2 Cara Ampuh Mengembalikan File yang Terhapus di HP Android

Apakah kamu tidak sengaja menghapus file dan data-data penting di ponsel atau tablet android kamu? Ya, kita semua pasti pernah melakukannya, file tersebut bisa berupa foto, dokumen, gambar, video, musik, arsip, ebooks, aplikasi, game dan yang lainnya. Tapi jangan panik, ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus dari smartphone android kamu.

Semua ponsel android memiliki 3 penyimpanan tenting yaitu SIM Card yang biasanya digunakan untuk menyimpan daftar kontak, sms dan panggilan telepon, memory internal dan memory eksternal yang digunakan untuk menyimpan data baru seperti gambar, lagu mp3, video dan dokumen penting yang hampir semua orang menyimpannya di memory eksternal SDCrad. Ini bertujuan untuk memberikan space kosong pada memory internal agar tidak memberatkan performa ponsel.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan Anda bisa kehilangan data penting di handphone kamu. Entah itu karena tidak sengaja maupun anda hapus sendiri. Terkadang file juga bisa terhapus karena karusakan pada sistem android. Tapi apapun penyebabnya, file yang terhapus masih bisa diselamatkan dengan beberapa cara berikut ini.
Mengembalikan File, Foto Dan Data Penting yang Terhapus di Android

Bagaimana Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelamatkan data Anda. Meskipun saya tidak bisa menjamin 100% berhasil pada data yang hilang masih bisa di kembalikan. Namun tidak ada salahnya untuk berusaha selama Anda masih punya kesempatan untuk memulihkan data Anda yang hilang di ponsel andoid.

Cara ini bisa memulihkan pesan sms yang terhapus, kontak telepon, log panggilan, foto, musik, video, file dokumen dan data-data penting yang lainnya.

Cara 1) Mengembalikan File yang terhapus pada HP Android yang Belum di Root (No Root)

Jika hp android kamu masih ada garansi pasti belum di root. Untuk memulihkan data yang hilang di ponsel yang belum root, kamu bisa menggunakan software yang bernama Recuva. Software aplikasi ini sangat powerfull. Sayangnya Recuva masih belum tersedia pada Apps Android, sehingga untuk melakukannya, kamu butuh laptop atau komputer windows. 

Aplikasi ini buatan Piriform yang fungsinya memang digunakan untuk memulihkan atau recover file yang hilang. Tidak hanya pada perangkat komputer, perangkat lunak ini juga bisa kita pakai untuk mengembalikan data yang hilang di perangkat smartphone android. 

Cara Install & Menggunakan Recuva di Komputer

Untuk menginstall recuva, kamu harus download dulu disi, setelah itu kamu tinggal double click pada file installer untuk memulai instalasi dan mengikuti langkah-langkahnya.

Setelah recuva teinstall di komputer kamu, sekarang kita mulai mengembalikan data yang hilang di ponsel android dengan mudah dan cepat.
  1. Hubungkan Android ke PC dengan kabel USB atau Card reader.
  2. Pastikan memori Android sudah terdeteksi, jika belum terdeteksi, silahkan ubah pengaturan Use USB sebagai File Transfers (MTP). Kemudian buka aplikasi Recuva.
  3. Pilih jenis file yang ingin kamu kembalikan, pilih All files jika sobat ingin mengembalikan semua jenis file yang ada di SD Card.
  4. Pilih di drive mana lokasi file yang ingin dikembalikan. Pilih In a specific location dan memilih lokasi memori SD Card.
  5. Klik centang pada Enable Deep Scan jika kamu ingin pencarian file yang lebih mendalam.
  6. Setelah itu Klik Start untuk memulai pencarian file yang terhapus. Sekarang tunggu sambil minum kopi, sampai file yang terhapus ditemukan.
  7. Jika file yang terhapus telah ditemukan oleh Recuva, maka tugas kamu adalah memberi centang pada file yang ditemukan, kemudian klik kanan dan pilih menu Recover Checked.
  8. Lalu pilih di drive mana yang akan menyimpan file tersebut, misalnya di data, lalu klik OK.
  9. Setelah selesai pindahkan file yang sudah di simpan di PC tadi ke ponsel android.
  10. Selesai
Itulah cara memulihkan file android yang terhapus melalui komputer dengan menggunakan Recuva. Mungkin untuk kalian yang sering mengutak atik laptop cara diatas sangat mudah, namun bagi kalian yang tidak begitu paham atau jarang menggunakan komputer apalagi laptop, akan terasa sulit dan membingungkan, saran saya suruh teman Anda yang jago komputer. 

Tapi sebelum itu kamu bisa mencoba cara di bawah yang menurut saya lebih mudah dari cara diatas, sayangnya ponsel kalian harus sudah di root agar bisa mengembalikan file yang tidak sengaja terhapus langsung melalui ponsel android tanpa PC yang menurut kamu itu terlalu susah.

Cara 2) Mengembalikan File yang terhapus pada HP Android yang Sudah di Root (Rooted)

Jika hp android kamu sudah di root, kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi terbaik di play store untuk mengembalikan atau memulihkan file yang terhapus di android.

Cara ini lebih mudah dari cara diatas, kalian tinggal download dan install aplikasinya dan langsung bisa mengembalikan file melalui ponsel atau tablet android. 

Berikut beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android.

1. Undeleter Recover Files & Data

Undeleter adalah aplikasi yang dikembangkan oleh farhbot untuk bisa mengembalikan file, foto dan data yang terhapus di android. Sayangnya untuk yang versi gratis hanya bisa mengembalikan file foto, dan beberapa file seperti SMS dan Txt. Jika ingin lebih dari itu kalian harus membeli aplikasi yang pro.

Untuk mengembalikan file foto dan data yang terhapus, simak langkah-langkahnya di bawah ini :
  1. Pertama, Download melalui Google Play Store.
  2. Install dan buka aplikasinya.
  3. Jika dimintai akses root, tekan izinkan.
  4. Lalu pilih Restore file atau Restore data (seperti SMS)
  5. Pilih lokasi penyimpanan yang ingin di kembalikan datanya (Internal / Eksternal)
  6. Setelah memilih, maka akan ada 2 pilihan untuk scan yaitu Journal Scan dan Deep Scan. Untuk Journal scan, semua file yang terhapus akan di scan termasuk foto, video dan sms. Sedangkan Deep scan, kita bisa pilih sendiri file mana yang akan kita pulihkan.
  7. Setelah memilih, tekan Scan yang ada di pojok kanan bawah. Tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul.
  8. Setelah selesai maka ditampilkan hasil scan dan kamu bisa memilih satu persatu, file mana yang akan di kembalikan. Kemudian sentuh icon Save di pojok kanan atas, lalu pilih Restore Item untuk memulihkan file tersebut.
Selesai! Semua file, foto atau data yang hilang sudah di temukan dan kita tinggal memulihkannya kembali ke penyimpanan android kita.

2. DiskDigger photo recovery

Aplikasi lain yang bisa membantu Anda untuk mengembalikan file yang terhapus di android adalah DiskDigger yang bisa Anda unduh dari Google Play Store. Sayangnya untuk yang versi gratis masih terbatas pada file foto dan video yang sudah terhapus. Untuk file lain Anda harus membeli yang versi pro.

Untuk menggunakanya, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pilih file penyimpanan data untuk mengembalikan data yang ada di memori internal atau External.
  2. Lalu pilih format file yang akan di kembalikan tadi, setelah itu tekan OK.
  3. DiskDigger akan mulai memindai/scan berkas-berkas yang masih bisa dikembalikan.
  4. Pilih berkas yang akan dikembalikan
  5. Lalu pilih Save local... Untuk memudahkan kita menemukan berkas yang sudah di kembalikan tadi.
Selesai! Semua file, foto atau data yang hilang sudah di temukan dan kita tinggal memulihkannya kembali ke penyimpanan android kita.

3. Dumpster - Recycle Bin

Sebenarnya aplikasi ini bukan untuk mengembalikan file yang terhapus, tapi lebih tepatnya untuk menampung file, foto dan data yang di hapus di ponsel Anda.

Fungsinya sama seperti Recycle Bin yang ada pada komputer desktop. Kita bisa mengembalikan semua file yang terhapus jika sebelumnya android sudah terinstal aplikasi Dumster. Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Google Play Store.

Untuk menggunakanya, ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Pertama kali membuka aplikasi ini, kamu disuruh memilih file-file apa saja yang ingin ditampung oleh Dumpster. Setting sesuai keinginan Anda.
  2. Semua file yang terhapus di android kita akan di tampung oleh dumpster. Dumpster menyimpan file berdasarkan folder.
  3. Cari folder dan file yang ingin kamu pulihkan dan kamu bisa langsung mengembalikan file yang Anda pilih. 
  4. Sayangnya jika file yang ditampung terlalu banyak bisa membuat penyimpanan internal Anda penuh. Namun Anda bisa menghapus secara permanen file-file lainnya yang sudah tidak dibutuhkan agar tidak memenuhi penyimpanan internal android. 
  5. Cara menghapusnya, masuk ke menu pengaturan (atas kiri) dan pilih "Empty Dumpster."
Selesai! Sangat mudah dan ini sangat mirip seikali seperti di komputer pc.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika tidak sengaja atau file terhapus secara tiba-tiba di ponsel android kamu masih bisa di temukan dan di kembalikan lagi.

Silahkan di coba siapa tau berhasil. Jika kalian punya pertanyaan atau pengalaman lain seputar cara mengembalikan file terhapus di android, share ya di kolom komentar!

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon