Kuota Internet Cepat Habis? Ini dia Cara Menghemat Paket Data Seluler

Kuota paket data internetku kok cepat habis ya sob? padahal saya tidak menggunakannya secara berlebihan, jangankan untuk download atau streaming video di youtube, paling pemakain kuota data seluler cuma saya gunakan untuk chatting di bbm, facebook, instgram, line dan sosmed yang lain. Pertanyaan seperti ini memang sering dipertanyakan oleh banyak orang yang menggunakan smartphone baik itu di Android maupun iOS. Lalu bagaimana sih cara mengatasi kuota yang cepat abis? Jika memang demikian, Anda harus melakukan beberapa setelan pada perangkat Anda untuk menghemat kuota paketan Anda.

Semenjak kemunculan ponsel canggih, pengguna internet setiap harinya semakin bertambah dan terus meningkat. Baik itu yang hanya menggunakan media sosial, browsing, bermain game online maupun yang streaming video dan download. Ini memang fakta, bahwa kita sudah tidak bisa lepas dari internet, setiap hari kita semua pasti mengakses internet.
cara menghemat kuota agar tidak boros

Penyebab Kuota Paket Data Internet Cepat Habis atau Boros

Ngaku aja deh, kalau kemana saja kita pasti selalu terhubung dengan internet. Bahkan ada juga loh teman saya itu yang kemanapun dia pergi, tangannya itu tidak bisa lepas dari ponselnya. Bahkan ke toiletpun dia masih memegang hp, saya yakin kalian juga pasti seperti itu. Tidak heran jika kuota data Anda cepat habis, tetapi jika habisnya kuota karena kita gunakan untuk aktifitas online itu sudah menjadi hal yang biasa. Sekarang Ada masalah lain, yaitu kuota internet cepat habis, padahal saya tidak memakainya untuk aktifitas online yang boros kuota contohnya seperti download, menonton video online youtube, dan aktifitas yang memakan kuota data seluler yang lainnya. Ini memang sering terjadi kawan, saya juga pernah mengalaminya, pasti kita kaget loh kok kuotaku tinggal segini?

Ternyata setelah saya cari tahu, ada beberapa pengaturan di hanphone kita yang membuat kuota kita tersedot abis tanpa sepengetahuan kita. Contohnya seperti pengaturan update alikasi otomatis secara default memang android sudah mengatur untuk meng-enable atau mengaktifkan setelan ini. Pantas saja kuota saya cepat habis, boros banget. Dan parahnya lagi kalau sudah tersedot itu tidak pandang kita menggunakan jaringan wi-fi maupun paket data. Nah, maka dari itu, saya akan memberikan beberapa cara untuk menghemat kuota paket data internet Anda agar tidak boros.

CARA MENGHEMAT KUOTA PAKET DATA INTERNET

Ada beberapa cara yang saya gunakan untuk menghemat kuota internet, Anda bisa mencoba untuk menerapkan beberapa tips ini agar kuota Anda bisa hemat dan tidak cepat habis.


Setel Batas Data Seluler untuk Membatasi Penggunaan Data

Membatasi penggunaan data

Ini sangat penting dilakukan, kebanyakan orang termasuk saya sering tidak sadar jika kita telah menggunakan internet secara berlebihan. Dengan mengatur untuk membatasi penggunaan data, ponsel akan menonaktifkan data seluler saat mencapai batas yang Anda setel. 

Batasi Data Latar Belakang

batasi data latar belakang
Android memiliki fitur untuk membatasi pemakaian di latar belakang (background) oleh aplikasi, yakni Restrict Background Data yang terletak dalam menu Setelan > Penggunaan data. Jika Anda mengaktifkan fitur ini, beberapa aplikasi dan layanan tidak akan bekerja kecuali Anda tersambung ke Wi-fi.

Aktifkan fitur Penghemat Data untuk Browsing

Opsi penghemat data chrome
Jika kamu menggunakan browser chrome, kamu bisa menghemat kuota paket data dengan mengaktifkan fitur ini melalui menu setelan chrome. Fitur ini akan mengompres data kamu hingga 50% untuk mengurangi pemakaian data di HP Android kamu.

Nonaktifkan Sinkronisasi Data Otomatis 

mematikan sinkronisasi data secara otomatis
Tidak semua layanan dipakai oleh pengguna, maka dari itu, opsi sinkronisasi untuk layanan yang tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja. Memang, aktivitas sinkronisasi ini tak memakan terlalu banyak data. Namun, mematikan sync layanan yang tidak dipakai bisa membantu menghemat pemakaian kuota secara keseluruhan.


Mengatur Perbarui Aplikasi Secara Otomatis hanya melalui Wi-fi

menonaktifkan update otomatis aplikasi android
Aplikasi yang kita download melalui Google Play Store, akan meng-update secara otomatis semua aplikasi yang terinstal di hp Anda. Update ini juga akan memakan kuota yang sangat besar, hal ini tentu saja akan membuat boros kuota. Karena itu, kamu bisa aktifkan opsi Wi-fi only. Aplikasi akan meng-update datanya hanya pada saat HP kamu terkoneksi dengan WiFi.

Matikan Data Seluler saat Ponsel tidak digunakan

Setiap ponsel terhubung dengan internet, akan menghabiskan kuota sekitar 10% sampau 20%. Maka dari itu agar kuota hemat dan tidak cepat habis, kita matikan saja data seluler saat ponsel tidak digunakan, jika perlu matikan saja, contohnya saat kita akan tidur atau saat perjalanan yang jauh.

Dengan menerapkan beberapa tips diatas, semoga bisa membantu Anda agar kuota data seluler Anda tidak cepat habis atau boros. Jika Anda memiliki pertanyaan atau tips lain yang berhubungan dengan cara menghemat kuota internet, silahkan share melalui kolom komentar dibawah.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon