Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot untuk Smartphone & Tablet

Tutorial ini akan menjelaskan bagaimana cara menjadikan komputer atau laptop windows 7/8/10 sebagai wifi hotspot yang bisa di sambungkan ke hp android atau iOS dan komputer yang lain.

Biasanya kita malah menjadikan smartphone atau tablet android kita sebagai wifi hostspot, tetapi malah ini kebalikan dari itu. Ya, memang itu tergantung kebutuhan Anda, contoh: ketika Anda memiliki ponsel Android dan laptop dirumah. Bila perangkat yang memiliki koneksi internet adalah ponsel android kita (anggap saja hp android yang memiliki paket internet data seluler), maka  kita hanya men-setting android sebagai hotspot wifi untuk disambungkan pada laptop kita, supaya kita bisa internetan pakai laptop menggunakan hotspot dari android.

Namun bila Android tidak memiliki koneksi internet (anggap saja paketan hp habis), namun saya memiliki modem USB (entah itu cdma maupu gsm) yang saya gunakan untuk online di laptop saya melalui koneksi jaringan internet dari modem tersebut. Kemudian saya ingin HP Android saya juga bisa online tetapi mengambil jaringan dari modem usb yang saya pasang di laptop itu. Gimana caranya? apakah harus mencolokkan modem usb ke Android? Kan gak mungkin bro, smartphone android jarang yang bisa dicolokin pake usb, adanya micro usb yang biasanya dipakai buat ngecas hp (charging). Nah, maka dari itu saya akan memberikan tutorial bagaimana menjadikan komputer atau laptop sebagai hotspot wifi untuk disambungkan ke android.
Cara Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot untuk Smartphone & Tablet

Lihat juga : Cara Menjadikan Android Sebagai Hotspot Wifi

Ada banyak cara untuk melakukannya, dari hasil uji coba saya yang pertama adalah menggunakan control panel windows, yakni mengutak-atik network sharing and center, sharing menggunakan jaringan ad hoc, namun ternyata saya salah kaprah kalau ad hoc itu hanya computer to computer, jadi jaringan yang kita sharing hanya bisa ditampilkan hanya pada komputer saja, ketika saya mencoba mencari jaringan ad hoc melalui android ternyata hasilnya tidak terdeteksi oleh ponsel saya.

Dan ternyata saya menemukan cara yang paling mudah untuk melakukannya, yakni dengan menggunakan bantuan aplikasi untuk menjadikan laptop sebagai hotspot wifi diantaranya adalah Baidu Wifi Hotspot, Connectifity, mHotspot, MyPublicWifi, MaryFi, My WIFI Router dan masih banyak lagi. Saya pribadi menggunakan Baidu Wifi Hotspot karena cara setting nya mudah sekali, bahkan tidak ada setting apapun, kita hanya perlu download dan install kemudian mengganti nama hotspot wifi (SSID) dan passwordnya saja. Hotspot laptop yang dibuat menggunakan aplikasi ini dapat terdeteksi oleh semua perangkat baik itu hp android, Apple iOS maupun komputer windows maupun linux juga bisa asalkan laptopmu ada perangkat wifi yang masih berfungsi dengan baik (wifinya tidak rusak). Berikut cara menjadikan laptop sebagai hotspot.

Cara Menjadikan Komputer / Laptop Sebagai Wifi Hotspot untuk Smartphone

Langkah 1) Nyalakan komputer atau laptop Anda, kemudian sambungkan laptop ke internet, entah itu menggunakan Wi-fi gratisan atau menggunakan modem USB milik Anda sendiri. Yang penting laptop terhubung ke internet. (Cerewet!) hehe ini penting sekali karena kita akan mendownload aplikasi baidu wifi hotspot dan aplikasi ini hanya bisa digunakan saat komputer dalam keadaan online.

Langkah 2) Download dan install aplikasi Baidu WiFi Hotspot disini

Langkah 3) Jalankan aplikasinya dan tunggu hingga proses menyiapkan hotspot selesai.

Langkah 4) Setelah selesai, maka laptop kita sudah menjadi hotspot. Semua perangkat yang memiliki wifi dapat langsung terhubung ke jaringan kita, baik itu laptop, smartphone android maupun hp iOS juga bisa nyambung bro.
Tampilan Baidu Wifi Hotspot

Mengganti Nama WiFi dan Password WiFi Hotspot

Untuk mengganti nama hotspot wifi (SSID) dan password kita, klik icon pena yang muncul pada WiFi Name atau passwod (lihat gambar dibawah ini).
Edit Wifi Name dan Password

Ganti nama wifi dan password sesuka Anda. Password minimal 8 karakter, setelah selesai klik OK.
Edit Wifi Name dan Password Hotspot

Menyambungkan Smartphone ke WiFi Hotspot Laptop

Kemudian kita menyambungkan ponsel kita ke hotspot yang telah kita buat tadi, Sebagai contoh saya akan menyambungan hp android saya, dengan mengaktifkan wifi di ponsel saya maka akan terlihat wifi hotspot dengan nama wifi yang telah saya atur pada langkah diatas.
Hotspot Wifi Laptop terdeteksi di Android

Sambungkan dengan memasukkan password yang sama dengan password yang dibuat tadi. Lalu klik CONNECT untuk menyambungkan.
Menyambungkan Android ke Wifi Hotspot laptop

Berhasil! Smartphone android saya telah tersambung dengan wifi hotspot laptop saya. Jadi males beli paket internet nih, hehehe.. Lagian saya juga jengkel dengan paket internet yang semakin hari semakin naik aja harganya.. bikin pusing pala barbie..
Android berhasil terhubung dengan jaringan wifi hotspot laptop

Melihat Perangkat yang Terhubung dengan WiFi Hotspot kita

Untuk melihat siapa saja yang sedang menggunakan jaringan kita atau perangkat apa saja terhubung dengan wifi hotspot bisa dilihat pada menu tabview seperti pada gambar dibawah ini.
Melihat siapa saja yang menggunakan hotspot wifi laptop

Karena hanya saya sendiri yang terhubung dengan hotspot saya, maka disitu ditampilkan angka 1, yakni hanya ada satu orang yang menggunakan jaringan hotspot wifi Anda. 

Akhirnya selesai sudah saya membuat tulisan ini, capek rasanya punggung saya mengetik artikel yang mudah-mudahan bisa menjadi wawasan bagi Anda dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda. Jika kalian punya trik lain menjadikan laptop sebagai hotspot wifi untuk ponsel smartphone atau tablet, share ya di kolom komentar!

Posting Komentar untuk "Menjadikan Laptop Sebagai WiFi Hotspot untuk Smartphone & Tablet"