajar memasang populer posts ada baiknya jika Anda mengunjungi halaman ini terlebih dahulu untuk mengenal Tata Letak dan desain template di blogger. Setelah Anda paham dengan konsep Layout atau Tata Letak di blogger ada baiknya juga jika kalian memahami tentang cara menambahkan dan mengatur widget atau gadget di blog.

Dengan mengujungi halaman tersebut Anda akan dapat mengerti bagaimana cara menambahkan serta mengatur tata letak yang tepat dimana berbagai widget yang di tambah itu berada. Sehingga blog Anda akan terlihat bagus dan keren.

Cara Membuat dan Memasang Widget Popular Post di Blogger
1. Masuk ke Blogger Dasboard Anda.
2. Silahkan masuk ke halaman layout dengan cara memilih menu dropdown Layout.
3. Akan terlihat halaman Layout. klik pada Add a Gadget.
4. Gulir kebawah dan cari Gadget Popular Posts, setelah ketemu klik untuk membuka.
5. Maka akan terbuka tampilan pada gadget Popular Posts.
PENGATURAN
  • Title = Judul widget, Anda dapat mengganti dengan judul yang anda inginkan.
  • Most Viewed = Populer tampilkan berdasarkan All times(semua waktu), Last 30 days(30 hari terahir) dan Last 7 Days (7 hari terakhir). Pilih sesuai yang anda inginkan.
  • Show/Tampilan:
  • Atur berapa jumlah Artikel yang ingin di tampilkan pada Display up to, pilih jumlah sesuai yang kamu inginkan. 
  • Atur Gambar Thumbnail, jika ditampilkan beri centang, tapi jika tidak hapus centang pada image thumbnail.
  • Atur Snippet atau cuplikan ringkasan deskripsi singkat, jika ditampilkan beri centang, tapi jika tidak hapus centang pada snippet.

6. Jika semua sudah beres, klik Save untuk menyimpan gadget popular posts.

Selesailah membuat dan memasang widget populer posts di blog Anda. Panduan ini hanyalah panduan yang singkat, semoga bisa di pahami dan bisa membantu masalah Anda. Sampai jumpa...

9 komentar untuk "Cara Membuat dan Pasang Widget Popular Post Keren"