Mengatasi Error "Your computer is low on memory" Windows 10/8/7/XP

Halo kawan, apakah kamu menggunakan Windows 10 di laptop atau komputer PC kamu? Apakah kamu mengalami masalah seperti yang saya alami ini? Ya, saya mengalami masalah yang cukup menjengkelkan, yakni menerima peringatan error “Your computer is low on memory” yang muncul secara tiba-tiba dengan tanda seru warna kuning seperti gambar dibawah.

Problem ini saya alami tidak terlalu sering namun terkadang akan muncul ketika saya membuka beberapa program dan aplikasi komputer yang prosesnya memakan memori RAM lumayan banyak, contohnya seperti ketika saya membuka browser dengan Google Chrome, mengedit gambar menggunakan Photoshop, memutar video atau musik, men-download file menggunakan Internet Download Manager (IDM), menjalankan aplikasi BlueStacks di Windows 10, bermain game HD dan berbagai aktivitas lain yang saya lakukan secara bersamaan.

Kenapa muncul peringatan “Your computer is low on memory” di Windows 10?

Yang pasti, menurut pengalaman saya pribadi itu disebabkan karena memang banyak program dan aplikasi yang berjalan di windows kamu, bukan hanya program yang di buka, namun juga program yang berjalan di background atau juga banyak aplikasi pihak ketiga yang saya sebutkan diatas itu banyak yang masih enable saat Startup windows kamu.

Kemarin saya sudah membahas tentang cara mengatasi windows 10 yang berjalan terasa lambat atau lemot dengan mudah dan cepat. Silahkan dilihat disitu ada caranya untuk mematikan program aplikasi yang tidak penting saat Startup windows agar supaya saat windows dihidupkan atau dinyalakan proses booting atau loading Nya tidak lama.

Nah, sekarang kita kembali ke pembahasan kita yakni peringatan Memori komputer Anda lemah. Pesan error ini sebenarnya terjadi bukan hanya pada Windows 10 saja. Tetapi peringatan error ini juga muncul pada versi windows yang lainnya seperti Windows XP, Vista, 7, 8, dan 8.1. Dan apa sih faktor utama yang menyebabkan muncul peringatan seperti itu? Saya rasa itu memang akibat dari kesalahan penggunanya sendiri.
Your computer is low on memory
Pesan error "Your Computer Is Low on Memory" ini muncul diakibatkan oleh penggunaan memori (RAM) yang terlalu banyak, atau sudah mendekati ambang batas. Contohnya seperti yang saya gambarkan diatas, saya browsing, download, edit gambar, main game secara bersama-sama dan aplikasi yang lain tidak saya tutup. Nah itulah penyebab utama yang sering saya alami. Yah, memang sudah menjadi kebiasaan saat menggunakan Windows 7 tidak ada masalah karena memang laptop saya sangat kompatibel dengan windows 7 dibandingkan dengan windows 10 yang masih saya gunakan hingga saat ini.

Alasan saya tetap menggunakan windows 10 ya memang karena ingin merasakan semua fitur terbarunya Microsoft. Apa lagi ada teknologi baru yang bernama Cortana, ini nih yang bikin saya penasaran sama si mbak Cortana ini, mirip dan sama seperti Jarvis dimana kita bisa melakukan aktivitas di dalam PC dengan menggunakan perintah suara. Sayangnya Cortana ini hanya mendukung bahas US English (Bahasa Inggris) saja dan untuk Indonesia belum tersedia. Eh, kok malah melenceng ke sana kemari, oke lanjut ke pembahasan.

Untuk lebih jelasnya di sini saya menggunakan Windows 10 Professional 64-Bit Update Anniversary pada laptop Acer Aspire 4752G NVDIA GeForce 610M – 1GB dengan ukuran kapasitas memory RAM 4GB.
Performance Windows 10 RAM 4GB DDR3
Padahal saya rasa dengan RAM 4.0GB DDR3 kapasitas segitu sudah cukup yak, tetapi ternyata masih saja kurang. Padahal dulu saat saya menggunakan Windows 7 tidak pernah muncul peringatan seperti itu. Saya juga sangat kaget saat pertama melihat ada pesan error saat bermain game PES 6 di laptop windows 10 milik saya ini.

Dugaan saya yang lain adalah selain banyaknya aplikasi yang berjalan di windows kamu mungkin juga karena kebocoran memori yang disebabkan oleh beberapa driver yang tidak kompatibel dengan windows 10. Seperti pada laptop saya ini belum tersedia driver untuk Windows 10 di situs resmi acer download driver. Setelah saya membuka dan mencari driver disitu hanya terdapat driver untuk OS windows paling tinggi adalah Windows 8.

Tetapi saya paksa install driver bawaan laptop saya melalui CD Driver laptop saya dan memang semuanya bisa terinstal dan berjalan dengan normal. Akan tetapi inilah yang terjadi adalah muncul peringatan “Your computer is low on memory” pada laptop saya. Ini bisa menjadi pengalaman untuk pengguna lain yang juga menggunakan windows 10 dan mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami ini.

Namun saya tidak terlalu memikirkannya. Toh juga ini peringatan juga tidak selalu muncul hanya kadang-kadang saja dan jarang sekali muncul. Paling hanya pada saat memori RAM sudah benar-benar mencapai batas baru muncul dan itu pun jarang sekali.

Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa kamu coba, siapa tau peringatan error itu bisa hilang dan tidak tampil lagi. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:


Cara Mengatasi (Fix) Peringatan “Your computer is low on memory” pada Windows 10 Dengan Mudah

Langkah 1) Tekan Windows Key + R dan menempatkan sysdm.cpl di Run untuk membuka kotak dialog System Properties. Klik OK / tekan Enter key.
Run sysdm.cpl
Langkah 2) Pada kotak dialog System Properties, beralih ke tab Advanced. Di bawah Performance, klik pada tombol pilihan Settings.
System Properties Windows 10
Langkah 3) Selanjutnya, di kotak dialog Performance Options, beralih ke tab Advanced. Klik Change bawah Virtual memory.
Performance Options Windows 10
Langkah 4) Akhirnya, dalam jendela Virtual Memory seperti gambar dibawah, hapus centang pada pilihan "Automatically manage paging file size for all drive".

Kemudian sorot drive sistem Anda di bawah heading Paging file size for each type. Untuk ukuran pilihan Custom size, menetapkan nilai cocok untuk bidang: Initial size (MB) dan Maximum size (MB). Hal ini sangat dianjurkan untuk menghindari memilih No paging file.
Virtual Memory Windows 10

KETERANGAN:

Pada kolom INITIAL SIZE silahkan di isi dengan nilai currently allocated yang terletak paling bawah. Seperti contoh gambar diatas adalah 4000 MB, maka saya isi nilai 4000.

Pada kolom MAXIMUM SIZE dengan jumlah nilai kelipatan dari nilai Initial size. Contoh: laptop saya menggunakan RAM 4GB maka saya dapat menambah virtual memorinya menjadi empat kali lipat dari RAM yang ada menjadi 16GB. Maka diatas saya tulis dengan nilai 16000.

Setelah selesai dengan memasukkan pilihan Anda, klik OK, OK, Apply, OK.

Sekarang jika anda meningkatkan ukuran, reboot tidak wajib. Tetapi jika Anda sudah menurunkan ukuran file paging, Anda harus reboot untuk melakukan perubahan yang efektif.

Semoga ini membantu!

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon