Membuat Aplikasi Android | Tutorial Programming

Jika Anda adalah seorang pemula seperti saya yang memulai mengembangkan aplikasi android developer, pastilah masih bingung harus memulai dari mana terlebih dahulu. Sambil memulai untuk menjadi pengembang aplikasi Android terlebih dahulu kita mengetahui lebih banyak semua tentang Android dan yang berhubungan dengan seluk beluk pembuatan aplikasi android serta bahan apa saja yang di butuhkan untuk memulai membuat aplikasi Android.

Apa itu Android?

Android merupakan open source dan berbasis Linux Sistem Operasi untuk perangkat mobile seperti smartphone dan komputer tablet. Android dikembangkan oleh Open Handset Alliance, yang dipimpin oleh Google, dan perusahaan lain.

Android menawarkan pendekatan terpadu untuk pengembangan aplikasi untuk perangkat mobile yang berarti pengembang hanya perlu mengembangkan untuk Android, dan aplikasi mereka harus dapat berjalan pada perangkat yang berbeda yang didukung oleh Android.

Versi beta pertama dari Software Development Kit Android (SDK) dirilis oleh Google pada tahun 2007 di mana sebagai versi komersial pertama, Android 1.0, dirilis pada bulan September 2008.

Pada tanggal 27 Juni 2012, pada konferensi Google I / O, Google mengumumkan versi Android berikutnya, 4.1 Jelly Bean. Jelly Bean merupakan update inkremental, dengan tujuan utama meningkatkan antarmuka pengguna, baik dari segi fungsionalitas dan kinerja.

Kode sumber untuk Android tersedia di bawah lisensi perangkat lunak bebas dan open source. Google menerbitkan sebagian besar kode di bawah Apache License versi 2.0 dan sisanya, perubahan kernel Linux, di bawah lisensi GNU General Public 2. 

Aplikasi Android

Aplikasi Android biasanya dikembangkan dalam bahasa Java menggunakan Android Software Development Kit. Setelah dikembangkan, aplikasi Android dapat dikemas dengan mudah dan terjual habis baik melalui toko seperti Google Play atau Amazon App Store. 

Android sangat powerfull hingga ratusan juta perangkat mobile di lebih dari 190 negara di seluruh dunia. Ini adalah dasar terinstal terbesar dari setiap platform mobile dan tumbuh cepat. Setiap hari lebih dari 1 juta perangkat Android baru diaktifkan di seluruh dunia. 

Tutorial ini telah ditulis dengan tujuan untuk mengajarkan Anda bagaimana mengembangkan dan paket aplikasi Android. Kami akan mulai dari pengaturan lingkungan untuk pemrograman aplikasi Android dan kemudian menelusuri untuk melihat ke dalam berbagai aspek aplikasi Android.

Membuat Aplikasi Android | Tutorial Programming

Memulai Mengembangkan Aplikasi Android

Anda semua pastinya akan merasa senang setelah mengetahui bahwa Anda dapat mulai pengembangan aplikasi Android Anda pada salah satu sistem operasi berikut:
  • Microsoft Windows XP/Vista/7/8 atau versi yang lebih baru. 
  • Mac OS X 10.5.8 atau versi yang lebih baru dengan Intel chip. 
  • Linux termasuk GNU C Library 2.7 atau yang lebih baru. 

Selanjutnya adalah bahwa semua alat yang diperlukan dan dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi Android yang tersedia secara gratis dan dapat di-download dari Web. Berikut ini adalah daftar perangkat lunak yang Anda perlukan sebelum Anda mulai membuat pemrograman aplikasi Android Anda.
  • Java JDK5 atau JDK6 atau versi yang lebih terbaru
  • Android SDK 
  • Eclipse IDE untuk Java Developers (opsional) 
  • Android Development Tools (ADT) Plugin Eclipse (opsional) 

Dua komponen diatas adalah opsional sebagai alat kita untuk memulai menjadi developer Android dan jika Anda bekerja pada mesin Windows maka komponen ini membuat hidup Anda mudah saat melakukan pengembangan aplikasi berbasis Java. Pada postingan berikutnya saya akan menulis mengenai bagaimana untuk melanjutkan untuk Memulai membuat aplikasi Android menggunakan Eclipse IDE berbasis Java. Semoga tulisan ini dapat menjadi informasi untuk Anda yang sedang memulai mengembangkan aplikasi Android.

Advertiser

1 komentar :

wah keren banget gan makasih ya informasi nya, di gadgetsia.net juga menyediakan berbagai informasi tentang gadget lho!

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon