Cara Mempercepat Kinerja Laptop / Komputer Agar Tidak Lemot

Apakah kinerja laptop kamu berjalan lambat atau lemot? Untuk membuka satu aplikasi saja lama banget, padahal laptop baru dibeli kok bisa lambat sekali dan cepat panas. Bagaimana cara mengatasi laptop atau komputer yang lemot? Anda tidak perlu khawatir, karena melalui tulisan ini saya akan memberikan beberapa tips untuk mengatasi laptop yang lemot atau lambat.

Biasanya laptop akan terasa sangat lambat saat digunakan untuk membuka aplikasi yang memakan RAM terlalu besar, contohnya saat kita membuka browser (mozilla, chrome) untuk browsing, main game, membuka photoshop, ngetik di microsoft office word.

Ada banyak alasan yang menyebabkan laptop mejadi lambat, entah itu karena usia laptop atau komputer kamu, karena membuka banyak aplikasi secara bersamaan, karena ukuran kapasitas ram yang kecil, harddisk sudah terisi penuh dan banyak lagi yang menyebabkan laptop jadi lemot.

Oke, hal itu tidak jadi masalah, karena masalah laptop yang lambat bisa kita atasi dengan mengikuti beberapa panduan yang saya berikan berikut ini.
Cara Mempercepat Kinerja Laptop / Komputer Agar Tidak Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Laptop Agar Tidak Lemot atau Lambat

Berikut ini adalah beberapa cara paling ampuh dan paling jitu yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kinerja laptop atau komputer Anda, serta sebagai solusi untuk mengatasi laptop yang berjalan sangat lambat atau lemot.

1. Menambah Kapasitas RAM

Saya sudah membuktikannya, dengan menambah kapasitas memory RAM laptop atau komputer Anda akan membuat kinerja laptop Anda lebih maksimal dan tidak lemot lagi.

Hal ini karena proses multitasking pada OS Windows yang memakan ukuran memory ram, sehingga dengan ukuran ram yang lebih besar akan memberikan ruang untuk proses yang lain.

Untuk menambah RAM, silahkan beli di tukang service atau di toko komputer, biasanya kalau tidak ada yang sesuai dengan merek dan type laptop kamu, pemilik toko akan melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Laptop saya awalnya ukuran RAM nya cuma 2GB, kemudian saya tambah dengan 2GB jadi totalnya adalah 4GB dan sekarang laptop saya tidak pernah lemot, bahkan untuk main game HD.

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Biasanya saat kita membeli laptop baru, pasti sudah terinstall banyak aplikasi di dalamnya. Jika Anda merasa bahwa beberapa aplikasi yang ada tidak terlalu penting atau bahkan tidak Anda butuhkan, lebih baik di hapus (Uninstall) saja.


3. Mematikan Aplikasi yang Tidak di Butuhkan

Seringkan saat kamu mulai menghidupkan komputer / laptop terasa lama sekali loadingnya sehingga membuat proses lemot dan komputer terasa sangat lambat untuk memulai menampilkan desktop windows.

Jika windows Anda saat startup lama sekali, hal itu bisa saja disebabkan karena banyaknya program/aplikasi yang terinstal di komputer Anda sehingga saat windows mulai di hidupkan(startup) yang menyebabkan lamanya proses loading. 

Untuk itu, kamu bisa mematikan beberapa program aplikasi yang tidak di butuhkan melalui tutorial berikut ini : Cara disable aplikasi yang tidak dibutuhkan saat startup windows


4. Mengatur Efek Visual pada Windows Untuk Kinerja Terbaik

Banyak teman saya yang hanya mengeluh kenapa kinerja laptopku menjadi lambat, salah satunya adalah dikarenakan efek visual yang masih aktif, memang sih terlihat keren. 

Tetapi itu akan memakan performa yang banyak. Semua terserah Anda, jika Anda suka dengan visual efek tersebut. Anda cukup menjadikan efek tersebut tetap terpasang pada windows Anda. Namun jika Anda menginginkan kinerja yang lebih baik. Anda bisa menonaktifkan visual efek tersebut.


5. Mempercepat Booting atau Startup Windows

Sangat menjengkelkan sekali ya, bila saat pertama memulai menyalakan laptop Anda dan Anda harus menunggu waktu booting yang sangat lama yang membuat Anda sangat kesal.

Hal itu dapat kita atasi dengan mempercepat booting saat memulai windows. Pastilah semua orang memnginginkan agar komputer mereka dapat berjalan dengan cepat (tidak lemot) sehingga tidak menyita waktu serta tidak mengganggu aktifitas Anda.


6. Pasang Antivirus Terbaik

Jangan lupa untuk menginstal antivirus terbaik. Kenapa saya bilang terbaik, karena ada juga antivirus yang di install malah prosesnya memberatkan kinerja laptop Anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa rata-rata virus termasuk malware dan spyware menyebabkan kinerja suatu komputer menjadi lambat dan juga dapat merusak data/ file kita. Selain itu anda harus menginstal antivirus yang tepat, bukan antivirus yang malah memperlambat kinerja komputer/ laptop anda.


7. Hapus File Sampah yang ada di Recycle Bin

Jangan biarkan file sampah pada recycle bin semakin menumpuk, Anda harus rutin menghapusnya supaya tidak menjadikan laptop atau komputer kamu lemot.

Periksa terlebih dahulu file tersebut, jika memang benar-benar tidak dibutuhkan, silakan anda hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

Alternatif software yang bisa anda gunakan adalah CCleaner, software tersebut juga dapat menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

8. Menggunakan Disk Cleanup

Disk Cleanup adalah sebuah cara mudah untuk menghapus banyak file yang tidak dibutuhkan pada hard drive. Disk Cleanup sangat penting dilakukan untuk mencari file sampah yang dapat dengan mudah dihapus untuk membebaskan beberapa ruang disk, terutama file yang mungkin tidak jelas bagi Anda, seperti temporary file yang digunakan oleh Windows atau saat browsing internet.


9. Menggunakan Disk Defragmenter

Melakukan Defrag pada harddisk Anda adalah salah satu cara terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer Windows Anda. Untuk itu jangan lupa untuk selalu melakukan defrag entah itu seminggu atau sebulan sekali. 


10. Hapus Gadget yang Tidak Penting di Desktop

Ada banyak gadget yang tersedia di windows 7/8/10 dan kamu bisa langsung memasang pada dekstop. Ini juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi kinerja suatu komputer. 

Saya sarankan anda menghapus gadget yang benar-bernar tidak penting, tapi jika komputer anda memiliki spesifikasi yang tinggi mungkin memasang gadget seperti ini tidak terasa efeknya pada kinerja komputer.

Tapi bila spesifikasi komputer kamu pas-pasan, mending ndak usah deh bro!

KESIMPULAN

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer agar supaya tidak lemot atau lambat.

Namun, saya rasa dengan melakukan beberapa cara diatas itu juga sudah bisa memaksimalkan kinerja pc Anda. Nah, saya rasa bisa langsung Anda coba dan terapkan pada laptop atau komputer Anda.

Mungkin hanya sampai 10 poin yang bisa saya berikan untuk mempercepat kinerja laptop kamu. Jika kamu memiliki pertanyaan atau bahkan pengalaman lain. Tolong di share ya di kolom komentar. Karena berbagi itu indah.

Semoga bermanfaat.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon