Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi USB Android Tidak Terbaca di Komputer / Laptop

Bagaimana sih cara mengatasi USB Android yang tidak terdeteksi dan terbaca di komputer atau laptop saya? Padahal kabel data sudah terhubung tetapi tidak muncul di laptop. Masalah ini terjadi ketika kita ingin mengisi lagu, kirim gambar, maupun mengirim file apapun dari PC ke ponsel atau tablet kita.

Ada beberapa penyebab yang menjadikan smartphone android tidak terbaca di laptop Anda. Entah itu karena kondisi kabel data USB yang sudah rusak, salah pengaturan, atau bahkan driver komputer Anda tidak kompatibel dengan usb ponsel Anda. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut cara mengatasi USB Android tidak terbaca atau error pada komputer atau laptop.
Cara Mengatasi USB Android Tidak Terbaca di Komputer / Laptop

Cara Mengatasi USB HP Android Tidak Terdeteksi Di Komputer

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ponsel android tidak terdeteksi atau terbaca saat menyambungkannya ke laptop atau komputer Anda. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pastikan USB Anda Tidak Rusak

Yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah memastikan bahwa kabel USB yang Anda gunakan masih bisa berfungsi dengan baik. Untuk melihat apakah kabel usb tidak rusak dan masih bisa dipakai, silahkan hubungkan ponsel ke pc, lihat apakah muncul pemberitahuan atau notifikasi di ponsel Anda, jika tidak berarti kabel anda rusak atau tidak cocok dengan ponsel Anda, biasanya kabel usb seperti ini hanya bisa digunakan untuk charging atau hanya mengisi daya saja dan tidak dapat digunakan untuk transfer file. Pastikan untuk menggunakan kabel original (asli) bawaan ponsel Anda. Jika kabelnya sudah rusak atau hilang, Anda bisa membelinya atau meminjam kabel sub milik teman yang merek hp nya sama dengan punyamu.

Pastikan Driver USB pada Komputer Anda Sudah Terinstall

Untuk melihat apakah driver USB pada komputer Anda sudah di install, silahkan cek melalui Device manager di windows. Caranya klik Start » Klik kanan pada Computer » Properties » Device Manager. Maka akan tampil layar Device manager di komputer Anda, silahkan lihat pada Universal Serial Bus controllers apakah driver sudah terinstall dengan benar seperti pada gambar dibawah ini.
Device Manager Driver USB Windows

Instal Android USB Device Drivers Untuk Semua Merek Ponsel

Bila dirasa kabel USB tidak rusak dan masih bisa bekerja dengan baik serta driver usb laptop tidak ada yang bermasalah, bisa jadi masalah yang menyebabkan usb android tidak terdeteksi karena driver android yang tidak kompatibel dengan windows. Ini bisa di atasi dengan menggunakan menginstall USB Device Drivers, parti perangkat kalian berbeda-beda, ada yang merek samsung galaxy, HTC, motorola, google nexus, lg, sony dan yang lainnya. Untuk mendownload-nya kalian bisa download disini.

Mengatur Android ke Mode File Transfer (MTP)

Ini yang paling sering di lupakan oleh para pengguna smartphone. Saat kita menghubungkan perangkan android ke komputer akan di setting ke mode USB digunakan sebagai Charging, jadi ponsel yang sudah tersambung hanya sebagai pengisi daya saja, tidak bisa digunakan untuk mengirim file dari komputer ke ponsel android. 

Untuk mengatasinya sangat mudah sekali, Anda hanya perlu mengganti pada pengaturan ponsel Anda ke mode File Transfer atau Perangkat Media (MTP). Berikut caranya:
  1. Hubungkan ponsel ke PC.
  2. Setelah terdeteksi, biasanya akan muncul pemberitahuan USB for Charging pada status bar android kamu. Sentuh notifikasi tersebut untuk mengubahnya. Atau bisa juga melalui menu Settings » Storage & USB.
  3. Kemudian pilih File Transfers. (lihat pada gambar dibawah ini)
Setting File Transfers MTP Android

Selesai! Sekarang kita coba cek di komputer windows apakah sudah terdeteksi apa belum. Klik Start » Computer lihat pada bagian Portable Devices, maka ponsel Anda sudah terbaca di komputer Anda. Kini kamu sudah bisa mengirim file dari komputer ke ponsel Android Anda.
Portabel Devices Windows android sudah terdeteksi

Selamat! itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah sambungan USB yang tidak terdeteksi atau terbaca di komputer. Semoga dengan mengikuti langkah di atas bisa membantu masalah Anda. Jika kalian punya pertanyaan atau pengalaman lain seputar masalah ini, share ya di kolom komentar!

17 komentar untuk "Cara Mengatasi USB Android Tidak Terbaca di Komputer / Laptop"

  1. Sukses terpecahkan sudah Masalah sya. Thanks gan

    BalasHapus
  2. thx u banyak gan sudah terpecahkan :D x-)

    BalasHapus
  3. Sudah dicoba gan dengan cara MTP tapi belum ke detek juga gmna nih?jadi ga bisa nyalin file.

    BalasHapus
  4. Kalau ga muncul pemberitahuan usb di status bar gimana? Tapi klo charger masuk..

    BalasHapus
  5. Kalo udah dicolokin usb nya dan gak keluar mtp tpi hp saya bsa tercas dri komputernya

    BalasHapus
  6. kalo dulu usb nya kan bisa di gunain ke pc, tapi sekarang jadi nggk bisa, bisanya cuman isi daya aja
    itu gmna y ?

    BalasHapus
  7. Gimana kalo tersambung tapi dianya jadi media camera gitu.. jadi cuma bisa transfer foto aja, gak mau untuk transfer file atau lagu.. 😢 tolong jawab ke e-mail fifahafifah2000@gmail.com

    BalasHapus
  8. Gimana kalo tersambung tapi dia cuma bisa transfer foto aja untuk video, doc, sama lagu gak bisa..
    Dia tersambungnya sebagai camera digital gitu.. mohon dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab, usb driver nya di install dulu biar MTP nya kebaca sis

      Hapus
  9. udah di colokin tapi gk keluar pilihan untuk mtp.nya gimana dong...?

    BalasHapus
  10. Untuk driver ponsel merk oppo kok gada ya gan

    BalasHapus
  11. udh download driver tp ga masuk malahan ga kedeteksi d pc

    BalasHapus
  12. Android ga muncul di pc. Cuma bisa charge hp aja. Mtp nya juga ga muncul. Di device manager nya ga ad kolom portable device . Bantu jwb donk

    BalasHapus
  13. kalo pernah kena air minum dikit gmn ya?hp sy samsung galaxy grand prime. Bag bawah kmtin krna air tp lncar jaya buat ngecas..sudah sy keringkan juga.

    BalasHapus
  14. Info lama tapi baru membaca dan mencoba sekarang...dan sukses. Kabel usb ternyata sumber masalahnya setelah dicoba kabel usb lainnya. Thank's om

    BalasHapus