Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

Banyak teman saya yang bertanya bagaimana cara upgrade OS Android ke versi yang paling baru di smartphone mereka. Kebanyakan dari handphone temanku adalah android jelly bean, kitkat, dan bahkan ada yang sudah lolipop 5.0, setelah ada juga android marsmallow 6.0 dan yang paling baru bulan ini adalah Android N 7.0.

Berawal dari ponsel saya yang sudah menggunakan os android marsmallow 6.0.1 dengan tampilan material design yang begitu halus dan lembut serta kinerja yang membuat HP Android samsung saya ringan dan tidak lemot membuat teman-teman saya ingin merasakannya. Namun yang perlu diketahui oleh teman-teman semua adalah bahwa kemampuan Anda untuk memperbarui mungkin dibatasi oleh pembuat perangkat Anda. Secara umum, smartphone dengan level tinggi (high-end) yang dibuat oleh perusahaan terkenal lebih cenderung untuk menawarkan kemampuan untuk dapat meng-upgrade OS Android ke versi yang lebih baru. Namun bila smartphone kamu tergolong perangkat low-end biasanya tidak ada pembaruan untuk versi yang lebih tinggi, hal tersebut dikarenakan kemampuan yang kurang untuk minimum sistem yang dibutuhkan.

Update os andorid untuk ponsel atau tablet memang sangat menarik. Mereka biasanya membawa fitur dan fungsi baru, serta peningkatan kinerja. Perangkat Anda biasanya memberitahu Anda ketika pembaruan tersedia, namun pesan ini bisa ditunda. Jika Anda tahu pembaruan tersedia dan Anda perlu untuk memperbaruinya, ikuti panduan ini.
Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru

CARA UPGRADE OS ANDROID

Sebelum Anda mencoba untuk memperbarui smartphone Anda, Anda harus memeriksa dan melihat versi Android yang sedang berjalan pada perangkat Anda. Sementara Android datang dalam berbagai versi yang berbeda pada berbagai smartphone.

Cara Melihat Versi OS Android 

Buka menu Pengaturan dan menemukan label Tentang Ponsel. Label tersebut memiliki ikon lingkaran dengan huruf kecil "i" di dalamnya (lihat gambar di dibawah).
Tentang Ponsel Android

setelah itu akan tampil versi android pada ponsel Anda seperti gambar dibawah ini.
Versi Android

Persiapan Sebelum Upgrade OS Andoid

  1. Membuat cadangan data Anda. Cukup menghubungkan smartphone Anda ke komputer Anda dengan / kabel micro-USB USB dan menyimpan informasi penting kontak, foto, atau file musik dari perangkat Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda tidak kehilangan data jika terdapat kesalahan / error selama proses update.
  2. Terhubung ke jaringan Wi-Fi sebelum memulai proses update, agar kuota paket data internet Anda tidak habis terkuras, karena beberapa pembaruan perangkat lunak dapat memakan data yang cukup besar. 
  3. Pastikan baterai ponsel Anda masih dalam kondisi prima dan terisi penuh, jangan sampai kehabisan daya ditengah proses. 

Memperbarui OS Android Menggunakan System Update

Sekarang bahwa Anda telah memverifikasi bahwa smartphone Anda menjalankan versi lama dari Android, saatnya untuk memperbarui versi android langsung dari ponsel Anda. Cara termudah untuk memberikan update untuk smartphone Anda adalah dengan menggunakan fungsi perangkat System Update atau Software Update. Opsi System Update biasanya terletak di dalam menu Tentang Ponsel. Karena ini memberikan update langsung ke perangkat mobile Anda.

Buka Pengaturan >> Tentang Perangkat >> Update System sesuaikan denga bahasa pada handphone android anda, untuk english : Setting >> About >> System Update.

Dengan mengetuk tombol INSTALL Update Sistem harus meminta perangkat Anda untuk memeriksa dan mendownload update perangkat lunak yang tersedia, seperti yang terlihat pada gambar di atas. Setelah download selesai, Anda mungkin akan diminta untuk menginstal upgrade. Cukup ikuti petunjuk pada layar. Setelah instalasi, perangkat Anda mungkin reboot sendiri. Pastikan Anda telah berhasil menginstal versi baru dari Android dengan memeriksa versi software Anda di bawah menu Tentang Phone. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon