Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Saluran (Channel) Baru di YouTube

Apa itu Channel youtube? Bagaimana cara membuat atau menambahkan saluran baru ke YouTube? Pada tulisan kali ini kita akan membahas apa dan bagaimana cara membuat Channel di akun youtube.

Jika ada yang bertanya Channel YouTube itu apa? Jika dalam bahasa Indonesia Channel itu saluran, sama halnya dengan Channel di televisi, bedanya ini adalah Channel milik kamu sendiri yang bisa kamu kelola sendiri dengan akun google kamu.

Lalu, apa saja fungsi dan keuntungan membuat Channel di akun YouTube kita? Dengan Akun Google, kita dapat menonton, menyukai video, dan subscribe ke channel lain. Namun, tanpa memiliki channel YouTube, Anda tidak dapat berinteraksi langsung dengan para pengguna lainnya di YouTube. Meskipun sudah memiliki Akun Google, Anda tetap harus membuat channel YouTube untuk mengupload video, berkomentar, atau membuat playlist.

Kamu dapat menggunakan komputer PC atau laptop dan melalui situs seluler menggunakan HP Smartphone baik Android maupun iOS untuk membuat channel baru. Namun sebelum membuat channel, kamu harus telebih dahulu memiliki akun Google. Jika belum silahkan di baca tutorialnya di sini: Cara Membuat Akun Gmail Baru.

Apakah kita bisa bikin banyak Channel pada satu akun YouTube? Ya, tentu bisa, ibaratnya kamu sudah memiliki satu Channel yang sudah kamu upload video-video yang bertemakan game. Dan kamu ingin membuat Channel baru atau lain yang bertemakan teknologi misalnya. Tentu kamu bisa melakukannya dalam satu akun dengan mudah dan cepat. Nah, maka dari itu pada tulisan ini akan di jelaskan bagaimana cara membuat Channel baru di dalam akun YouTube kamu.
Membuat Saluran (Channel) Baru di YouTube

Cara Tutorial Membuat Channel Baru di Youtube

Perlu Anda ketahui bahwa channel youtube terdiri dari channel pribadi dan channel dengan nama bisnis atau nama lain, perbedannya adalah channel pribadi hanya dapat dikelola oleh Anda dengan menggunakan Akun Google milik Anda sendiri. Sedangkan untuk channel dengan nama bisnis atau nama lain dapat diakses oleh beberapa pengelola atau pemilik.

Cara Membuat Channel Youtube untuk Pribadi

1. Login ke YouTube (baik menggunakan komputer maupun lewat HP kamu) - Lihat tutorialnya disini: Cara Membuat Akun YouTube.

2. Setelah berhasil masuk ke Akun kamu, buka Creator Studio pada bagian kanan atas di akun youtube kamu.
Creator Studio Youtube - www.caratutorial.com
3. Setelah itu akan muncul keterangan bahwa "Anda harus membuat channel untuk mengupload video. Buat channel" silahkan klik pada Buat Channel.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com
4. Lalu muncul layar "Gunakan YouTube sebagai..." Masukkan nama Channel kamu, jika sudah selesai klik BUAT CHANNEL.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com
5. Selesai!.

Cara Membuat Channel Youtube untuk Nama Bisnis atau Nama Lain

Di sini kamu bisa membuat banyak channel atau yang biasa disebut dengan Multi Channel YouTube dengan nama yang berbeda, biasanya ini untuk bisnis seperti kebanyakan para youtubers yang memiliki banyak channel pada akun mereka.

1. Sama dengan proses di atas yakni anda harus login dulu ke akun Anda.


3. Kemudian akan muncul pilihan antara membuat channel baru atau menggunakan Akun Bisnis yang sudah ada. Dalam hal ini karena kita ingin membuat channel baru yang lain maka kita pilih Buat channel baru.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com

4. Untuk membuat channel baru, kamu harus membuat Akun Merek. Nama Akun Merek ini dapat berbeda dengan akun pribadi Anda, misalnya, nama bisnis atau nama lain yang Anda pilih.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com

Silahkan isi Nama Akun Merek dengan nama channel baru yang Anda inginkan, jika sudah selesai klik Buat untuk membuat channel baru.  

5. Tunggu beberapa detik dan Anda telah menambahkan channel ke akun YouTube kamu!
Sampai di sini kamu telah selesai membuat channel atau saluran baru pada akun youtube kamu dan kamu akan langsung di bawa ke layar halaman channel yang baru saja kamu buat.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com

Kamu bisa menambahkan banyak channel dengan mengikuti langkah yang sama seperti di atas, seperti screenshot gambar dibawah ini saya sudah membuat 3 channel pada akun saya.
Buat Channel baru Youtube - www.caratutorial.com

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai apa dan bagaimana cara membuat channel baru di youtube. Semoga tulisan di atas mudah kamu pahami dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

2 komentar untuk "Membuat Saluran (Channel) Baru di YouTube"