Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memperbaiki File RAR / ZIP yang Rusak (Broken / Corrupt)

Halo kawan, Bagaimana cara memperbaiki file RAR atau ZIP yang sudah rusak atau corrupt saat di ekstrak dan menampilkan pesan error. Hal ini sangat mengecewakan bila kita sudah bersusah paya mendownload file tersebut, apa lagi jika file yang kita download ukuran kapasitanya bergiga-giga, Makin kepingin makan orang tuh jadinya. Hahaha.. Nah dari masalah itu saya disini hadir dengan memberikan panduan tutorial untuk memperbaiki file RAR / ZIP yang rusak dan mengatasi masalah Anda.

Saya juga sudah pernah mengalami masalah seperti ini, dan memang tidak semua file yang kita coba ini akan berhasil, namun apa salahnya jika kita mencoba untuk memperbaiki sesuatu, apa lagi jika itu ternyata berhasil pasti akan membuat anda lebih baik.

Hal ini sering terjadi bahwa file RAR menolak untuk membuka karena file didalamnya sudah rusak atau broken file. Meskipun Anda mencoba untuk mengekstrak teta saja tidak bisa. Dan ketika sebuah file RAR atau ZIP yang rusak dicoba untuk dibuka, folder yang dibuat tapi tanpa file di dalamnya. Tetap saja tidak bisa dan selalu menampulkan pesan error. Ini adalah pengaturan default, tetapi dapat diubah sehingga meski filenya sudak rusak, tetap dapa kita buka dan ekstrak. Lihat pesan kesalahan melalui gambar berikut ini :



Proses melakukan perbaikan mengenai hal ini adalah sebagai berikut:
  1. Klik kanan pada file RAR dan dari daftar, klik pada pilihan ekstrak file.
  2. Sebuah jendela akan muncul yang menunjukkan di mana folder dapat dipilih dan di mana akan disimpan.
  3. Pilih kotak centang yang memberikan opsi 'Keep broken files'.
  4. Klik OK di bagian bawah jendela.
  5. Sebuah peringatan akan muncul tetapi harus diabaikan pada saat ini.
Memperbaiki File RAR / ZIP yang Rusak (Broken / Corrupt)

Jika menggunakan cara diatas masih juga belum berhasil. Anda bisa menggunakan cara yang ini :

1. Buka file .RAR nya (double klik filenya)
2. Pilih Tool, lalu Repair Archive, lalu tunggu proses sampai selesai.
3. Setelah selesai. Ekstrak kembali file hasil repair tadi.

Memperbaiki File RAR / ZIP yang Rusak (Broken / Corrupt)

Setelah prosedur ini dilakukan, maka akan mungkin untuk melihat file yang dapat diekstraksi oleh WinRAR. Proses ini bekerja dengan baik karena salah satu bagian dari sebuah file besar dapat diekstrak dan sampel untuk kualitas sebelum memutuskan untuk men-download seluruh file.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi 7 Zip yang juga efektif untuk pemulihan file RAR atau zip. Perangkat lunak ini adalah utilitas arsip yang bersifat open source di bawah lisensi General Public. Hal ini dirancang untuk Windows dan kompatibel dengan semua versi Windows. Kebanyakan program zip lain operasi keluar ketika menghadapi file rusak tapi 7 zip telah terbukti efektif.

4 komentar untuk "Memperbaiki File RAR / ZIP yang Rusak (Broken / Corrupt)"