Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp

Halo teman-teman, pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengetahui dan melihat siapa saja yang sudah membaca pesan kita di Grup WhatsApp (WA). Pasti menjengkelkan ketika kamu mengirimkan sebuah info penting atau Chat di Group WhatsApp namun tidak ada respon dari anggota yang ada di dalam grup tersebut, padahal kamu berharap ada yang bisa diajak banding untuk suatu yang ingin dibahas namun yang lain lebih memilih untuk diam dan hanya melihat saja.

Nah, pasti kamu kepo apakah pesan kamu sudah dilihat dan dibaca oleh mereka atau belum? Padahal kamu sudah koar-koar di grup tetapi kok tidak ada satupun yang bales pesan kamu? Ini grup sepi banget sih. Terus kamu jadi penasaran.

Bagi kamu yang suka kepo, ternyata pada aplikasi whatsapp terdapat fitur Info Pesan dimana kita bisa melihat loh siapa saja yang susah melihat, membaca serta memutar pesan yang kita kirimkan di grup. Pengen tau caranya? Berikut langkah-langkahnya:

Cara Melihat Info Pesan dan Memeriksa Laporan Dibaca Pada WhatsApp Group

Untuk semua pesan yang Anda kirim di Grup Wa, Anda akan dapat melihat layar Info Pesan, yang menampilkan detail informasi mengenai kapan pesan diterima, dibaca, dan diputar oleh penerima pesan.

1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.

2. Kemudian buka Obrolan Grup atau jika kamu memiliki banyak grup, silahkan pilih grup mana yang ingin kamu kepoin.

3. Setelah kamu masuk pada salah satu grup, sekarang kamu cari pesan yang telah kamu kirim di grup itu, atau kamu coba kirim sebuah pesan ke grup seperti contoh gambar dibawah.
Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp
4. Kemudian tekan dan tahan (tap dan hold) pada bagian chat yang telah kita kirim.
Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp
5. Kemudian klik icon titik tiga di bagian kanan atas layar untuk menampilkan menu Info kemudian tap Info.
Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp
6. Setelah itu akan ditampilkan Info Pesan. Pada layar ini kamu akan melihat info pesan kita sudah Dibaca oleh siapa saja, kemudian bagi yang belum membacanya akan muncul keterangan Ter-sampaikan ke, namun pesan Anda sudah muncul pada notifikasi mereka namun belum dibaca.
Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp

Layar Info Pesan akan menampilkan:


  • Diterima ketika pesan yang Anda kirimkan sudah diterima oleh perangkat penerima, tetapi penerima pesan belum melihat media tersebut.
  • Dibaca atau Dilihat ketika penerima pesan sudah membaca pesan atau melihat gambar, file audio, atau video yang Anda kirimkan. Untuk Pesan Suara, hal ini berarti penerima sudah melihat tetapi belum mendengarkan Pesan Suara Anda.
  • Diputar ketika penerima sudah mendengarkan Pesan Suara Anda.

Catatan: saat seorang peserta meninggalkan grup, layar Info Pesan akan tetap menampilkan informasi awal yang berisi semua peserta, termasuk peserta yang sudah meninggalkan grup.

Saya juga membuatkan tutorial video Nya, silahkan lihat disini:

Video Tutorial Cara Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp


Lihat juga: Cara Membuat Grup WhatsApp Dengan Mudah dan Cepat.

Selesai. Itulah cara mengetahui siapa saja yang sudah membaca pesan kita di Grup WhatsApp. Sangat mudah sekali bukan? Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk "Melihat Siapa Yang Sudah Baca Pesan Kita di Grup WhatsApp"