Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Instalasi Paket SDK Android Studio Terbaru

Setelah kemarin saya menulis Tutorial Install Android Studio pada Windows untuk mengetahui Langkah-langkah yang dilakukan untuk menginstal Java JDK, Android Studio IDE dan mengatur lokasi paket SDK bawaan Android. Sebelum melanjutkan untuk memulai membuat project baru, Anda perlu mengambil beberapa waktu untuk memverifikasi paket yang dibutuhkan dan menginstal paket yang hilang.

Android SDK merupakan beberapa alat, platform, dan komponen lain yang dibutuhkan untuk pengembangan aplikasi Android, Android Studio telah menyediakan Manajer untuk Android SDK yang dapat Anda gunakan untuk men-download menggunakan SDK Manajer. Misalnya, ketika Tools SDK diperbarui atau versi baru dari platform Android, Anda dapat menggunakan SDK Manager untuk cepat men-download dan sekaligus menginstall paket SDK untuk Android Studio.

Anda dapat meluncurkan SDK Manager salah satu cara berikut: Dari Android Studio, pilih Tools > Android > SDK Manajer seperti yang terlihat pada Gambar dibawah ini:

Menjalankan SDK Mnajer Android Studio | Caratutrorial.com


Setelah dipanggil, Android SDK Manager akan muncul seperti yang diilustrasikan pada Gambar dibawah ini:

Anda dapat memilih paket yang ingin Anda download dengan memilik paket pada kotak centang di sebelah kiri, kemudian klik Install untuk menginstal paket yang dipilih.

SDK Mnajer Android Studio | Caratutrorial.com

Dalam Android SDK Manajer, Ada beberapa paket yang tersedia untuk SDK Android. Berikut ini beberapa paket yang dibutuhkan dan yang kami sarankan untuk harus diinstal. Pastikan bahwa kotak centang di sebelah paket berikut terdaftar Anda download dan Install:
  • Tools > Android SDK Tools
  • Tools > Android SDK Platform-tools
  • Tools > Android SDK Build-tools
  • SDK Platform (most recent version)> SDK Platform
  • SDK Platform (most recent version) > ARM EABI v7a System Image
  • Extras -> Android Support Repository
  • Extras > Android Support Library
  • Extras -> Google Repository
  • Extras -> Google USB Driver (Required on Windows systems only)
  • Extras > Intel x86 Emulator Accelerator (HAXM installer)
Setelah memilih kotak centang di samping paket tersebut dan klik pada tombol Install package untuk memulai proses instalasi. Kemudian menerima perjanjian lisensi dengan mengklik tombol Install. SDK Accept License, Klik tombol Install kemudian akan mulai men-download dan menginstal paket-paket yang ditunjuk. Sebagai hasil instalasi, sebuah progress bar akan muncul di bagian bawah jendela manajer menunjukkan status instalasi.

Install SDK Mnajer Android Studio | Caratutrorial.com

Setelah instalasi selesai, meninjau daftar paket dan memastikan bahwa paket yang dipilih sekarang statunya telah menjadi Installed di kolom Status. Jika ada yang masih belum diinstal, pastikan mereka dipilih dan klik pada tombol Install package lagi.

Setelah selesai menginstall beberapa paket yang dibutuhkan melalui SDK Manager, kini Anda sudah siap untuk memuat dan mengembangakan aplikasi berbasis Android. Pada artikel tutorial selanjutnya akan saya bahas mengenai Tutorial Membuat Aplikasi Android menggunakan Android Studio. Semoga tulisan ini bermanfaat.

10 komentar untuk "Instalasi Paket SDK Android Studio Terbaru"