Cara Mengatasi Error Copy File Too Large di Flashdisk

Hallo kawan, Pernah tidak kalian mengalami masalah error ketika gagal copy file ke flashdisk yang ukurannya besar dan muncul peringatan File too large dengan keterangan “The file is too large for the destinations file system” dan hasilnya tidak bisa menyalin data ke flashdisk kita.

Hal itu disebabkan karena secara default flashdisk akan menggunakan file system type FAT32 (Default) dan tipe tersebut tidak dapat menerima file atau data yang berukuran lebih dari 4.00 GB. Ini seperti yang saya alami saat menyalin file ISO Windows 10 yang ukuran kapasitasnya adalah 4,199,542 KB atau lebih dari 4GB dan muncul peringatan seperti gambar screenshot di bawah ini.
File too large
Padahal ukuran kapasitas flashdisk saya adalah 8GB, awalnya saya kira flashdisk saya sudah penuh. Namun ketika saya cek dan memindahkan semua data yang ada di dalamnya ke laptop saya dan mencoba copy dan paste ke flashdisk ternyata tetap saja tidak bisa digunakan untuk menyalin file ke dalam flashdisk saya. Saya kira flashdisk saya yang bermasalah. Ternyata setelah saya browsing mencari informasi tutorial dari berbagai sumber ternyata sangat mudah untuk mengatasi masalah ini.

Solusinya adalah dengan mengubah tipe file system pada flashdisk menjadi NTFS (New Technology File System). Tipe file system ini lebih baik dari pada FAT32 yang umumnya digunakan secara default oleh flashdisk kita. Untuk melakukannya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Format Flashdisk Menjadi NTFS File System

Sebelum memulai untuk memformat flashdisk menjadi NTFS File System, pastikan flashdisk sudah terhubung atau di sambungan dengan laptop atau komputer Anda, jika belum silahkan tancapkan USB flashdisk kamu ke port USB PC kamu. Jika sudah mari kita mulai.

1. Klik kanan pada drive atau partisi flashdisk kamu. Seperti contoh gambar dibawah ini adalah flashdisk saya berada pada drive (F:) kemudian pilih Format.
Klik kanan Format Flashdisk

2. Setelah itu kamu hanya perlu mengubah File system menjadi NTFS seperti yang di tunjukkan gambar dibawah ini, setelah selesai, klik Start untuk memformat flashdisk Anda.
Format Flashdisk NTFS

3. Setelah itu akan muncul peringatan yang memberitahukan bahwa dengan memformat flashdisk akan menghapus semua data yang ada di dalam flashdisk Anda.

 PENTING!  Kami sangat di sarankan untuk melakukan backup semua data Anda terlebih dahulu. Silahkan pindahkan semua data di flashdisk ke folder lain di komputer kamu. Pastinya kalian tidak rela kan kalau sampai semua data penting hilang karena ke format.
Warning Format Flashdisk
Jika data sudah di backup silahkan klik OK untuk melanjutkan.

4. Tunggu hingga proses selesai, dan setelah selesai akan memunculkan layar “Format Complete” klik OK untuk menyelesaikan proses formatting.
Format Complete

5. Dan Flashdisk Anda kini telah berhasil di format menjadi type file system NTFS. Sekarang mari kita coba copy file yang sebelumnya tidak bisa di copy ke flashdisk Anda karena ukurannya terlalu besar. Copy Ctrl + C dan paste Ctrl + V di flashdisk Anda dan lihat hasilnya.
Copy File Windows

Berhasil! Sekarang kita sudah berhasil menyalin data dan sudah tidak ada peringatan error file is too large lagi saat Meng-copy file ke flashdisk kita. Asalkan ukuran file Nya tidak melebihi ukuran kapasitas flashdisk Anda. Contoh ukuran file yang Anda copy adalah 10GB sedangkan ukuran flashdisk kamu hanya 8GB sudah dapat dipastikan akan gagal menyalin file ke flashdisk kamu.

Dengan memformat flashdisk menjadi NTFS akan mengatasi masalah gagal copy file ini. Silahkan di coba dan jika menurut kalian tutorial berguna, silahkan di share ke teman-teman Anda. Jika memiliki pertanyaan lain silahkan tanyakan melalui komentar di bawah.

Semoga bermanfaat…

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon