Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui / Tes Kontak BBM Aktif atau Tidak

Kalian pengen tahu siapa aja di kontak bbm yang masih aktif atau sudah tidak aktif lagi? Mudah kok, yang pasti cara ini tidak akan mengganggu kenyamanan pengguna lain seperti menggunakan broadcast pesan siaran atau biasanya di sebut Test Contact (TC). Jujur saja saya merasa sangat terganggu dengan adanya pesan model seperti itu dan saya rasa bukan hanya saya saja, pasti temen-temen juga begitu.

Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena ada cara lain kok untuk mengecek atau mengetes kontak bbm tanpa mengganggu teman atau bahkan keluarga Anda. Dengan menggunakan tips yang akan saya berikan ini kalian bisa mengecek kontak teman bbm tanpa melibatkan banyak orang hanya untuk mengetahui kontak teman bbm yang masih aktif atau tidak.

Kamu bisa langsung melihat daftar kontak bbm yang sudah tidak aktif dengan mudah sekali. Entah itu karena kamu di hapus atau di delcon teman Anda, di blokir, ponsel teman yang pakai bbm hilang, tidak ada paket internet, atau bahkan teman kamu lupa email dan password akun bbm.

Semuanya akan langsung terlihat. Kontak mana yang masih online maupun yang sudah tidak online. Mau tau caranya? Berikut cara mudah mengetahui kontak bbm aktif atau tidak.
Cara Mengetahui / Tes Kontak BBM Aktif atau Tidak

Cara Mengetahui Kontak (Teman) BBM Yang Sudah Tidak Aktif

Cara ini bisa di gunakan pada BBM for Android dan iPhone, saya belum tahu pada ponsel BlackBerry sendiri apakah fitur ini juga bisa digunakan.

Karena penulis menggunakan Smartphone Samsung Galaxy OS Android, maka tutorial ini saya berikan melalui tampilan BBM di android, namun sama saja kok dengan os mobile yang lain. Berikut langkah tes kontak bbm yang benar.

#Langkah 1) Buka aplikasi BBM di ponsel kamu. Kemudian pilih menu Setelan di BBM.
Gambar Setelan BBM di Android

#Langkah 2) Setelah itu Pilih menu Kontak » Tata letak kontak.
Gambar Setelan Tampilan Tata Letak Kontak BBM

#Langkah 3) Akan muncul menu Tata letak kontak yang berbentuk popup, disini terdapat dua pilihan menu yaitu "Petak" dan "Daftar" yang di gunakan untuk menampilkan kontak BBM teman Anda.

Biasanaya kontak ditampilkan dalam bentuk petak. Tapi untuk dapat mengetahui atau melihat kontak bbm yang masih aktif atau tidak, kita harus mengubahnya dalam bentuk daftar, maka pilih Daftar.
Gambar Pilihan Tata letak kontak BBM ke Daftar atau Petak

#Langkah 4) Setelah selesai, silahkan kamu kembali kembali ke halaman utama aplikasi BBM dengan menekan tombol back. Kemudian lihat pada halaman Kontak BBM.
Gambar Tampilan Kontak BBM yang Masih Aktif atau Tidak

Dengan mengubah tampilan kontak bbm ke bentuk daftar seperti diatas kalian akan dapat melihat siapa saja yang masih aktif atau sudah tidak aktif lagi. Berikut keterangan gambar diatas.

Keterangan Gambar :
  • Untuk melihat siapa yang sudah tidak aktif bisa dilihat di bagian bawah nama kontak teman BBM yang ada di daftar kontak BBM kamu, contohnya seperti gambar diatas. 
  • Pada kontak yang saya beri kotak warna hijau → itu berarti kontak teman Anda masih aktif. Hal itu ditandai dengan adanya kontak status di bawah nama teman bbm kita.
  • Pada kontak yang saya beri kotak warna merah → berarti kontak sudah tidak aktif lagi, hal itu di tandai dengan tidak adanya status apapun di bawah nama kontak teman bbm kamu.
Lalu bagaimana jika teman kamu memang tidak membuat atau menghapus statusnya? Apakah itu tidak aktif? Jawabannya adalah Belum Tentu.

Kita lihat dulu, jika memang kontak teman bbm tidak ada status di profilnya akan di tampilkan dengan keterangan Ada atau Avaliable, terkadang ada juga yang di beri Sibuk atau Busy. Lihat pada gambar berikut ini.
Gambar Tampilan Kontak BBM yang Masih Aktif

Jika ada keterangan Ada atau Sibuk, itu berarti kontak tersebut masih aktif.

Pokoknya lihat yang tidak ada status atau keterangan apapun (kosong). Itulah kontak yang sudah tidak aktif. Entah itu karena pada kontak bbm teman kamu terhapus, di hapus atau DC, hpnya sudah tidak aktif, paketan habis, ponselnya hilang, dan lain-lain.


#Langkah 5) Setelah mengetahuiu kontak teman yang sudah tidak aktif dan masih aktif, sekarang kita coba untuk melakukan PING!!! pada kontak BBM yang gak aktif itu.
Gambar Kontak Teman BBM yang sudah tidak Aktif saat di PING silang

Oke, setelah kita melakukan ping, maka akan di tampilkan tanda silang warna merah. Lalu muncul tampilan popup yang memberitahukan melalui layar Undang lagi "Kontak teman BBM kamu tidak dilihat online sejak tanggal sekian. Apakah Anda ingin mengundangnya lagi ke BBM?".

Jika memang kamu ingin mengundangnya, silahkan sentuh UNDANG LAGI, jika tidak sentuh BATAL dan menghapus kontak yang sudah tidak aktif itu.

#Langkah 6) Hapus semua kontak BBM yang sudah tidak aktif lagi, buat apa banyak teman bbm tetapi banyak yang gak aktif. Mending hapus saja dari pada memberatkan loading BBM saat di buka pada smartphone atau tablet Anda.

Lihat : Cara Hapus (DC) Kontak BBM di HP Android, iPhone atau BlackBerry.

#Langkah 7) Selesai!

Itulah cara mengetahui atau tes kontak bbm yang masih aktif atau tidak. Sangat mudah kan!

Untuk aplikasi BBM di android atau iPhone yang selalu di perbarui, fitur tes kontak dengan menggunakan boadcast pesan siaran sudah tidak bisa di gunakan.

Saya sudah mencobanya dan ternyata malah banyak yang protes, TC mulu gan! Tetapi tes kontak dengan pesan siaran masih aktif di ponsel BlackBerry.

Maka dari itu cara diatas adalah cara terbaru yang lebih mudah tanpa mengganggu semua orang di kontak bbm Anda. Oke, jika kalian masih kebingungan dengan cara diatas bisa langsung ditanyakan melalui komentar dibawah ya.

7 komentar untuk "Cara Mengetahui / Tes Kontak BBM Aktif atau Tidak"

  1. wah,kurang akurat gan
    udah d test,tapi ada yg msh delieve ada yg cuma ceklis
    mohon penerangannyagan

    BalasHapus
  2. kontak tman sya tes muncul "Kontak teman BBM kamu tidak dilihat online sejak tanggal sekian. Apakah Anda ingin mengundangnya lagi ke BBM?"
    tapi DP nya masih berganti gan..bisa gak biar jadi kontak sya lgi

    BalasHapus
  3. Kok di bbm aku gak ada tata letak kontak ya?

    BalasHapus
  4. Disini gda tata letak.. Ini versi berapa yg ada tataletak?

    BalasHapus
  5. Versi baru g ada tata letak..adakah cara lain untuk versi yg tk ada tata letak

    BalasHapus
  6. klu BBM panggilan tidak tersedia apakah masih aktif BBM nya

    BalasHapus