Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Video Menjadi Lagu MP3 Mudah & Cepat

Caratutorial.com - Bagaimana cara merubah semua format video menjadi mp3? Apakah bisa ngerubah (convert) video lagu / musik yang ada di kaset CD atau DVD ke format lagu mp3? supaya saya bisa memutarnya pada ponsel android? Bisa kok, caranya mudah sekali, kamu hanya perlu melakukan beberapa klik saja dan prosesnya cepat sekali dan di jamin pasti berhasil.

Ada banyak format video, format video yang paling umum adalah MP4, MKV, DAT, AVI dan yang lainnya masih banyak lagi. Merubah format suatu video itu biasanya kami menyebutnya dengan convert video.

Ada banyak cara mengubah atau mengonvert video, namun disini saya berikan cara yang paling mudah dan ampuh tanpa ribet, untuk cara cepatnya adalah dengan menggunakan bantuan aplikasi komputer yang bernama "Format Factory".

Format factory sangat powerful untuk melakukan convert atau mengubah format suatu file, hampir semua file dengan format apapun dapat kita ubah dengan gampang sekali dengan menggunakan aplikasi ini. Saya sendiri selalu menggunakan aplikasi ini untuk urusan merubah format yang saya inginkan.

Seperti kemarin saat teman saya datang membawa kaset DVD yang isinya video lagu dangdut new palapa yang artisnya gery mahesa dan tasya, dia memang sangat ngefans sekali dengan artis itu dan suka mendengarkan lagu dangdut.

Tetapi apakah setiap ingin mendengarkan lagu harus selalu menggunakan dan membawa DVD Player? Jika dalam suatu perjalanan atau dimanapun saat ingin mendengarkan lagu favorit kita, masa kita harus selalu mutar di vcd? Kan enggak mungkin vcd itu kamu bawa kemana-mana bro! Karena ukurannya yang besar membuat kita hanya bisa mendengarkannya dirumah saja.

Nah, maka dari itu, kita bisa mengubah video dvd ke mp3 dan mengirim lagunya ke ponsel kita, sehingga dimanapun kita berada kita bisa dengan mudah mendengarkan musik favorit kita tanpa harus melalui vcd atau dvd player yang ada dirumah.

Baiklah, berikut caranya ngerubah video ke mp3. Tapi sebelum kita memulainya, kamu harus mempersiapkan alat dan bahan untuk mengubah format video ke lagu mp3.

ALAT & BAHAN
  1. CD / DVD Video yang mau di jadikan MP3
  2. Komputer PC atau Laptop Windows yang ada CD Rom(Bukan Notebook)
  3. Aplikasi Format Factory
  4. Kabel Data USB / Cardreader + Memory HP
Oke setelah semua alat dan bahan sudah siap mari kita mulai. Silahkan lihat langkah-langkah merubah video menjadi mp3 dengan mudah dan cepat.
Cara Mengubah Video Menjadi MP3 Mudah & Cepat

Cara Convert Video ke MP3 Menggunakan Format Factory

Langkah 1 → Download dan Install Format Factory di komputer, donwlod disini.

Langkah 2 → Setelah terinstall, buka aplikasinya. Lihatlah gambar dibawah ini adalah tampilan aplikasi format factory yang saya buka pada laptop saya.
Tampilan Format Factory di Laptop Windows

Langkah 3 → Untuk merubah video ke MP3, silahkan pilih -> MP3 pada menu icon kotak di sebelah kiri, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini.
Semua ke MP3 pada Format Factory

Langkah 4 → Muncul tampilan layar baru, silahkan klik pada tombol + Tambahkan File.
Tambahkan File ke format factory

Langkah 5 → Silahkan pilih file video yang ingin kamu rubah ke mp3, silahkan lihat gambar dibawah ini ada contoh file video saya dengan fomat .dat yang saya copy dari DVD dangdut milik teman saya. 

Untuk memilih semua file dalam satu folder, gunakan keyboard Ctrl+A.

Setelah selesai memilih klik Open.
menambahkan file video pada format factory

Langkah 6 → Kemudian klik OK untuk menambahkan file ke dalam format factory.
Menambahkan file video ke Format Factory

Langkah 7 → Setelah itu daftar file video yang kita tambahkan akan masuk ke dalam fromat factory.

Sekarang kita akan memulai convert video ke mp3.

Klik Mulai untuk menjalankan convert video.
Mulai Konversi Video ke MP3 di Format Factory

Langkah 8 → Setelah itu tombol mulai akan berganti menjadi Pause. Kalian bisa juga melakukan jeda pada saat proses berjalan dengan mengklik Pause.

Disini akan di tampilkan proses konversi video yang ditunjukkan pada kolom tabel Status Konversi. Lihatlah itu ditunjukkan berapa persen proses sedang berjalan.

Tunggulah beberapa saat, hingga prosesnya selesai.

Jika file video yang kamu masukkan jumlahnya banyak, maka prosesnya juga akan lumayan lama, kalian bisa melakukannya sambil di tinggal tidur atau kalau mau nunggu ya bikin kopi dulu bro.
Proses konversi di Format Factory

Langkah 9 → Setelah selesai, maka pada status konversi akan di tampilkan tulisan Selesai dengan background berwarna biru.

Ada juga notifikasi di bagian pojok kanan bawah layar Anda bahwa Tugas selesai dengan waktu yang telah di lewati sekian.
Status Konversi selesai di Format Factory

Langkah 10 → Karena prosesnya sudah selesai, kamu bisa langsung membuka file hasil konversi dengan klik pada tombol Folder Keluaran.
Folder Keluaran Format Factory

Langkah 11 → Maka file MP3 hasil konversi akan terbuka pada folder keluaran Anda.

Secara default folder keluaran format factory terletak pada C:\FFOutput. Tapi kamu juga bisa juga mengaturnya untuk mengubah atau ganti lokasi folder keluaran sesuai keinginan melalui menu pengaturan format factory.
MP3 hasil konversi Format Factory

Langkah 12 → Selesai!

Oke, kamu telah berhasil merubah video menjadi mp3 dengan menggunakan aplikasi format factory yang prosesnya cepat dan mudah.

Sekarang kamu bisa mengirim lagunya ke HP smartphone atau tablet Anda dan bisa mendengarkan lagu mp3 dimana saja.

Jika mengalami masalah saat menghubungkan Android ke komputer, silahkan lihat solusinya disini : Cara Mengatasi Kabel USB Android Tidak Terbaca di Komputer / Laptop

Silahkan di coba, sangat mudah kan? Mudah banget kok. Jika kamu punya pertanyaan atau pengalaman lain mengenai cara ini, share ya di kolom komentar.

2 komentar untuk "Cara Mengubah Video Menjadi Lagu MP3 Mudah & Cepat"