Cara Ampuh Agar Akun Google Tidak Bisa di Hack

Gimana ya cara yang paling ampuh untuk mengamankan akun google supaya tidak bisa di hack orang lain? Pertanyaan yang sangat bagus. Menilik betapa pentingnya seseorang untuk memiliki akun google, maka sangat penting juga untuk melindungi akun Anda dari pada hacker. Sungguh sangat menjengkelkan ketika akun kesayangan kita di bobol oleh tangan-tangan jahil yang suka mencuri informasi berharga.

Kenapa saya bilang Akun Google sangat penting bagi Anda? Jelas sekali, sangat penting bagi setiap orang memiliki akun google mereka masing-masing. Kenapa? Lihat saja perkembangan teknologi saat ini, apa-apa semuanya mbah google, bukan hanya email gmail, youtube, android, play store, play game dan masih banyak lagi. Bayangkan semua kebutuhan dan aktifitas online kita semua terhubung dengan Akun Google. Tanpa akun google Anda tidak akan bisa melakukan itu semua, contohnya seperti mengirim pesan email melalui gmail, mendownload aplikasi di Google Play Store, upload video di youtube, main game yang menggunakan akun google play games seperti game Clash of Clans (COC), dan yang paling populer baru-baru ini adalah Pokemon GO itu juga pake akun google plus kalau gak salah. Bukan hanya itu, saat kita membuat atau daftar akun baru di media sosial, pasti kita membutuhkan yang namnya email dan hampir semua pengguna android pasti menggunakan email gmail, contoh saat mendaftar akun baru facebook, bbm, intagram, line dan medsos yang lain, email merupakan hal yang paling penting, tetapi ada yang lebih penting lagi, yaitu Akun Google.

Apa sih akun google itu? Akun Google berfungsi sebagai master info masuk Google yang terdiri atas alamat email dan sandi tunggal. Namanya juga master, master itu ibarantya seperti induk atau inti sari yang mana dengan mengakses akun google, kamu bisa langsung mengakses semua produk google seperti Gmail, Youtube, Google Plus, Blogger, Adsense, Maps, Drive dan layanan google yang lain yang kalian tidak tahu. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi Pusat Bantuan Akun Google.
Saat kalian membeli HP atau tablet baru dengan OS Android, pasti kalian akan langsung disuruh membuat akun google kan? Itu sudah pasti, karena Android adalah miliknya google maka jika kalian ingin menikmati semua fitur yang ada pada Android ya harus punya akun google lah!

Ok deh, melalui penjelasan diatas kalian sudah mengetahui dan mengerti kan betapa pentingnya akun google di era ponsel canggih atau smartphone ini. Maka, sangat penting juga untuk memberikan keamanan lebih bagi akun google milik Anda agar aman dari para mantan eittts... salah dari para hacker maksudnya! hehehe.

Sebelum membahas bagaimana cara mengamankan akun google, kita bahas dulu kira-kira apa sih yang membuat akun Anda bisa di bobol orang? Saya sering tuh mendengar keluhan orang-orang termasuk teman saya sendiri galau mintak ampun saat akunnya tidak bisa diakses lagi, entah itu karena dia lupa nama email atau passwordnya, tapi yang pasti akun teman saya itu benar-benar di bobol orang, kalau tidak salah passwordnya diganti, dan emailnya juga masih login di hp dia. Tapi muncul tuh peringatan bahwa ada yang mengakses akunnya, lalu beberapa saat dia sudah tidak bisa mengkases lagi tuh akunnya, padahal akunnya dipakek buat main COC, alhasil lenyap deh akunnya dicuri orang, padaha udah TH 10, sangat disayangkan teman. Nah maka dari itu lihat beberapa penyebab akun Anda bisa di hack atau dibobol orang.

Penyebab Akun jadi Mudah di Bobol Orang

Berikut adalah perkiraan saya kenapa akun Anda bisa gampang sekali di bobol orang lain.

Menggunakan Tanggal Lahir dan nomor telepon sebagai Sandi.

Ini dia yang paling umum, bahkan paling populer. Mereka tidak mau ambil pusing untuk membuat password dengan tanggal lahir mereka. Memang sih, saat kita menggunakan password itu yang mudah di ingat, tapi jangan pakai tanggal lahir apa lagi pakek nomor telepon. Karena apa? Jika memang ada orang yang berniat ingin membobol akun Anda, pasti yang mereka lihat yang pertama kali adalah Profil Anda, lalu mereka akan mencoba login menggunakan email Anda dan menggunakan tanggal lahir dan nomor telepon Anda. Pengalaman pribadi, hehehe.

Online di Warnet, lalu membuka akun di warnet, tidak di logout, billing langsung di tutup tanpa menutup browser, kemudian langsung cius pulang!

Hemmm, dasar anak jaman sekarang ya? teledornya mintak ampun. Kebanyakan dari mereka yang suka nongkrong di warnet, pasti yang mereka buka pertama, facebook, twitter, browsing, kirim tugas sekolah via email, lalu main game online. Setelah puas, mereka langsung pulang tanpa menutup semua akun yang telah mereka buka. Lalu, saat ada pengunjung warnet yang lain, kemudian menempati komputer yang abis kamu pakai? jreng.. jreng.. Jangan lakukan hal itu lagi deh, kalau ingin akun Anda aman. 

Mudah Tertipu dengan Modus Gems, Diamond GRATIS!!!

Buat kalian yang suka main game online seperti Clash of Clans, Pokemon GO, Get Rich,  jangan gampang percaya dengan modus yang begituan. Padahal sejatinya kalian hanya di iming-imingi Anda akan mendapatkan gems gratis, kemudian kalian disuruh masukin email dan password akun Anda untuk mendapatkan gems. Bodohnya tuh hal kayak gitu masih banyak yang kena, padahal sudah jelas-jelas itu sama dengan Anda mengirimkan email dan password akun Anda kepada si pembuat modus. Hemmm... akunku amblasss berooooooo!!! KAPOK!

Dan penyebab lainnya... (Anda bisa menambahkan melalui komentar dibawah).

Lalu bagaimana mengamankan akun kita supaya aman dari para hacker? Mudah sekali. Google telah menyediakan fitur untuk mengatasi hal ini. Yakni dengan menggunakan fitur Verifikasi 2 langkah.

Verifikasi 2 langkah adalah solusi untuk menambahkan lapisan keamanan ekstra ke akun Anda. Jadi saat Anda login ke akun dengan email dan password, Anda tidak langsung masuk, tetapi ada verifikasi lagi menggunakan kode yang dikirimkan ke nomor telepon ponsel Anda. Berikut cara untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah agar akun aman dari hancker.

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah: Agar Akun Google Tidak Bisa di Hack

1. Login ke akun google milik Anda disini

2. Kemdian Anda akan melihat tampilan awal halaman Google Akun. Pilih menu "Masuk & Keamanan".

3. Di halaman Masuk dan keamanan, gulir ke bawah untuk menemukan kotak menu pada bagian "Sandi & metode masuk", lalu klik pada "Verifikasi 2 langkah" yang masih berstatus Nonaktif.

4. Kemudian halaman verifikasi 2 langkah akan terbuka, Klik tombol MULAI untuk memulai mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah.

5. Kemudian mari menyiapkan ponsel Anda. Ini adalah langkah pertama untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah. Masukkan nomor telepon yang Anda gunakan sebagai nomor untuk melakukan verifikasi setiap Anda login ke akun Anda. Google akan mengirimkan kode verifikasi kepada nomor Anda. Jangan gunakan sembarang nomor ya. Karena, jika nomor Anda hilang atau tidak aktif, maka susah untuk mengembalikannya.

Pada langkah ini terdapat dua mode untuk pengiriman kode Anda, yakni melalui mode SMS dan Panggilan telepon, silahkan pilih mode yang Anda inginkan, biasanya saya sendiri menggunakan mode SMS. 

Setelah selesai menyiapkan ponsel, klik pada "COBALAH".

6. Kemudian nomor kode verifikasi akan dikirim ke ponsel Anda. Buka pesan dari google dan lihat kode yang dikirimkan seperti gambar dibawah ini.

7. Kemudian kita masuk pada langkah kedua untuk masukkan kode verifikasi untuk mengkonfirmasi bawha nomor masih aktif. Setelah memasukkan kode, klik SELANJUTNYA untuk menuju langkah berikutnya.

8. Kemudian kita masuk pada langkah 3, yakni pemberitahuan bahwa Anda berhasil mencoba melakukan verifikasi 2 langkah. Lalu google akan merujuk Andua untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah. Setelah melihat cara kerjanya, apakah Anda ingin mengaktifkan Verifikasi 2 langkah untuk akun google email Anda?

Karena disini kita ingin mengaktifkan akun kita dari para hacker maka kita pilih AKTIFKAN.

9. Setelah kita mengaktifkan Verifikasi 2 langkahm maka akan muncul pemberitahuan bahwa Verifikasi 2 langkah AKTIF sejak tanggal pengaktifan Anda.

10. Jika Anda ingin menonaktifkannya suatu saat, maka Anda tinggal klik NONAKTIFKAN pada tombol disamping tanggal pengaktifan.

Nah, itulah cara mengaktifkan Verifikasi 2 langkah untuk melindungi akun Anda supada tidak bisa dibobol orang lain. Jadi, meskipun seseorang selain Anda memiliki email dan password Anda, mereka tetap tidak akan bisa masuk ke akun Anda. Karena, email dan sandi saja tidak cukup untuk dapat masuk ke akun Anda, masih ada lagi tahap untuk melakukan verifikasi melalui kode sms yang dikirim ke nomor ponsel Anda. Dengan begini akun Anda menjadi aman dan bahkan sangat aman dari para hacker. Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada pertanyaan, tanyakan melalui komentar dibawah.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon