Tutorial: Reset Android ke Pengaturan Pabrik Seperti Baru

Halo, pada tulisan ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengatur ulang (reset) hp android kembali ke pengaturan awal (default) agar supaya kembali lagi seperti baru beli. Banyak alasan kenapa orang ingin mengembalikan hp smartphone atau tablet android mereka kembali kepengaturan pabrik, diantaranya adalah ingin menjual ponselnya ke orang lain atau bahkan mereka merasa ponsel mereka lemot, tidak bekerja dengan baik, baterai cepat habis atau boros, kinerja perangkat kurang sempurna, dan lain-lain.

Sebagian besar pengguna setelah menggunakan ponsel mereka selama beberapa waktu mengeluh bahwa perangkat mereka berhenti bekerja dengan benar, bahkan ada juga yang tiba-tiba secara otomatis restart. Sejauh ini, hal ini terjadi karena tidak peduli saat menggunakan aplikasi atau tidak dihilangkan dengan benar. Akhirnya, hal itu menyebabkan bug (gangguan).

Jika Anda ingin perangkat handphone Android Anda kembali seperti baru lagi atau ketika Anda membelinya untuk pertama kalinya, ikuti langkah-langkah dibawah untuk melakukan reset pabrik (mengembalikan ke pengaturan default pabrik) atau hard reset hal ini berguna ketika Anda tidak bisa masuk sistem.
cara reset android ke setelan pabrik

Catatan : Sebelum Anda mengembalikan pengaturan default pabrik di perangkat Android; Saya menyarankan Anda agar membuat backup untuk data pribadi Anda, contohnya seperti kontak, foto dan video yang berada di penyimpanan internal, backup semua data ke memory card atau ke komputer Anda lebih baik.

Bagaimana Cara Reset Android Agar Kembali Seperti Baru Lagi?

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk me-reset ulang hp android kembali ke pengaturan pabrik, yaitu dengan menggunakan soft reset yang terdapat pada menu pengaturan Anda, dan hard reset yang melalui recovery mode.

Cara 1: Soft Reset Android.

1. Buka menu Setelan di ponsel Anda dan pilih "Buat cadangan & setel ulang". Jika bahasa ponsel kamu menggunakan english, maka pilih "Backup & Reset". 
buat cadangan dan setel ulang

2. Kemudian pilih "Kembalikan ke setelan pabrik". ini akan menghapus data pribadi, semua akun, aplikasi data aplikasi dan pengaturan sistem pada perangkat Anda.
kembalikan ke setelan pabrik

3. Jika Anda ingin menghapus isi pribadi Anda, silahkan centang pada "Hapus isi yang tersimpan". Ini akan menghapus musik, foto, video, dan data pengguna yang lainnya yang tersimpan dalam perangkat Anda. Setelah selesai, tap pada "SETEL ULANG TELEPON".
setel ulang telepon

Kemudian ponsel Anda akan melakukan proses untuk mengembalikan ke pengaturan pabrik, tunggu hingga selesai. Dan setelah selesai, maka ponsel Anda akan kembali seperti baru lagi. Anda tidak perlu khawatir tentang kehilangan data pada kartu SD Anda, karena hal ini tetap utuh.

Cara 2: Hard Reset Android

Untuk cara yang ke dua adalah me-reset android melalui hard reset yaitu dengan cara masuk ke recovery mode. Dalam kasus ini saya menggunakan ponsel samsung galaxy. Cara masuk ke recovery mode mungkin pada merek lain akan berbeda. Anda bisa browsing dengan kata kunci "cara masuk ke recovery mode pada ponsel ...." pada pencarian google.
recovery mode android samsung galaxy

Ok mari kita mulai,
  1. Matikan perangkat Anda (tidak memberikan restart). 
  2. Pastikan Anda terhubung ke listrik atau setidaknya memiliki 80% baterai. 
  3. Untuk masuk ke recovery mode pada hp samsung, silahkan tekan tombol Volume Up + Home + Power secara bersamaan. 
  4. Setelah Anda melakukannya, Anda akan muncul menu dengan beberapa pilihan, gunakan tombol volume up dan down untuk mencari dan pilih Wipe data / Factory Reset dan siap dalam beberapa menit akan mulai menghapus semua informasi dan membuat smartphone kembali seperti ketika Anda pertama kali membelinya.
Setelah proses ini selesai, perangkat akan memuat beberapa yang diperlukan. Tunggu hingga muncul logo yang mengambil beberapa menit dan setelah Anda mengubah meminta Anda untuk memasukkan nama Anda dan mengkonfigurasi akses internet.

Sekian, itulah tutorial mengenai cara mengembalikan Android kembali ke pengaturan pabrik atau reset ulang android agar kembali seperti baru lagi. Silahkan pilih kedua cara diatas, biasanya saya menggunakan cara ke 2, karena lebih cepat prosesnya dan dijamin pasti benar-benar bersih. Semoga tutorial ini bermanfaat dan mohon dishare kepada teman atau keluarga Anda melalui facebook, twitter dan google plus. Jika Ada pertanyaan, silahkan tanyakan melalui kolom komentar dibawah.

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon