Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Baru Menyambungkan Modem Smartfren di Linux Ubuntu

Menyambungkan koneksi internet modem smartfren di linux ubuntu tentu tidak semudah di windows. Jika di windows, saat modem di sambungkan ke komputer akan muncul Autoplay untuk instalasi driver software modem dan setelah driver terinstall kita hanya perlu klik connect untuk menyambungkan.

Namun di linux tidak seperti itu. Kita harus menyambungkan koneksi modem smartfren melalui dial up. Hal itu dikarenakan driver modem yang tidak support dengan linux. Driver modem smartfren hanya bisa di gunakan pada sistem operasi windows.

Jika hal ini menjadi masalah. Saya akan memberikan panduan tutorial menghubungkan koneksi internet modem smartfren melali dial up mobile broadband di ubuntu. Ini akan menjadi solusi untuk Anda yang kesulitan menggunakan modem smartfren di ubuntu. Ikuti langkah di bawah ini.

Cara ini tidak perlu melakukan perintah melalui terminal. Karena ubuntu sudah menyediakan jaringan koneksi mobile broadband untuk dial up. dan menurut saya sangat mudah.

Cara baru menyambungkan modem smartfren di linux ubuntu:
1. Sambungkan modem smartfren ke komputer kamu.
2. Klik icon Network Connections pada Unity-launcher dibagian atas linux ubuntu. Jika modem sudah terdeteksi, akan muncul "New Mobile Broadband (CDMA) connection...". Klik untuk mengkonfigurasi koneksi modem.
#Namun jika belum muncul, Tunggu beberapa saat, hingga modem terdeteksi.

3. Setup a Mobile Broadband Connections - Klik Continue untuk melanjutkan.

4. Chose your Provider's Country or Region - Pilih negara atau wilayah Anda.

5. Choose your Provider - Pilih jaringan operator seluler, karena kita menggunakan modem smartfren, maka pilih SMART.
Hal ini juga bisa digunakan untuk menyambungkan koneksi jaringan operator yang lain seperti Fren, Indosat, Esia, Telkomsel dan Telkom Flexy.

6. Confirm Mobile Broadband Settings - Koneksi mobile broadband kamu sudah selesai di konfigurasi. Klik Apply untuk menerapkan dan menyimpan pengaturan Anda.

7. Dan secara otomatis koneksi modem smartfren kamu telah berhasil terhubung ke internet. Dan Anda sudah bisa menggunakan modem smartfern EVDO di inux ubuntu kamu. Selamat!

Setelah Anda selesai menggunakan internet Anda yang melalui koneksi internet modem smartfren di ubuntu. Dan Anda ingin memutuskan koneksi modem Anda. Anda hanya perlu melakukan disconnect.

Dan jika Anda ingin menyambungkan kembali modem smartfren di ubuntu Anda. Anda hanya perlu menghubungkan modem ke komputer. dan klik pada icon network connections di unity-lancher, dan sudah otomatis akan muncul" SMART Connection", klik untuk menyambungkan.

Itu saja yang saya lakukan setiap menghubungkan koneksi modem smartfren di ubuntu saya. Saya menggunakan Linux Ubuntu 13.04 dan cara ini selalu berhasil saya terpakan di ubuntu saya.

2 komentar untuk "Cara Baru Menyambungkan Modem Smartfren di Linux Ubuntu"

  1. Saya sudah coba di laptopku tutorial di atas, tapi pas sampai pada pilihan provider, SMART tidak tercantum dalam listnya, kalo begitu bagaimana ya Mas?

    BalasHapus
  2. mas kok yang saya tulisannya "Connection Established". itu kenapa ya ??? mohon pencerahannya. trims

    BalasHapus