Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan dan Mengatur Gadget/Widget di Blogger

Bagaimana Cara Menambahkan dan mengatur Gadget atau Widget Pada Tata Letak Blogger. Mempercantik tampilan blog dengan menambahkan gadget. Cara menata Widget atau Gadget di Blogger.

Setelah kemarin saya sudah jelaskan mengenai Pengenalan Tata Letak dan Desainer template di Blogger. Kini saya akan menjelaskan bagaimana cara menambahkan widget atau gadget pada Tata Letak yang ada pada blogger untuk mempercatik tampilan blog kita.

Apa itu Gadget di Blogger? Gadget atau Widget di blogger adalah fitur tambahan untuk menambahkan berbagai pernak pernik blog agar memperindah tampilan blog, dan juga berguna untuk pengunjung dalam menemukan berbagai isi yang ada didalam suatu blog.

Jika blog saya ibaratkan sebagai rumah online, maka Gadget di blog saya ibaratkan seperti perabot rumah. yaitu kita bisa menambahkan perabot tersebut sesuai yang kita inginkan. contohnya kita bisa menambahkan profil kita, menambahkan daftar isi blog, jam, kalender, gambar animasi, label/kategori dll..

Dalam Tata Letak blogger Anda dapat dengan mudah menambahkan Widgets atau Gadget pada sidebar Anda (baik sisi kiri dan sisi kanan sesuai dengan desain template), header dan footer. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai menambahkan widget dan membuat blog Anda lebih interaktif.

Cara Menambahkan Gadget di Blogger:
Untuk menambahkan Gadget, pertama anda harus masuk ke account blogger Anda.
di Blogger Dashboard - Pilih Blog Anda yang anda ingin tambahkan widget - Pilih Tata Letak.

Di sisi kiri, sisi kanan (sesuai dengan desain template Anda) dan bawah Anda akan melihat Tambah Gadget. Klik Tambah Gadget dan Anda akan diarahkan ke bagian Gadget dari blogger.

Ada lebih dari seribu Gadget yang telah disediakan oleh blogger, seperti Kotak Pencarian, Entri populer Adsense, Pengikut, Blog Archive dan banyak lagi. Silahkan anda pilih sesuai selera anda.

Pilih Gadget sesuai pilihan Anda dan mengubah pengaturan yang sesuai. Sekarang klik pada Simpan dan Gadget ini akan muncul di daerah tata letak Anda.

Cara Mengatur Tata Letak Gadget di Blogger:
Anda dapat mengatur Gadget Anda hanya dengan menarik (drag ketempat yang anda inginkan). Jika sudah Simpan pengaturan. Atau anda juga dapat melakukan pratinjau dengan mengklik Pratinjau yaitu melihat tampilan yang sudah anda ubah/atur sesuai tata letak yang anda inginkan sebelum menyimpan. Buka blog Anda untuk melihat Gadget yang telah anda tambah.

Untuk menambahkan gadget yang dengan kode HTML Java Script, anda dapat melakukannya dengan memilih HTML Java Script pada gadget yang ingin anda tambahkan, Lalu masukkan kode HTML Java Scriptnya, beri judul bila ingin memberinya judul, lalu klik Simpan.

Catatan!
Agar blog anda tidak loading lama (Lemot), saya sarankan untuk menambahakan gadget yang penting penting saja. namun jika anda ingin blog anda tempil cantik dengan banyak pernak pernik di blog anda. silahkan.. terserah anda. Selamat mencoba dan semoga tulisan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

30 komentar untuk "Cara Menambahkan dan Mengatur Gadget/Widget di Blogger"

  1. thanks :)
    Follow twitter @HauLa_Taqya ya :)

    BalasHapus
  2. thnx infonya gan.. kunbal :)

    BalasHapus
  3. thank gan blognya bermanfaat bagi pemula
    (y)

    BalasHapus
  4. thanks ya share nya.. bermanfaat bnget ga! :)

    BalasHapus
  5. Kok kalo aku copy URL widget selalu katanya widgetnya error

    BalasHapus
  6. terima kasih infonya ....... sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ok mas brow,, terimakasih atas kunjungan Anda. semoga bermanfaat!

      Hapus
  7. Ok mas brow,, terimakasih atas kunjungan Anda. semoga bermanfaat!

    BalasHapus
  8. makash gan sangat bermanfa'at bnget buat kami2 yg pemula

    BalasHapus
  9. maksih bro buat infonya, membantu ane untuk memodifikasi blog yang baru ane buat (y)

    BalasHapus
  10. Terima kasih telah berbagi ilmu bagi para pemula seperti saya

    BalasHapus
  11. Untuk menambah gambar atau tulisan2 gitu bisa buat buka website nya lama ya? Website Gratis

    BalasHapus
  12. Thanks gan atas artikelnya karena sangat inspiratif buat pemula

    BalasHapus
  13. ada artikel yang membahas tentang cara membuat gadget tidak?

    BalasHapus