Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

Hallo kawan, pada tulisan ini saya akan membagikan tutorial cara scan dokumen, surat atau berbagai berkas penting milik Anda dengan mudah dan cepat melalui HP Android. Biasanya saat kita hendak melamar pekerjaan via email (online) tentunya kita akan membutuhkan scan KTP, ijazah dan traskip nilai, SKCK, dan berbagai berkas yang lain. Namun apalah daya jika kita tidak memiliki alat untuk scanning berkas lamaran kerja? tentu yang kita lakukan adalah datang ke tempat penyedia scanning seperti diwarnet, tempat fotocopy dll. Hal itu dapat memakan waktu dan tenaga Anda tentunya, dan lagi kita harus membayar untuk biaya scanning dokumennya.

Banyak orang termasuk saya tidak memiliki scanner di rumah kami. Tapi ini tidak berarti bahwa kita tidak perlu scanner. Pada beberapa waktu dalam hidup kita, kita akan perlu menggunakan scanner untuk memindai dokumen atau surat-surat kami. Tapi itu tidak akan menjadi ide yang baik untuk membeli scanner hanya karena Anda perlu menggunakannya sekali atau dua kali.

Namun jika Anda memiliki ponsel Android dengan kamera yang layak, Anda tidak perlu menggunakan scanner lagi. Anda hanya dapat menginstal sebuah aplikasi android yang disebut CamScanner dan itu akan mengubah ponsel Android Anda menjadi sebuah scanner dokumen listrik.

Fitur terbaik dari aplikasi CamScanner adalah mengoptimalkan kualitas pemindaian dengan cerdas tanam foto dan auto meningkatkan itu untuk membuat teks dan grafis terlihat jernih dan tajam. Berkat fitur ini, Anda tidak perlu khawatir tentang distorsi lensa lagi.

Setelah Anda scan dokumen dengan aplikasi, Anda dapat mengedit lebih lanjut dengan menambahkan anotasi dan watermark disesuaikan. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk berbagi dokumen yang dipindai dan bahkan melindungi mereka dengan password sehingga dokumen hanya bisa dibuka oleh penerima yang dimaksud.

Yang paling saya suka dari aplikasi CamScanner adalah terdapat fitur untuk menyimpan file hasil scan dalam format PDF, tentunya ini menjadi nilai kemudahan tersendiri tanpa harus melakukannya menggunakan komputer.

Berikut adalah bagaimana Anda dapat memindai dokumen menggunakan CamScanner.

Cara Scan Dokumen/Berkas Menggunakan HP Android

1. Download dan install CamScanner dari Google Play Store. Kemudian jalankan aplikasi CamScanner  pada smartphone android Anda.
2. Tekan pada ikon kamera dan menggunakan kamera untuk mengambil foto dari dokumen.
3. Tekan pada icon centang untuk memproses foto.
4. Mengatur pilihan crop ke tepi dokumen. Anda juga dapat mengatur kontras dari dokumen yang dipindai.

Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android

5. Pilih dokumen yang dipindai dan kemudian tekan pada ikon share untuk berbagi sebagai file PDF atau JPG.
6. Atau, Anda dapat juga keran panjang pada doc scan untuk memunculkan opsi dan pilih Simpan ke galeri untuk menyimpan dokumen ke galeri ponsel Anda.

Dengan melakukan cara diatas tentunya kita bisa menghemat waktu, tenaga dan uang kita, Anda tidak perlu repot mencari warnet atau tempat fotocopy untuk meminta scan dokumen. Dengan HP Android yang kamu miliki semua kebutuhan scanning Anda sudah bisa teratasi. Jadi pada saat Anda ingin memindai dokumen dengan ponsel android Anda, memanfaatkan aplikasi CamScanner untuk melakukannya.

Posting Komentar untuk "Cara Scan Dokumen Menggunakan HP Android"