Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Artikel Terkait di Blog Terbaru

Artikel ini akan menjelaskan bagaimana cara dan tutorial membuat dan memasang Artikel Terkait atau Related Article, Related Posts di blogger. Panduan ini akan menjelaskan langkah demi langkah yang dapat mudah di pahami. Widget Artikel Terkait ini akan muncul dengan Icon blogger di sampingnya.

Tentunya Anda ingin membuat para pengunjung blog Anda akan merasa betah tinggal lebih lama di blog Anda karena di situ tersaji beberapa menu Artikel terkait yang lainnya yang dapat memudahkan para pengunjung untuk memilih berbagai konten yang ada di blog Anda. Selain itu, para pengunjung akan tinggal lebih lama di blog kita, karena mereka ingin membaca artikel yang lain yang membuat mereka tertarik untuk membacanya. Sekarang, untuk belajar membuat artikel terkait di blog, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Memasang Widget Artikel Terkait Dengan icon keren di blogger
1. Buka Blogger Dasbor
2. Kemudian masuk ke Menu Template
3. Pilih Edit HTML
4. Kemudian letakkan kode berikut di bawah tag </head>
<style type='text/css'> #related-posts { float : left; width : 100%; margin-top:20px; margin-left : 5px; margin-bottom:20px; font : 12px Arial; margin-bottom:10px; } #related-posts .widget { list-style-type : none; margin : 5px 0 5px 0; padding : 0; } #related-posts .widget h2, #related-posts h2 { font-size : 20px; font-weight : normal; margin : 5px 7px 0; padding : 0 0 5px; } #related-posts a { text-decoration : none; } #related-posts a:hover { text-decoration : none; } #related-posts ul { border : medium none; margin : 10px; padding : 0; } #related-posts ul li { display : block; background : url(&quot;https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXtKwBfKp-jQi83Xm2zrmOoTWs9MwSLxiqW9ckKB3Da9SbmnbzjoTrMvkwaY0fHe4-f1nKP2b5kTA5I7ocGsMB9vWXUZzbGf4CDHdbvQpJTy5tEkvm82jBiSnWUU0Kxlmy95lUakMYRoA/&quot;) no-repeat 0 0; margin : 0; padding-top : 0; padding-right : 0; padding-bottom : 1px; padding-left : 21px; margin-bottom : 5px; line-height : 2em; border-bottom:1px dotted #cccccc; } </style> <script src='http://belajarblogging.googlecode.com/files/relpost.js' type='text/javascript'/>
6. Jika sudah, cari <data:post.body/> lalu pasang kode berikut di bawahnya.
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'><div id="related-posts"><font face='Arial' size='3'><b>Artikel Terkait : </b></font><font color='#FFFFFF'><b:loop values='data:post.labels' var='label'><data:label.name/><b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'>,</b:if><b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'><script expr:src='&quot;/feeds/posts/default/-/&quot; + data:label.name + &quot;?alt=json-in-script&amp;callback=related_results_labels&amp;max-results=5&quot;' type='text/javascript'/></b:if></b:loop> </font><script type='text/javascript'> removeRelatedDuplicates(); printRelatedLabels();</script></div></b:if>
7. Terakhir Save template untuk menyimpan template.

Sekarang buka halaman salah satu posting / Artikel Anda, lihat di bagian bawah akan muncul Widget Artikel Terkait yang sudah Anda buat. Seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat/memasang Artikel Terkait di blogger

Saya berharap artikel ini dapat membantu menjadi panduan Anda dalam Cara Membuat Artikel Terkait(Related Article) di Blogger Anda. Jika ada masalah jangan ragu untuk berkomentar.

26 komentar untuk "Cara Membuat Artikel Terkait di Blog Terbaru"

  1. Ni cara yang sangat sederhana, gak ribet, n berhasil... hehe... thanks atas info nya...

    BalasHapus
  2. agar artikel/post yg lagi dibicarakan gak muncul di artikel terkait gimana caranya?

    BalasHapus
  3. yang dimaksud tag yang dimasukan dibawah di enter dulu atau langsung di paste>?

    BalasHapus
  4. sama saja gan. baik di enter mupun langsung dipaste tetap bisa kok. yang penting setelah tag data:post.body OK

    BalasHapus
  5. kok ane ga muncul ya artikel terkaitnya??padahal udah ngikutin prosedur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Munkin penempatan kode yang dibawah yang salah gan, biasanya ada beberapa kode data post body, cari semua dan coba satu persatu sampai muncul.

      Hapus
  6. trimakasih banyak gan artikelnya,, berhasil

    BalasHapus
  7. hamdani
    terimakasih gan untuk tipsnya,aye tunggu tips selanjutnya.

    BalasHapus
  8. Makasih banget gan. Yang kayak gini yang saya cari,googeling kesana kemari akhirnya ketemu disini. Tutorial related pos yang berlogo feed banyak, cuman scriptnya musti diselipkan link. Ke blog mreka apa itu istilahnya, plugin atau apalah saya dak ngerti. Akhirnya saya ketemu disini. Makasih banget gan. Bener-bener pingin berbagi tanpa pamrih. Hehehe... Salam kenal mas.

    BalasHapus
  9. Mantap bang, sudah ada sih di blog saya, tapi cara ini agak berbeda...patut dicoba.
    Salam

    BalasHapus
  10. Utk template yg baru kok agak susah nemuin kodenya ya om?

    BalasHapus
  11. muter muter ahirnya bisa ketemu caranya di sini

    BalasHapus
  12. kok jadi tagnya yg kluar di artikel terkait ya ?
    bole minta saran dan pemecahannya ?

    BalasHapus
  13. Sy gak nemu tag data.post.body gmana nih

    BalasHapus