[FIX] Session ‘app’: Error Installing APK Android Studio Project

Halo para programmer. Hari ini saya mendapat masalah pada Android Studio di laptop Windows 10 milik saya, dimana ketika saya melakukan Run 'app' project aplikasi android yang telah selesai saya buat muncul peringatan error pada event log Session Error while Installing APK. Itu terjadi ketika executing tasks dan setelah Gradle build finished. Jadi Android Studio tidak bisa menginstall dan menjalankan app pada emulator maupun smartphone yang kita gunakan. Hal itu ditunjukkan saat started, installing dan launching.

Jika kamu juga mengalaminya, Anda tidak perlu khawatir karena saya telah menemukan solusinya untuk mengatasi masalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda lihat contoh Error pada Event log seperti ini:

6:36:05 AM Session ‘app’: Error Installing APK

Session ‘app’: Error Installing APK

Dan pada Run app muncul seperti ini:

10/08 16:10:07: Launching app
The APK file C:\Users\Ma’shum Abdullah\ AndroidStudioProjects\Navigasi\app\build\outputs\apk\app-debug.apk does not exist on disk
Error while Installing APK

Error while Installing APK

Masalah ini sungguh sangat membuat saya stres. Semalam suntuk saya mencari solusi untuk mengatasinya, browsing kesana kemari, tanya di forum-forum belum ada yang bisa menjawabnya. Saya kira ini hanya mungkin masalah pada smartphone yang saya gunakan untuk menampilkan hasil programnya. Ternyata tidak, saya utak-atik belum juga bisa memecahkan masalah ini. Saya mencoba untuk menggunakan emulator bawaan android studio ternyata sama saja belum bisa mengatasi masalah ini. Kemudian saya men-download aplikasi Genymotion dan menerapkannya pada android studio, namun hasilnya sama saja.

Akhirnya saya menemukan hal yang janggal pada Android Studio. Ketika membuka menu Tools > Android > SDK Manager dan setelah terbuka tampak ada peringatan tanda seru.
Android SDK location should not contain whitespace, as this can cause problem with NDK tools
Ada yang salah dengan Android SDK Location, disitu ada peringatan seperti ini: "Android SDK location should not contain whitespace, as this can cause problems with the NDK tools."

Jika peringatan diatas di translate ke bahasa indonesia maka hasilnya seperti ini: Lokasi SDK Android harus tidak mengandung spasi, karena hal ini dapat menyebabkan masalah dengan alat NDK.

Disitu dengan jelas menerangkan bahwa lokasi android SDK tidak boleh mengandung atau menggunakan huruf yang ada spasi Nya.

Solusi

Solusinya adalah saya langsung memindah lokasi Android SDK ke folder yang tidak ada nama spasinya dengan membuat folder baru di C:\AndroidSDK. Tutorial ini sudah saya bahas dengan lengkap disini: Cara Mengubah Lokasi SDK Android Studio

Cara Mengubah Lokasi SDK Android Studio

Buka File > Project Structure…
File Project Structure Android Studio
Setelah Project Structure terbuka, sekarang kita bisa mengubah lokasi SDK melalui menu SDK Location dan mengubahnya pada bagian Android SDK Location.

Seperti contoh gambar dibawah saya mengubah lokasinya di folder C:\SDKAndroid\sdk
Android SDK Location
Setelah selesai, sekarang silahkan di cek pada menu Tools > Android > SDK Manager. Maka peringatan Error pada Android SDK Location sudah hilang.
SDK Manager Android Studio

Lihat Juga: Cara Install Paket SDK Android Studio Yang Di Butuhkan

Namun setelah melakukan hal diatas belum juga bisa mengatasi masalah saya. Ternyata lokasi penyimpanan project saya juga bermasalah. Yakni pada saat saya membuat New Project atau aplikasi baru muncul peringatan seperti ini:
Project location should not contain whitespace, as this can cause problems with the NDK tools.

Lihat juga : Cara Membuat Project Baru Aplikasi Android Studio

Ini kasusnya sama dengan lokasi android SDK yang juga tidak boleh mengandung atau menggunakan huruf yang ada spasinya.

Solusi

Solusinya adalah mengganti Project Location ke folder lain yang tanpa ada spasi pada folder tersebut. Contohnya seperti gambar dibawah yang diganti ke D:\AndroidStudioProject
Dan setelah saya mengganti lokasi project, peringatan error yang muncul sudah hilang, seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar diatas.

Setelah selesai membuat ulang project baru dan saya melakukan tes Run 'app' ternyata berhasil dan aplikasi yang saya buat bisa muncul pada emulator Android Studio. Kemudian saya mencobanya pada ponsel yang saya gunakan dan ini mengatasi masalah tersebut.
Hal itu ditunjukkan dengan BUILD SUCCESSFUL dan app berhasil running pada emulator.

Kesimpulan.

Ternyata yang menyebabkan masalah tersebut adalah nama user windows saya menggunakan dua kata yakni Ma’shum Abdullah.
Disitu nama user yang saya gunakan mengandung spasi. Hal itulah yang menjadi inti pokok masalahnya. Karena secara default Android Studio akan menyimpan lokasi SDK dan Project di dalam folder Users Windows kamu.

Jadi solusinya adalah memindahkan lokasi Android SDK dan Project ke folder atau partisi lain yang tidak mengandung spasi seperti yang telah saya jelaskan diatas.

Oh ya, jika kamu belum menginstall Android Studio, kamu bisa melihat panduannya disini: Tutorial Install Android Studio pada Windows Lengkap Dengan Gambar

Jika Anda punya pertanyaan atau masalah yang lain. Silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah. Semoga membantu.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon