Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB Untuk Laptop

Bagaimana cara menggunakan Smartphone Android sebagai modem untuk komputer atau laptop? Sebenarnya untuk menjadikan HP android sebagai modem sangat mudah dan banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat koneksi internet melalui android di jadikan sebagai modem.

Jika lokasi Anda saat ini tidak memiliki koneksi Wi-Fi atau jika koneksi internet Anda saat ini turun, Anda dapat menggunakan perangkat Android Anda sebagai modem dan mengambil keuntungan dari paket data internet unlimited Anda.

Saat kita sedang sangat membutuhkan akses internet untuk laptop namun kita tidak memiliki akses Wi-Fi disekitar area lingkungan kita akan dapat menjadi gangguan atau dapat menjadi bencana. Untungnya, banyak ponsel Android yang dapat digunakan sebagai modem seluler USB. Ternyata cara ini lebih mudah dan lebih aman daripada harus mengamankan perangkat Anda sebagai mobile hotspot - Lihat : Cara Mengaktifkan & Setting Wi-Fi Hotspot di Android.

Tutorial ini dibuat pada Samsung (Galaxy Grand 2) 4.4.2 ponsel Android dengan ROM saham. Langkah-langkah untuk ponsel lain mungkin sedikit berbeda. Namun intinya sama saja, hanya beda letak menunya saja.

1. Lihat daftar aplikasi di ponsel Anda, dan tekan pada Pengaturan.

pengaturan android

2. Pilih menu "Pnambatan dan Hotspot seluler".
Hal ini biasanya terletak di bagian Koneksi Wireless & Bluetooth. Namun ini screenshot yang saya gunakan adalah pada Android kitkat 4.4.2, Namun biasanya berbeda dengan android versi dibawahnya, Anda mungkin perlu menekan "More ..." untuk menemukannya.


pengaturan android nirkabel dan jaringan


3. Hubungkan perangkat Android Anda ke laptop atau PC menggunakan kabel USB, dan kemudian centang kotak di samping opsi USB tethering (Penambatan USB) untuk mengaktifkannya.

usb tethering

5. Sebuah pemberitahuan baru akan muncul, menunjukkan bahwa fitur tethering atau hotspot yang sedang aktif.

pemberitahuan Modem Usb Terhering aktif android

6. Tunggu komputer untuk menginstal driver yang sesuai, jika diperlukan. Setelah itu, Anda dapat menggunakan internet seperti biasa.


Harap dicatat bahwa, dalam beberapa kasus, Anda mungkin harus mengkonfigurasi beberapa pengaturan umum untuk jaringan. Proses ini mirip dengan langkah-langkah yang telah Anda lakukan saat menghubungkan ke jaringan baru.

Dengan begini saya bisa internetan melalui laptop saya dengan menggunakan HP Android yang saya jadikan sebagai modem USB. Hal ini lebih aman dan mudah. Semoga bermanfaat.

3 komentar untuk "Menjadikan HP Android Sebagai Modem USB Untuk Laptop"