Lupa Kunci Android & Terblokir Kata Sandi (Pola, PIN & Password)

Apakah Anda lupa kunci layar android yang baru dibuat dengan pola, PIN atau kata sandi? Lalu Anda mencari cara untuk membuka android yang lupa dan terkunci? Hemm, jika memang iya disini akan saya berikan solusi paling ampuh untuk mengatasi lupa password android yang menjadikan hp smartphone atau tablet terkunci & terblokir. Mengaktifkan lock screen baik itu dengan menggunakan pola atau pattern, PIN maupun dengan sandi, memang sangat bagus untuk mengamankan ponsel Anda dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Hanya saja ini menjadi dilema jika disatu sisi dengan mengunci android akan menjadikan handphone kita aman, tetapi bila password yang kita buat telalu kuat, sampai sampai Anda lupa dengan kunci Anda sendiri sehingga Anda tidak dapat membuka kunci perangkat android yang menyebabkan Anda tidak bisa masuk dan mengakses ponsel Anda sendiri. Pengalaman saya pribadi saat mengaktifkan kunci layar di ponsel saya malah terblokir ketika anak-anak kecil dirumah saya meminjam ponsel saya tanpa bertanya passwordnya apa? kenapa tidak bisa dibuka? Tetapi dia beberapa kali memasukkan password atau pola yang salah berulang-ulang dan terus menerus dia mencoba membuka hp saya dengan password yang ngawur sehingga menyebabkan ponsel saya terkunci atau terblokir.

Lihat Juga : Cara Setting Kunci Layar Pola, PIN & Sandi di Android

Biasanya saat kita memasukkan password yang salah akan muncul peringatan bahwa pola, pin & sandi yang Anda masukkan salah, lalu jika kita terus ngotot mengetikkan password atau merekam pola namun tetap salah hingga 5 kali atau bahkan 10 kali, pasti akan diperingatkan untuk mencobanya kembali dalam 30 detik. Sama seperti yang pernah saya alami. Jika kita menggunakan kunci pola maka akan muncul keterangan seperti ini "Anda telah 10 kali salah menggambar pola pembuka kunci. Coba lagi dalam 30 detik". Lalu untuk yang menggunakan kunci PIN atau Sandi juga ada keterangannya begini kalo salah terus "PIN salah, Anda telah 5 kali salah mengetikkan PIN atau Sandi. Coba lagi dalam 30 detik". Dan itu sangat menjengkelkan sekali, padahal sudah dirasa password atau pola yang kita masukkan sudah benar tetapi tetap saja salah.
Lupa Pola dan Lupa PIN Sandi Android
Jika Anda mengalami hp android terkunci dan tidak bisa di buka, hal yang pertama yang harus Anda lakukan adalah, jangan panik, jangan bersedih hati, dan jangan terlalu terburu-buru membawa ponsel Anda ke tukang servis hp ataupun ke service center resminya, Anda bisa mencoba untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki smartphone android yang terkunci karena lupa pola password.

Bagaimana Cara Membuka Kunci Layar Android Yang Terkunci Karena Lupa Pola, PIN & Password

Untuk mengatasi hp atau tablet yang terkunci atau terblokir karena lupa password dan beberapa kali memaksa memasukkan password namun tetap salah, bisa dengan menggunakan beberapa cara berikut ini.

Cara 1) - Menggunakan fitur Forgot Password

Untuk menggunakan cara ini, ponsel Anda harus terhubung ke internet, baik itu menggunakan paket data seluler yang masih aktif maupun terhubung menggunakan jaringan wi-fi. Karena untuk unlock ponsel Anda dengan menggunakan akun google.

  1. Tap pada Forgot password
  2. Kemudian isi nama pengguna atau Username dan Password akun google Anda. 
  3. Terahir tap pada Sign in.

Saya berhasil mengatasi masalah lupa password dengan cara ini. Pastikan Anda memasukkan nama pengguna dan kata sandi akun google dengan benar. Perlu di ingat bahwa hanya dengan cara ini kamu bisa masuk kembali ke Android kamu tanpa harus kehilangan data-data yang telah ada di ponsel Anda, seperti aplikasi, kontak, konfigurasi, dan data penting yang lainnya.

Cara 2) - Menggunakan Faktory Reset melalui Recovery Mode (CWM)

Jika cara pertama tidak berhasil karena Anda juga lupa email username dan password akun google Anda atau hp dalam kondisi tidak terhubung dengan jaringan internet tetapi sudah terlanjur terkunci, Anda bisa menggunakan cara kedua ini, yakni dengan melakukan Faktory Reset. Sepertinya kemarin sudah saya bahas pada artikel ini : Cara Mengembalikan Android ke Setelan Pabrik Kembali Seperti Baru
Tampilan menu Recovery Mode

Cara masuk ke Recovery Mode setiap Smartphone atau tablet tentunya berbeda-beda, namun yang paling sering digunakan adalah menggunakan kombinasi tombol POWER + HOME + VOLUME UP yang dilakukan secara bersamaan. Karena smartphone saya adalah samsung, maka saya menggunakannya untuk masuk ke cwm. 

Sedangkan untuk Smartphone yang tidak memiliki tombol HOME seperti asus senfone, oppo, lenovo, advan, andromax, dll biasanya hanya mengandalkan POWER + VOLUME UP, jika tidak bekerja, coba ganti dengan POWER + VOLUME DOWN. Agar lebih jelasnya, kamu bisa mencari informasi tentang tombol apa yang digunakan pada smartphone milik Anda.
  1. Ok Anggap saja kita telah berhasil masuk ke recovery mode. Akan ada banyak menu, namun disini kamu hanya pilih salah satu menu "wipe data/factory reset". Gunakan tombol volume up dan down untuk berpindah ke menu lain.
  2. Kemudian, lalu pilih "Yes --.delete all user" dan tunggu hingga proses selelasi.
  3. Kemudian Restart smartphone And dengan memilih menu "Reboot system now" maka Android akan melakukan restart dan ponsel Anda akan kembali seperti baru beli. 

Harap dicatat : Dengan melakukan faktory reset akan mengembalikan Android ke setelan pabrik, jadi hp Android kamu akan kembali seperti saat pertama kali Anda membeli smartphone. Semua data-data yang ada di ponsel Anda akan dihapus, seperti kontak, aplikasi, pengaturan wallpaper, semuanya akan kembali seperti tampilan awal saat baru beli. Cara ini memang akan menghilangkan semua data Anda. Tetapi paling ampuh untuk mengatasi masalah smartphone yang terkunci atau terblokir karena lupa password. Jadi Anda harus merelakan semua data Anda. Lagian percuma juga kalau Anda mempertahankan data-data penting jika Anda tidak dapat mengakses atau membuka ponsel Anda karena ponselnya terblokir. Kan percuma saja.

Demikian itulah solusi terbaik untuk mengatasi masalah smartphone android yang terkunci atau terblokir karena lupa password pola atau pin. Dengan mengikuti langkah diatas akan membantu mengembalikan ponsel android sehingga Anda bisa membuka smartphone anroid dan dapat masuk untuk mengakses ponsel Anda. Silahkan dicoba dan jika Anda perlu pertanyaan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat. 

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon