Cara Menggunakan Android Device Manager Lengkap dan Mudah

Halo teman, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menggunakan Android Device Manager serta tutorial mengaktifkan atau menonaktifkannya. Apakah ini penting? Ya.. ini sangat penting sekali kawan, karena fitur ini adalah aplikasi terbaru google yang bisa kita gunakan sebagai pengelola perangkat android Anda. Fitur apa saja yang ada didalamnya? Yakni, fitur untuk melacak smartphone Android yang hilang atau yang lebih buruk adalah dicuri orang, menderingkan perangkat dari jarak jauh, menghapus data Anda dari jarak jauh, melindungi ketika smartphone di factory reset dengan paksa, dan bahkan dapat mengunci smartphone dari jarak jauh agar tidak dapat digunakan oleh pencuri.

Pepatah mengatakan "Sedia payung sebelum hujan", itu adalah kata-kata yang memiliki makna sangat mendalam, yakni berjaga-jaga sebelum datangnya suatu musibah atau bencana. Jadi pada konsep pembahasan kali ini adalah melindungi atau mengamankan smartphone atau tablet android dari tindakan yang merugikan Anda, contohnya seperti kehilangan ponsel, lupa menaruh ponsel Anda, atau bahkan ponsel Anda di curi orang jahat. Intinya adalah untuk mengendalikan atau remot perangkat Android kamu dari jarak jauh jika sewaktu-waktu hilang. Jadi kita harus berjaga-jaga sebelum smartphone atau tablet kesayangan Anda hilang dari genggaman Anda.

Lalu bagaimana cara untuk berjaga-jaga agar supaya smartphone Android tidak hilang atau dicuri? Ya tentunya Anda harus menjaganya dengan benar, jangan sampai handphone kesayangan Anda hilang karena keteledoran Anda. Sayangi smartphone layaknya Anda mencintai pacar Anda, jaman sekarang tuh yang bisa nemenin dan selalu ada saat kita lagi galau atau bahkan bosan itu pasti smartphone yang bisa menghibur Anda, maka dari itu jangan sampai Anda kehilangan smartphone Anda.

Meski begitu, ada aja masalah yang menimpa, sering sekali saya mendapati teman saya menangis karena kehilangan ponselnya, katanya ponsel tersebut telah dicuri orang, ada juga yang ketinggalan saat makan di restoran. Jadi, sebelum hal buruk menimpa ponsel Anda, alangkah baiknya bila Anda melakukan langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan android device manager agar jika nanti Anda kehilangan ponsel Anda bisa diatasi dengan fitur ini.

Cara Menggunakan Android Device Manager

Cara Menggunakan Android Device Manager

Jika perangkat Android Anda hilang, Anda dapat menggunakan Android Device Manager untuk:
  • Menemukan HP Android yang hilang dengan cara menunjukkan lokasi perangkat Anda.
  • Menderingkan atau mengunci perangkat dari jarak jauh.
  • Menghapus semua yang ada di dalamnya.
  • Menambahkan nomor telepon ke layar kunci.
Agar dapat menggunakannya, Pastikan Anda sudah masuk ke Akun Google di smartphone Anda jika ingin menggunakan Android Device Manager. 

Catatan: Untuk menggunakan Android Device Manager, Anda harus mengaktifkan akses lokasi. Jika Anda telah menonaktifkannya, berikut cara mengaktifkannya kembali:
  1. Buka Setting di perangkat Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Location.
  3. Di bagian atas, ketuk Off untuk beralih ke On.
mengaktifkan lokasi smartphone android

Jika sudah, berikut cara menggunakannya:

1. Buka "Google Settings" pada menu pengaturan ponsel Anda dengan cara gulir ke bawah dan ketuk Google.
Google Settings
2. Setelah itu Ketuk Security.
Security Google Settings
3. Di bagian "Android Device Manager", alihkan Remotely locate this device dan Allow remote and erase ke posisi aktif atau nonaktif. 
Enable Remotely locate this device and allow remote lock and erase
4. Setelah mengaktifkannya, pastikan bahwa Android Device Manager befungsi dengan baik. Masuk ke Akun Google di laman berikut: android.com/devicemanager dan pastikan bahwa perangkat Anda ditampilkan.
Android Device Manager telah menemukan lokasi ponsel Anda

Setelah masuk kehalaman Android Device Manager, akan di tampilkan tipe dan merek ponsel yang Anda gunakan. Disini Anda juga melihat Android Device Manager akan menghubungi perangkat Anda. Setelah selesai, maka akan menemukan lokasi Anda dan ditampilkan Kabar lokasi terakhir pukul sekian dan Terakhir online pada tanggal sekian.

Pada bagian bawah terdapat tiga menu opsi yang bisa Anda gunakan untuk menderingkan perangkat, mengunci perangkat dan menghapus semua data pada perangkat Anda.

Sebagai uji coba mari kita mencoba deringkan ponsel dengan mengetuk tombol Deringkan. Jika muncul pertanyaan Deringkan perangkat? maka klik saja tombol Deringkan.
Deringkan perangkat Anda

Maka ponsel Anda akan berdering dengan mengeluarkan bunyi nada seperti pada saat Anda menerima panggilan telepon. Pada pemberitahuan saat lockscreen akan muncul pesan dari Android Device Manager dengan tulisan "Ringing...".
Android Device Manager Ringing...

Nah, sampai disini Anda telah berhasil mengaktifkan Android Device Manager sebagai solusi untuk mengatasi handphone hilang atau di curi. Dengan begini kamu bisa mengunci hp dari jarak jauh, bahkan menghapus semua data yang ada di ponsel yang hilang atau dicuri. Jadi tidak perlu Khawatir jika Anda kehilangan ponsel Anda. Pada tulisan selanjutnya akan saya bahas bagaimana cara melacak atau mengetahui lokasi HP yang hilang atau dicuri orang dengan menggunakan Android Device Manager. Sekian tulisan kali ini, semoga bisa menjadi wawasan yang bermanfaat untuk Anda.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon