Cara Mengatasi Android Lemot Agar Tidak Lambat

Bagaimana cara mengatasi smartphone atau tablet android yang sangat lemot? Pasti sangat menjengkelkan sekali bila ponsel yang kita beli dengan uang yang kita tabung tiba-tiba menjadi sangat lambat. Tapi kamu tidak perlu khawatir karena disini saya akan membagikan beberapa tips agar supaya hp android kamu tidak lemot atau lambat.

Semua orang yang memiliki ponsel android pasti pernah mengalami masalah ini, dimana ponsel yang awalnya kita beli performanya sangat bagus, bahkan sangat canggih dan cepat prosesnya. Namun lama-lama kok terasa sangat lambat ya, hal ini sangat menggangu kenyamanan Anda.

Biasanya ini terasa banget saat digunakan membuka facebook, bbm, line, nonton video di youtube, internetan atau browsing, apa lagi saat main game sangat terasa lelet banget. Hal ini juga terjadi setelah ponsel kamu di root atau setelah di upgrade android ke versi baru.

Lalu bagaimana cara mempercepat android yang lemot? Mudah kok, kamu harus melakukan beberapa cara yang akan saya berikan untuk mengatasi masalah android lemot yang terbukti bisa mempercepat kinerja android di ponsel saya.

Namun sebelum kita memperbaiki hp android yang lambat, kita lihat dulu, kenapa hp kamu bisa menjadi sangat lelet, padahal saat memakai pertama kali terasa enteng dan membuat kamu berfikir kenapa ponsel ini jadi lambat begini? ya kah? Berikut beberapa penyebab android jadi lemot.
Cara Agar Android Tidak Lemot

Yang Menyebabkan HP Android jadi Lemot atau Lambat

Ada banyak faktor yang membuat smartphone android kita semakin lemot. Baik itu karena fakor benda / fisik maupun penggunaan Anda. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Usia Smartphone atau tablet android sudah tua/ barang bekas

Hal ini sudah wajar bila ponsel menjadi sangat lambat karena memang semakin lama kita gunakan maka akan semakin berkurang "tenaganya", apa lagi jika ponsel yang kita beli adalah barang bekas. 

2. Terlalu Banyak Menginstall Aplikasi

Ini sudah pasti, secanggih apapun ponsel atau tablet Anda bila aplikasi yang terinstall sangat banyak sekali, maka itu akan sangat memberatkan sistem Anda, juga pemakaian memory ram dalam jumlah besar. Apa lagi jika semua palikasi yang terinstall langsung berjalan pada saat startup atau selesai booting android pertama kali dinyalakan. Pastinya ponsel kamu akan sangat lambat.

3. Terlalu Banyak File Yang di Simpan di Memory Internal

Hal ini sama seperti poin nomor 2, bukan hanya aplikasi dan game, tetapi semua file termasuk gambar foto dari hasil jepretan kamera, video dari kamera, dan file hasil download juga biasanya tersimpan di memory internal. Ini menyembabkan ponsel jadi lambat karena tidak ada space kosong untuk sistem android menjadikan kapasitas internal penuh. 

4. Pesan SMS dan Log Panggilan Menumpuk

Hal ini sering kita sepelekan, padahal efeknya sangat terasa sekali ketika pesan yang masuk entah itu pesan singkat maupun pesan multimedia, log panggilan masuk keluar, ini kita biarkan sampai menumpuk banyak sekali.

5. File Cached Data Menumpuk

Ini mungkin banyak yang tidak tahu dan tidak peduli dengan file cached, padahal ukurannya bisa sampai bergiga-giga, saya pernah mengalaminya, penyimpanan internal saya penuh, kemudian saya lihat di pengaturan penyimpanan ternyata ukuran file cache 1,8 GB. Pantas saja memory internalku sampai merah dan android jadi sangat lemot.

Ok setelah kita tahu apa saja yang menyebabkan hp android kita menjadi sangat lemot, kini saatnya kita mengatasi masalah tersebut dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Android yang Lemot dengan Mudah

Beberapa cara untuk mengatasi android yang lemot di bawah ini sudah saya uji coba di ponsel saya dan sudah terbukti berhasil mempercepat kinerja android saya.

1. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi & Game Dalam Waktu Bersamaan

Ini yang paling tertama yang harus kamu lakukan, jangan menggunakan banyak aplikasi dan game dalam waktu bersamaan, ini akan menyebabkan android lemot karena banyaknya proses aplikasi yang berjalan pada ponsel Anda, apa lagi aplikasi yang sangat menyedot memory RAM seperti facebook, chrome, youtube maupun game HD. 

Namun terkadang kita memang terlalu asyik dengan aktifitas yang kita lakukan di ponsel android kita, saking semangatnya sampai membuka banyak aplikasi dan lupa tidak menutupnya, langsung tekan tombol home dan membuka plikasi lain. Inilah yang paling sering menjadikan android terasa lambat, maka saat anda ingin menggunakan banyak aplikasi, tutup dan buka aplikasi satu persatu. 

Boleh sih menggunakan banyak aplikasi dan game, tapi aplikasi yang enteng saja. Jangan yang memakan ram banyak kamu buka secara bersamaan.

2. Jangan Install Aplikasi & Game Terlalu Banyak

Ini seperti poin nomor 1, semakin banyak aplikasi yang terinstall juga akan menyebabkan android jadi lemot. Pilih dan install aplikasi maupun game yang kamu butuhkan saja, jangan karena pengen terlihat keren dengan beragam aplikasi yang ada di ponsel kamu, lalu kamu jadi menginstall aplikasi yang terkadang tidak terlalu kamu butuhkan. Saran saya hapus dan jangan install jika memang tidak di butuhkan. 


3. Jangan Menyimpan File di Memory Internal Android

Biasanya file tersebut berupa foto atau video hasil kamera dan semua file didapat dari hasil download yang tersimpan pada folder Downloads. Kamu bisa memindahkannya ke memory eksternal SD Card. Kamu juga bisa mengatur kamera agar di setting simpan ke memory eksternal. Juga pada browser android maupun chrome untuk simpan hasil download di SD Card. 

4. Hapus Cached Data Pada Memori Internal

Sudah saya bahas diatas bahwa file cache pada memory internal sangat banyak, jadi kalau dibiarkan bisa memakan ruang penyimpanan sangat banyak, untuk selalui kamu cek dan hapus cache android kamu, caranya Buka menu Settings » Storage & USB » Internal Storage » Cached data » Clear cached data? » OK. Selesai!

5. Jangan Biarkan SMS & Log Panggilan Menumpuk

Ini sudah dibahas diatas, pokoknya jangan biarkan sms menumpuk hingga ratusan atau bahkan ribuan sms yang numpuk di ponsel Anda. Saya yakin kalin pasti tidak pernah memikirkannya, jangan diremehkan karena ini juga bisa membuat android jadi lemot.

6. Jangan Menggunakan Live Wallpaper Animasi

Jangan aneh-aneh deh, kalau itu menjadikan android lemot mending gak usah pakai wallpaper animasi, memang terlihat lebih menarik dan keren, tetapi tanpa disadari itu menjadikan kinerja android jadi lambat. Biasanya cewek yang suka dengan hal beginian. 

7. Matikan GPS bila tidak di Gunakan

Jangan menyalakan GPS terus-menerus, karena selain menghabiskan baterai, gps juga membuat android terasa panas dan lemot. Nyalakan ketika kamu butuhkan saja, seperti pada saat perjalanan mencari lokasi yang dituju menggunakan GPS google maps atau saat bermain game Pokemon GO. Untuk itu matikan saja bisa tidak di gunakan. 

8. Jangan Menggunakan Auto Rotate Bila Tidak Perlu

Fitur screen rotation itu adalah untuk mengubah tampilan layar agar sesuai dengan keinginan kita, yaitu tampilan screen horizontal dan vertical secara otomatis. Namun disarankan agar tidak mengaktifkan fitur ini bila Anda memang jarang memakainya.

Anda boleh saja mengaktifkan fitur auto rotate jika memang sering memerlukannya. Namun, jika fitur ini memang tidak terlalu Anda butuhkan maka sebaiknya dinonaktifkan saja untuk membantu mempercepat kinerja perangkat Android Anda.

9. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Fitur auto brightness ini adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur kecerahan layar secara otomatis berdasarkan sensor cahaya yang diterima oleh perangkat Android Anda. Dengan fitur Auto Brightness maka intensitas cahaya pada Android akan menyesuaikan dengan keadaan cahaya yang ada disekitar kita. Selain dapat membuat Android lebih lambat, kerugian lainnya adalah baterai ponsel akan cepat habis.

10. Kurangi Widget

Widget pada smartphone android memang sangat berguna, seperti jam, pencarian google. Namun tanpa kita sadari widget juga bisa memperlambat kinerja android anda, sebagai contoh widget email, atau widget facebook, memang semua info bisa langsung tampil pada widget tersebut, tetapi hal itu justru menjadikan selalu melakukan proses. 

Makanya jangan banyak-banyak memasang widget di ponsel Anda.  Pasang yang penting saja. Kalau saya pribadi malah tidak menggunakan widget sama sekali. Dengan begitu proses loading data akan semakin cepat.

Itulah cara mengatasi smartphone Android yang lambat / lemot agar supaya menjadi lebih cepat. Jika kalian punya pertanyaan atau tips lain untuk mempercepat perangkat Android, share ya di kolom komentar! Semoga bermanfaat.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon