Cara Mematikan Pembaruan Aplikasi Secara Otomatis di Android

Bagaimana cara mematikan atau menon-aktifkan fitur auto update aplikasi pada ponsel android? Gara-gara pembaruan aplikasi dan game secara otomatis nih, kuota saya terkuras habis. Pasti kalian pernah merasakan hal seperti ini. Sungguh sangat menjengkelkan ketika kuota paket internet data seluler sedang menipis tiba-tiba tersedot habis oleh fitur auto update aplikasi tanpa sepengetahuan kita.

Secara default, android akan mengaktifkan setelan yang memungkinkan perangkat melakukan pembaruan otomatis, semua aplikasi dan game yang kita unduh melalui Google Play Store akan diperbarui secara otomatis. Tidak perduli berapa MB ukuran aplikasi dan game, bahkan parahnya lagi itu tidak pandang kita sedang mengunakan jaringan Wi-fi atau paket internet data seluler.

Tidak hanya membuat kuota cepat habis, fitur ini juga menjadikan smartphone android kita menjadi sangat lambat atau lemot, hal itu dikarenakan proses download dan install aplikasi yang banyak, jika kita sedang asyik bermain game online atau bahkan sedang melakukan obrolan dengan teman atau pacar tiba-tiba handphone kita menjadi panas dan membuat baterai cepat habis.

Melihat penjelasan diatas, sangat penting bagi pengguna smartphone untuk mematikan fitur auto update ini. Memang sebetulnya memperbarui semua aplikasi dan game yang terpasang di ponsel kita itu sebenarnya sangat dianjurkan, agar kita selalui mendapatkan fitur terbaru serta kinerja aplikasi dan game menjadi lebih baik melalui pembaruan yang tersedia. Tetapi perlu dicatat, yaitu kita hanya perlu melakukan pembaruan hanya pada saat perangkat terhubung dengan jaringan wi-fi saja. Dengan begitu tidak menjadi masalah bagi kita. Nah untuk melakukannya kita perlu menghentikan pembaruan aplikasi secara otomatis dan merubahnya ke pengaturan untuk diperbarui hanya pada jaringan wifi saja. Berikut solusi mengatasi update aplikasi secara otomatis di Google Play Store android yang membuat boros kuota data seluler.

Cara mematikan fitur Auto Update Aplikasi di Android

Perlu diperhatikan, pada tutorial ini saya menggunakan smartphone dengan android marsmallow versi 6.0, tutorial ini mungkin sama dengan android lolipop, namun pada versi kebawahnya mungkin ada sedikit perbedaan tampilan, namun semua pengaturan tetap sama saja. 

1. Pastikan smartphone atau tablet Anda sudah terhubung ke jaringan internet. Kemudian buka aplikasi Google Play Store.

2. Setelah Google Play Store terbuka, buka menu yang terletak pada pojok kiri atas play store. Setelah anda melakukkan tap, maka akan muncul daftar menu. Ada banyak menu pilihan, gulir kebawah dan pilih Setelan.
Setelan Google Play Store
3. Pada menu setelan umum, lakukan tap pada "Perbarui aplikasi secara otomatis".
Menu perbarui aplikasi secara otomatis
4. Setelah itu muncul 3 pilihan yang tersedia, yakni "Jangan perbarui secara otomatis" untuk tidak melakukkan update secara otomatis, "Perbarui kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data" untuk selalu melakukkan update aplikasi saat ada aplikasi versi terbaru dan tanpa memandang paket data yang digunakan, serta "Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-fi" untuk melakukkan update aplikasi hanya saat perangkat android terhubung dengan jaringan WiFi. Lihat gambar dibawah.
Opsi perbarui aplikasi secara otomatis
Karena disini kita membahas tentang mematikan pembaruan aplikasi secara otomatis, maka pilih opsi yang pertama.
Opsi Jangan perbarui aplikasi secara otomatis
Setelah Anda memilih opsi tersebut, maka di bawah opsi Auto-Update Apps akan terdapat tulisan Jangan pernah perbarui aplikasi secara otomatis yang menunjukkan bahwa opsi tersebut telah aktif.
Jangan perbarui aplikasi secara otomatis
5. Dari sini kita sudah berhasil menonaktifkan update aplikasi otomatis di Google Play Store. Namun Anda juga bisa memberikan pengaturan auto-update pada aplikasi tertentu, caranya adalah dengan membuka aplikasi yang ingin anda enable/disable auto updatenya kemudian beri centang pada Perbarui otomatis atau klik pada pojok kanan atas. Sebagai contoh saya memilih hanya aplikasi instagram yang saya perbolehkan untuk diperbarui secara otomatis. Lihat gambar dibawah.
Memperbrui aplikasi tertentu secara otomatis
Dengan begitu, maka hanya aplikasi instagram yang secara otomatis melakukan pembaruan disaat terdapat pembaruan, sedangkan aplikasi yang lainnya tidak akan melakukan pembaruan otomatis.

Lihat Juga : Cara Menghemat Kuota Paket Internet Agar Tidak Boros

Dengan melakukan beberapa langkah pada tutorial diatas, maka kita telah berhasil mematikan update otomatis aplikasi di google play store android. Sangat mudah bukan? Meskipun mudah, namun nyatanya masih banyak tuh yang mengeluh kuotaku kok cepat habis ya sob, gara-gara auto update nih, yang menyedot kuotaku jadi amblas. Padahal ada caranya supaya gak meng-update otomatis.

Dari beberapa opsi tersebut, Anda bisa memilih yang opsi manapun yang Anda mau. Saya pribadi lebih memilih opsi auto-update yang ketiga yaitu pembaruan otomatis hanya pada saat hp saya terhubung dengan jaringan Wi-fi. Semoga tutorial diatas bisa mengatasi masalah anda yang sering kehabisan kuota karena update otomatis ini, jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui komentar dibawah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon