Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download & Install BlueStacks Versi Terbaru

Halo kawan, apakah kalian ingin menjalankan aplikasi dan games Android pada Laptop atau Komputer PC? Mudah kok, dengan menggunakan aplikasi BlueStacks App Player yang tersedia untuk Windows dan Mac OSX secara gratis.

BlueStacks adalah aplikasi sejenis emulator yang bisa digunakan untuk menjalankan dan memainkan aplikasi dan games android melalui laptop atau komputer. Software ini tersedia secara gratis dan bisa di install pada os Windows dan Mac OSX. Saya kira sudah banyak yang tahu kegunaan aplikasi ini memang sangat luar biasa. Kita bisa menjalankan aplikasi android layaknya seperti menggunakan smartphone atau tablet.

Ini merupakan solusi terbaik bagi kalian yang belum memiliki smartphone maupun tablet. Banyak teman saya yang tidak memiliki smartphone canggih tetapi mereka bisa bbm-an, upload foto di instagram, main game Clash of Clans. Ternyata mereka menggunakan Bluestacks pada komputer mereka. Jika Anda juga ingin seperti teman saya, maka silahkan mengikuti langkah-langkah untuk mendownload dan menginstall bluestacks di laptop kamu.
Cara Download & Install BlueStacks Versi Terbaru

Tapi, sebelum kita memulainya, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Yang pertama, pastikan komputer Anda harus terhubung dengan jaringan internet, dan pastikan koneksinya stabil agar nanti prosesnya berjalan dengan lancar tanpa ada error. Yang kedua, pastikan komputer Anda memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan aplikasi bluestacs di PC kamu. Jika komputer kamu spesifikasinya tinggi, itu tidak menjadi masalah. Namun jika komputer Anda spesifikasnya rendah, pikirkan terlebih dahulu, kalau gak bisa jangan dipaksakan, kasihan laptopnya. Berikut persyaratan minimal agar bluestacks bisa berjalan dengan lancar.

Persyaratan Instalasi BlueStacks App Player.

Anda dapat menginstal BlueStacks App Player pada laptop atau komputer os Windows selama persyaratan berikut terpenuhi:
  • Anda harus menjadi Administrator pada laptop atau komputer Anda.
  • Laptop / Komputer Anda harus memiliki 2GB RAM / memori utama.
  • Laptop / Komputer Anda harus memiliki 4GB ruang disk kosong yang tersedia untuk menyimpan data aplikasi atau games Android yang di install pada komputer Anda.
  • Laptop / Komputer Anda harus sudah terinstall Dirext X 9.0 atau versi lebih tinggi.
  • Laptop / Komputer Anda harus sudah terinstall Driver grafis dan memastikan itu berjalan dengan baik pada komputer Anda. Ini diperlukan untuk kompatibilitas dengan BlueStacks

Itulah persyaratan yang harus terpenuhi sebelum menginstall dan menjalankan bluestacks pada laptop atau komputer Anda. Jika semua sudah terpenuhi, mari kita mulai untuk men-download dan menginstall blustacks versi terbaru.

Download BlueStacks Versi Terbaru ( for Windows & Mac)

Silahkan download aplikasi bluestacks melalui situs resminya disini. Aplikasi bluestacks tersedia untuk sistem operasi (OS) Windows dan  MAC OSX.

Cara Install BlueStacks di Laptop atau Komputer PC

Bluestacks bisa di install pada OS Windows dan Mac, tergantung komputer Anda, langkah menginstalnya sama saja. Pada tutorial ini saya menggunakan laptop saya dengan menggunakan Windows, namun jika kamu menggunakan laptop apple mac osx, sama saja kok langkahnya.

TUTORIAL VIDEO CARA INSTALL BLUESTACKS:

Kalian juga bisa melihat tutorial video dibawah ini.




Berikut cara menginstal bluestacks pada laptop windows.

Langkah 1) Buka file installer bluestacks yang sudah kamu download tadi. Biasanya nama filenya seperti ini "BlueStacks2_native_63d6d0ffc25xxx..." itu biasanya juga terletak pada folder Downloads. Setelah ketemu filenya, klik dua kali untuk mengistall, biasanya akan mengekstrak. Bila muncul User Account Control (UAC), klik Yes untuk menyetujui.
klik dua kali file installer bluestacks

Langkah 2)  Setelah itu akan muncul tampilan instalasi bluestacks, pada saat pertama kali akan mendapat sambutan "Welcome to Bluestacks". Klik Next untuk melanjutkan.
Welcome to bluestacks klik Next

Langkah 3)  Pilih lokasi penyimpanan aplikasi, biasanya akan secara default mengatur pada direktori "C:\ProgramData", biarkan saja seperti itu, klik Next untuk melanjutkan.
Lokasi Penyimpanan Data Bluestacks

Langkah 4) Beri centang pada App Store access dan Application Communications, ini akan memungkinkan Anda untuk dapat mengakses app store sama seperti di iOS. Jika sudah klik Install untuk menginstall bluestacks di laptop Anda.
Enable app store and application communications

Setelah itu bluestacks akan menginstal, tunggu hingga proses install selesai, tergantung komputer atau laptop Anda, jika spesifikasi lumayan bagus, maka proses installing bluestacks akan cepat. Tetapi jika komputermu masih standar, ya silahkan tunggu sambil bikin kopi atau teh.
Installing BlueStacks

Langkah 5) Installation completed. Yes.. akhirnya selesai juga, dengan begini proses install bluestacks telah selesai, eitss, tunggu dulu, ini masih belum sepenuhnya selesai bro. Masih ada langkah selanjutnya. Jika kamu ingin langsung menjalankan aplikasi, beri centang pada "Start BlueStacks" dan klik Finish.
BlueStacks Installation Completed

Setelah installasi selesai, bluestacks akan memulai mempersiapkan aplikasi, ketika pertama kali menjalankan aplikasi bluestacks akan disuruh menunggu dengan tulisan "Please Wait...". Tunggu saja hingga proses menyiapkan selesai. 
Please Wait... BlueStacks

Langkah 6) Oke proses penyiapan telah bluestacks telah selesai, dan kini saatnya memulai mensetting akun google supaya bisa download aplikasi android melalui google playstore dan menjalankan di komputer atau laptop Anda. Disini kamu disambut dengan tulisan"Selamat Datang". Silahkan pilih bahasa yang Anda gunakan. Karena saya orang indonesia maka saya pilih Bahasa Indonesia, kemudian klik tombol anak panah untuk melajutkan.
Pilih bahasa bluestacks

Langkah 7) Disinilah yang paling penting. Yakni memasukkan akun google. Anda akan ditanya "Punya Google?" Jika kamu sudah memiliki akun google, langsung klik saja Continue. Namun jika kamu belum memiliki akun google, silahkan buat dulu akun google baru melalui komputer atau laptop kamu, silahkan lihat tutorialnya disini : Cara Membuat Email Gmail Akun Google.
Punya Google di BlueStacks?

Langkah 8) Silahkan Login ke akun google dengan memasukkan email dan password Anda. Ini sama persis seperti Anda membeli smartphone atau tablet baru. Ketika Anda pertama kali menggunakan ponsel Anda, pasti akan disuruh masuk ke akun google untuk menikmati semua layanan dan produk google. Termasuk semua aplikasi yang ada di Play Store. Anda tidak akan bisa mengunduh aplikasi di play store dan memainkan game online seperti Clash of Clans, Pokemon Go kalau belum login dengan akun google Anda. 
Login ke akun google Bluestacks dengan memasukkan email dan password

Langkah 9) Beri centang pada Pencadangan & pemulihan dan Lokasi. Ini supaya semua fitur berfungsi dengan baik. Dengan begitu kamu bisa menikmati aplikasi blustacks layaknya seperi kamu menggunakan smartphone atau tablet
Layanan Google BlueStacks

Langkah 10) Yes.. kita masuk pada langkah terakhir. Masukkan nama Anda, ada nama depan dan nama belakang. Bluestacks menanyakan "Tablet ini milik..." siapa? ya isilah dengan nama kamu, boleh juga di isi nama pacar kamu. hehehe..
Tablet ini milik... beri nama Anda di akun google BlueStacks

Selamat! Bluestacks telah berhasil di install pada laptop kamu. Inilah tampilan bluestacks. Kini Anda sudah bisa mendownload dan menjalankan semua aplikasi Android di laptop kamu. Sangat mudah kan. Silahkan dicoba dan pastikan semua berjalan dengan lancar.
BlueStacks App Player berhasil di install dan berjalan pada laptop Windows

CATATAN DAN KESIMPULAN

Sebagai catatan untuk tulisan ini adalah saya menekankan pada akun google Anda. Sebelum menginstall aplikasi bluestacks pada komputer Anda, silahkan siapkan akun google anda yang masih aktif dan dapat diakses dengan baik. Pastikan juga koneksi internet Anda stabil agar semua proses berjalan dengan lancar tanpa ada yang error. 

Sebagai kesimpulan aplikasi bluestacks bisa di download dan di install pada laptop atau komputer dengan os Windows dan Mac. Pastikan spesifikasi komputer Anda memenuhi, bila spesifikasinya masih kurang, jangan di paksakan. Nanti komputer kamu jadi lemot dan prosesnya akan berjalan sangat lambat. Kasian laptopnya juga kan. Mending menabung dulu biar bisa beli laptop yang lebih tinggi.

Itulah informasi mengenai cara download dan install bluestacks versi terbaru di laptop kamu. Semoga tulisan ini bermanfaat, Jika ada pertanyaan atau punya pengalaman lain saat mengintall bluestacks, share ya di kolom komentar!

6 komentar untuk "Cara Download & Install BlueStacks Versi Terbaru"

  1. pernah coba tapi computer tambah lemot kenapa ya

    BalasHapus
  2. ko gak bisa ngunduh2 ya kenapa itu ?

    BalasHapus
  3. gan aku udh ekstrak file bluestack nya, setelah ekstrak gk terjadi apa2. klo di klik muncul message "bluestac is already process on this machine" gitu terus2 an. gk muncul2 tapi.

    BalasHapus