Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install XAMPP di Windows

Hallo sahabatku, pada artikel ini kita akan belajar bagaimana cara menginstal Xampp web server pada windows. Aplikasi database MySQL Xampp merupakan yang paling populer dan menjadi favorit banyak orang yang akan membuat website sederhana, terutama saya saat belajar membuat website offline server lokal yang menggunakan komputer kita sebagai web servernya, Xampp adalah cara paling mudah untuk membantu kita dalam mengutak atik web kita dengan mudah sekali. Terutama untuk kalian yang sedang belajar Create, Read, Update & (CRUD) database MySQL.

Xampp memungkinkan Anda untuk menjalankan server lokal. Ini adalah metode yang mudah untuk menginstal web server Apache menambahkan MYSQL, php, dan perl. Xampp memiliki semua itu dalam satu paket.

Dalam tutorial ini akan saya jelaskan bagaimana tutorial install Xampp versi terbaru di komputer Windows dengan mudah. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah mendownload installer Xampp for windows pada situs resminya.
Cara Install XAMPP WEB SERVER di Windows

CARA MENGINSTAL XAMPP DI WINDOWS

DOWNLOAD XAMPP

Pergi di situs XAMPP untuk windows dan berikut adalah url download XAMPP untuk men-download XAMPP :
https://www.apachefriends.org/download.html
Silahkan Anda download dan pilih versi yang sesuai dengan os Anda, jika windows Anda adalah versi 64-bit, pilih untuk 64 bit dan juga untuk 32-bit.


MENGINSTAL XAMPP

  1. Selanjutnya, Anda perlu membuka folder tempat Anda menyimpan file, dan double-klik file installer.
  2. Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang ingin Anda gunakan di XAMPP. Klik tanda panah di kotak dropdown, pilih bahasa Anda dalam daftar, kemudian klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.
  3. Untuk pengguna Windows 7, Anda akan melihat jendela pop up, peringatan Anda tentang User Account Control (UAC) yang aktif pada sistem Anda. Klik OK untuk melanjutkan instalasi.
  4. Selanjutnya Anda akan melihat Welcome To The XAMPP layar Setup Wizard. Klik Next untuk melanjutkan instalasi.
  5. Pilih layar Components akan muncul berikutnya. Layar ini akan memungkinkan Anda untuk memilih komponen yang Anda ingin menginstal. Untuk menjalankan XAMPP benar, semua komponen diperiksa perlu diinstal. Klik Next untuk melanjutkan.
  6. Berikutnya Anda akan melihat Pilih Install Location layar. Kecuali Anda ingin menginstal XAMPP pada drive lain, Anda tidak perlu mengubah apa pun. Klik Install untuk melanjutkan.
  7. XAMPP akan mulai mengekstrak file ke lokasi yang Anda pilih pada langkah sebelumnya.
  8. Setelah semua file telah diekstrak, Menyelesaikan The XAMPP layar Setup Wizard akan muncul. Klik Finish untuk menyelesaikan instalasi.
  9. Instalasi layar Complete sekarang akan muncul. Klik Finish untuk mulai menggunakan XAMPP.
  10. Setelah mengklik Finish di layar sebelumnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin membuka Control Panel XAMPP. Klik Yes.

MENJALANKAN & MENGGUNAKAN XAMPP CONTROL PANEL

XAMPP Control Panel memungkinkan Anda untuk secara manual memulai dan menghentikan Apache dan MySQL, atau memasangnya sebagai layanan.

Untuk memulai Apache atau MySQL secara manual, klik tombol Start di bawah Actions di sebelah modul itu. Anda juga dapat memulai komponen lain, jika Anda berencana untuk menggunakannya.
XAMPP Control Panel

Buka browser web dan pada address bar ketik: http://localhost atau 127.0.0.1. Anda akan melihat splash screen XAMPP pertama, meminta Anda untuk memilih bahasa Anda. Maka akan muncul Panel XAMPP berbasis web.

Baca juga : Cara Install XAMPP di Ubuntu (Lampp)

Sampai disini kita telah berhasil menginstall Xampp for Windows pada komputer Anda. Sekarang Anda bisa mengakses phpMyAdmin  untuk membuat Database MySQL yang akan kita bahas pada tulisan berikutnya. Semoga tulisan diatas bisa bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Install XAMPP di Windows"