Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7

Pernahkah Anda mengalami hal seperti yang saya alami, saya memiliki satu laptop, dan laptop ini saya gunakan bersama dengan adik saya. Namun terkadang kami menemui masalah pada file kami, ketika saya memiliki file pribadi saya bingung mau menyimpan dimana, karena data kami berdua tersimpan dalam satu laptop. Nah hal itu dapat kita atasi dengan cara membuat User Account (Pengguna) baru.

Laptop saya menggunakan sistem operasi Windows 7 yang memungkinkan untuk memiliki beberapa pengguna (user) dalam satu komputer yang sama pada akun masing-masing. Dengan fasilitas ini memungkinkan setiap pengguna individu untuk memiliki lokasi mereka sendiri pada komputer di mana mereka dapat menyimpan dokumen pribadi mereka, gambar, video, permainan disimpan, dan data pribadi lainnya.

Namun tidak hanya itu, Fasilitas ini juga memiliki fitur yang memungkinkan pemilik komputer untuk menetapkan akun tertentu dapa melakukan tugas administratif (Administrator) seperti menginstal perangkat lunak, dan juga dapat membatasi kemampuan pengguna lain sebagai Standart User.

Panduan Tutorial ini akan membantu Anda yang memiliki masalah yang sama dengan saya, dengan membuat account baru pada Windows 7, akan menjadikan saya dan adik saya memiliki akses masuk ke akun pribadi masing-masing. Dan aman bagi kita yang menyimpan data pribadi dalam satu komputer.

Tutorial Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7:
1. Klik pada tombol Start -> Pilih Control Panel
Ketika Control panel terbuka Anda akan melihat layar seperti Gambar di bawah ini.
Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7

2. Klik pada Add or remove user accounts. Seperti yang ditunjukkan oleh panah merah pada gambar diatas.

3. Kemudian Anda akan berada di pengaturan Manage Account, seperti yang ditunjukkan pada Gambar di bawah ini .
Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7

Pada bagian ini akan menampilkan semua akun yang saat ini ada di komputer Anda. Untuk membuat account baru, klik pada Create a new account seperti yang ditunjukkan oleh panah merah di atas .

4. Anda sekarang akan berada pada layar Create a new account.
Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7

Pada kolom nama akun yang tersedia, masukkan nama akun baru yang ingin Anda buat. Ini bisa di isi dengan nama seseorang atau sebutan lain yang ingin Anda berikan.

Kemudian Anda harus memutuskan jenis akun baru yang ingin Anda buat.

Jika Anda memilih Administrator, maka akun tersebut akan memiliki akses penuh ke komputer dan dapat membuat semua perubahan, menginstal perangkat lunak, dan semua pengaturan di komputer Anda, termasuk membuat dan menghapus akun di komputer Anda.

Dan Jenis lain dari pengguna akun adalah Standar User yang hanya memiliki hak terbatas untuk pengaturan dan perubahan pada komputer Anda. Disarankan untuk semua pengguna baru, Anda menetapkan mereka sebagai akun pengguna standar dan memiliki satu account administrator yang dapat Anda logon ke sesuai kebutuhan Anda. Ini akan melindungi komputer Anda dari malware dan kegiatan berbahaya lainnya.

Karena Adik saya masih dibawah umur, jadi saya memilih standar user untuknya.

Setelah selesai memilih nama dan jenis account yang ingin Anda setup, Anda harus mengklik pada tombol Create Account.

Akun baru Anda telah berhasil dibuat dan Anda akan melihat itu tercantum dalam layar Manage Account.
Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7

Seperti yang Anda lihat pada gambar diatas bawah pengguna baru telah dibuat dan muncul pada layar diatas, Akun baru bernama Adik telah dibuat.

Sekarang ketika Anda menjalankan Windows 7, Anda akan melihat akun baru yang telah dibuat tadi, akun baru akan muncul dalam layar logon. Sehingga pengguna komputer Anda dapat memilih user login dan masuk ke profil mereka sehingga mereka dapat mengakses data pribadi mereka dengan senang hati.

6 komentar untuk "Membuat User Account (Pengguna) Baru di Windows 7"

  1. tetapi apakah setelah anda membuat user baru, pada user baru tersebut file nya kosong? apabila kosong, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? mohon penjelasan ~ terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud Anda kosong itu file apa gan? Sedikit penjelasan, yaitu file kosong hanya pada file user. Masing-masing user memiliki folder direktori seperti: Downloads, Documents, Pictures, Videos, Music yang ada di direktori C:/, Selain itu semuanya tetap sama, jadi semua file yang ada di partisi lain tetap ada dan bisa di akses melalui user manapun, Hanya folder user yang saya sebutkan saja yang tidak bisa di buka dan di akses oleh user lain.

      Semoga itu menjawab pertanyaanmu...

      Thanks...

      Hapus
    2. maaf gan,sya ada yg kurang faham, klo instalan dr account admin sendiri biar semua bisa di baca di account yang baru gmna caranya gan? thanx's

      Hapus
  2. account saya buka di hp androit bagaimana cara membukanya di pc windows 7

    BalasHapus