Cara Mudah Mematikan Automatic Update di Windows 10

How To Disable Automatic Update Windows 10 - Fitur Automatic Update pada Windows 10 secara default akan di aktifkan dan komputer Anda akan selalu mendapatkan pembaruan dan fitur terbaik. Dengan adanya fitur pembaruan secara otomatis, Anda tidak perlu mencari update online. Namun sayangnya pada versi terbaru dari Windows 10 tidak menyediakan fitur untuk menonaktifkan atau mematikan update Windows secara otomatis.

Fitur auto update pada windows akan secara langsung menginstal update penting yang telah tersedia. Namun beberapa pengguna tidak menginginkan update otomatis karena akan mengambil sistem dan sumber daya jaringan yang besar ketika melakukan pekerjaan ini.

Apa lagi jika kamu menggunakan koneksi internet dari hotspot Android kamu, wah bisa amblas kuota kamu. Habis semua kuota paket data internet karena tersedot untuk men-download file update yang tersedia.

Pada Windows 8.1 dan versi sebelumnya, Microsoft memungkinkan pengguna untuk mematikan update otomatis sepenuhnya. Sayangnya di Windows 10, Microsoft tidak menawarkan pilihan apapun untuk konsumen umum untuk dapat mematikan update otomatis dalam Windows 10.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan automatic update. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menonaktifkan auto update pada windows 10.
Disable Automatic Update Windows 10

Cara Mematikan Automatic Update Windows 10 (Demi Menghemat Kuota Internet)

Sebenarnya menonaktifkan atau disable automatic update windows tidak di rekomendasikan bagi Anda yang memiliki kuota internet melimpah, karena update dari Microsoft cukup penting (kadang perbaikan bugs, peningkatan fungsionalitas fitur, atau patch security). Tetapi bagi kamu yang kuota internetnya sedikit, boleh mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara #1 Mematikan Services Windows Update

Langkah 1) Ketik services.msc di kotak Search atau Cortana dan membukanya
Services Windows 10
Langkah 2) Cari Windows Update dalam daftar layanan. Setelah ketemu, Klik Kanan kemudian pilih Properties.
Services (Local) Windows 10
Langkah 3) Dalam Windows Update Window Properties, lihat pada Service status > klik pada tombol Stop, maka statusnya akan menjadi "Stopped".

Setelah itu lihat pada Startup type > pilih Disabled di daftar kotak.
Windows Update Properties (Local Computer)
Langkah 4) Setelah selesai, Klik Apply dan Ok.

Jika Anda ingin kembali perubahan Anda, ikuti langkah-langkah yang sama lagi, namun bukan memilih 'Disabled', tetapi pilih 'Automatic' di jendela Windows Update Properties dan menerapkannya pada Windows 10 di laptop atau komputer kamu.


Cara #2 Menggunakan Group Policy Editor

Fitur ini tidak akan bekerja di edisi Windows 10 Home karena tidak memiliki Group Policy Editor. Untuk membuka Group Policy Editor, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah 1) Buka perintah Run (Win Key + R) dan ketik gpedit.msc dan tekan enter.
Run Windows 10
Langkah 2) Buka editor dan arahkan ke Computer Configuration -> Administrative Templates -> Windows Components -> Windows Update.

Klik dua kali pada pilihan "Configure Automatic Updates".
Local Group Policy Editor Windows 10

Langkah 3) Setelah itu pilih opsi Enabled dan ubah automatic updating configuration ke Notify for download and notify for install. Setelah selesai, klik OK dan Apply
Configure Automatic Updates Windows 10
Dengan begitu jika ada update yang dirilis, Windows 10 tidak akan langsung download, melainkan akan memberi notifikasi terlebih dahulu.

Selesai! Mulai sekarang proses Update Otomatis pada Windows 10 di komputer, laptop atau notebook kamu tidak akan berjalan yang berarti Anda tidak akan pernah mendapatkan update baru dari Microsoft. Sebaiknya gunakan solusi ini hanya ketika Anda benar-benar ingin menonaktifkan Windows 10 update otomatis.

Lihat juga : Cara Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 10 / 8 / 8.1

Itulah cara mematikan update otomatis pada windows 10, jika kamu memiliki pengalaman lain yang lebih berguna, mohon di share di kolom komentar.

Semoga bermanfaat...

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon