Baterai Android Cepat Habis? Ini Solusinya!

Bagaimana cara menghemat daya tahan baterai smartphone android agar awet tahan lama dan supaya baterai android tidak cepat habis atau tidak boros? Ponselku kok cepat panas ya bro? Ini merupakan pertanyaan setiap orang yang menggunakan handphone atau tablet Android. Artikel ini akan memberikan beberapa tips dan solusi untuk mengatasi baterai android yang boros dan cepat panas serta meningkatkan kinerja baterai Android supaya tahan lama.

Bukan rahasia lagi bahwa smartphone adalah pemakan daya baterai yang hebat, dengan beberapa perangkat yang memiliki layar canggih seperti AMOLED dan LCD layar adalah jelas akan sangat menguras daya pada baterai Anda, tetapi apakah Anda tahu ada banyak hal yang bisa dilakukan di belakang layar untuk mendapatkan hasil maksimal dari perngkat Android Anda. dengan mengikuti beberapa saran kami dan membuat beberapa perubahan pada pengaturan telepon Anda (dan bahkan mungkin mengubah cara Anda menggunakan ponsel Anda sedikit), maka Anda dapat memperpanjang daya hidup baterai android Anda dengan baik. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari baterai smartphone Android Anda.

Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

1. Mengatur Kecerahan Layar 
Anda menyukai tampilan warna-warni animasi live wallpaper smartphone Anda? tapi itu musuh bebuyutan baterai. Lebih dari komponen lain dari ponsel Anda, layar mengkonsumsi daya tahan baterai pada kecepatan yang sangat menghancurkan daya baterai. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai Anda sebagai layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar.
Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

2. Jangan menggunakan layar auto-brightness. 
Ini mungkin terdengar baik, tapi auto-brightness biasanya cara terang dari yang Anda benar-benar membutuhkan. Sebagian besar ponsel termasuk fitur auto-brightness yang secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan tingkat pencahayaan sekitarnya. Mode ini menggunakan daya yang akan terus berjalan pada kecerahan penuh, tentu saja, tetapi Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan mengatur kecerahan layar Anda secara manual ke pengaturan terendah yang dapat Anda toleransi dan atur sesuai kebutuhan. Setelah melakukan tip ini akan memperpanjang umur baterai Anda secara dramatis.

3. Mengatur Timeout Layar.
Di bawah menu pengaturan tampilan telepon Anda, Anda harus mencari opsi berlabel "Waktu tunggu tampilan layar" atau sesuatu yang serupa. Pengaturan ini mengontrol berapa lama layar ponsel Anda tetap menyala setelah menerima masukan. Jadi mengatur batas waktu Anda untuk waktu singkat yang tersedia. Pada kebanyakan ponsel Android, minimal adalah 15 detik. Jika batas waktu layar Anda saat ini diatur ke 2 menit, pertimbangkan untuk mengurangi angka itu menjadi 30 detik atau kurang.
Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

4. Matikan fitur cerdas.
Smartphone semakin canggih dengan banyak fitur cerdas, seperti gerakan telapak, tetap menyala saat mata memandang layar dan yang lainnya, terutama jika Anda memiliki smartphone Samsung. Kecuali Anda benar-benar menggunakan fitur ini setiap hari, mereka hanya akan memakan daya baterai meski Anda tidak menggunakan fitur ini.
Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

5. Matikan GPS, Bluetooth, Lokasi, Wi-Fi dan Paket Data (Jika tidak diperlukan).
Setiap kali Anda tidak membutuhkan mereka. Mematikan data lokasi, atau pengaturan untuk menggunakan data Wi-Fi atau 3G daripada GPS bekerja dengan baik. Hanya mengaktifkan Bluetooth dan NFC selama Anda membutuhkannya, dan tidak perlu untuk memiliki Wi-Fi dan mobile data diaktifkan setiap saat. Jika Anda menggunakan Wi-Fi banyak meskipun, mengatakan di rumah dan di tempat kerja, maka masuk akal untuk menjaga set Wi-Fi untuk '' Selalu di saat tidur '' karena ini menggunakan daya kurang dari memiliki menghubungkannya kembali Wi-Fi Anda setiap kali Anda bangun ponsel Anda.
Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

6. Matikan Getar. 
Kecuali Anda benar-benar membutuhkan tambahan kesadaran, matikan getaran. Ini benar-benar membutuhkan lebih banyak daya baterai untuk menggetarkan telepon Anda. 

7. Matikan auto-sinkronisasi untuk akun Google. 
Jika Anda tidak perlu setiap akun Google tunggal diperbarui setiap lima belas menit, hanya pergi ke Pengaturan dan akun Google dan mematikan auto-sync untuk aplikasi tersebut Anda tidak perlu terus diperbarui.

8. Mengatur Google Play Store untuk update manual aplikasi Anda. 
Secara default Google Play Store di set ke auto-update, Anda mungkin memiliki lima belas aplikasi memperbarui ketika Anda tidak mengharapkannya, maka itu akan menghancurkan daya baterai Anda (dan data plan) tanpa Anda menyadarinya. Jika Anda menggunakan tips ini, Anda akan melihat peningkatan yang ditandai dalam daya tahan baterai Anda.

9. Aktifkan mode hemat daya
Tergantung pada ponsel Anda, Anda mungkin menemukan produsen telah memberikan fitur hemat daya yang melampaui apa pun yang tersedia di Android (atau OS lainnya) secara default.
Mengaktifkan mode ini mengelola berbagai fitur power-menguras telepon untuk Anda. Bisa saja, misalnya, mencegah aplikasi Anda dari memperbarui di latar belakang, redup layar Anda, mengurangi pengaturan batas waktu layar, menonaktifkan di layar animasi, dan mematikan getaran. Secara default, mode ini biasanya menyala ketika tingkat baterai Anda turun sampai 20 persen, tapi Anda dapat mengaturnya untuk di 30 persen sebagai gantinya. Dan semakin cepat switch telepon ke mode hemat daya ini, semakin lama baterai akan bertahan.
Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

10. Jangan biarkan aplikasi berjalan di latar belakang 
Multitasking - kemampuan untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi pada satu waktu - adalah fitur smartphone yang kuat. Hal ini juga akan memakan banyak daya baterai, karena setiap aplikasi yang Anda jalankan menggunakan bagian dari siklus prosesor ponsel Anda. Dengan membunuh aplikasi yang Anda tidak benar-benar menggunakan, Anda dapat secara drastis mengurangi beban kerja CPU Anda dan mengurangi konsumsi daya.

Cara Supaya Baterai Android Tidak Cepat Habis (Boros)

Untuk ponsel Android, yang merupakan terkenal dengan pemakan daya baterai karena kemampuan multitasking yang terbuka lebar mereka, Anda dapat menekan tombol recent apps multitasking dan hanya menggesek aplikasi dari layar untuk menutupnya. Dalam beberapa kasus hal ini tidak benar-benar menghentikan aplikasi, jadi tekan masuk ke menu pengaturan - manajer aplikasi - berjalan, kemudian pilih aplikasi yang berjalan dan klik Paksa berhenti.

Tips lain untuk menghemat daya baterai

Tersembunyi di pengaturan menu biasanya banyak pilihan untuk menonaktifkan hal-hal seperti layanan lokasi, push email, sensor atau fitur cerdas lainnya yang tidak pernah Anda gunakan, dan banyak lagi.Sebagian besar akan membuat dampak minimal pada daya tahan baterai, tapi bila dikombinasikan, mereka bisa menjadi signifikan.

Ada baiknya reboot ponsel Anda dari waktu ke waktu, daripada meninggalkannya dalam modus tidur sepanjang waktu. Hal ini kadang-kadang dapat menyembuhkan dari masalah menguras baterai yang tak bisa dijelaskan. Sekian dan terimakasih, semoga beberapa tips diatas bermanfaat untuk Anda.

Advertiser

1 komentar :

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon