Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Tabel Microsoft Word (Menambah & Menghapus Baris Kolom)

Pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat atau menyisipkan tabel ke dalam dokumen kerja Microsoft Word. Setelah kemarin kita belajar bagaimana cara membuat dan menyimpan dokumen baru di Microsoft word sekarang kita akan beranjak lebih maju untuk belajar suatu tabel di dalam Microsoft word.

Bagi kalian yang sudah biasa membuka program Microsoft word pasti sangat mudah sekali melakukannya, tetapi bagaimana jika untuk orang yang tidak pernah membuka Microsoft word? Pasti akan kebingungan, anggap saja siswa SD SMP yang baru mendapatkan pelajaran tentang Microsoft word di sekolahnya, pastinya harus mengikuti modul untuk menjadi paham.

Itu bila di sekolahan, lain lagi kalau untuk seorang bapak-bapak yang dulunya di bangku sekolah tidak pernah mendapat pelajaran seperti ini karena jamannya dulu belum mengenal teknologi seperti itu, maka bapak tersebut perlu belajar melalui internet dan untuk itulah tutorial ini ada di internet supaya bisa menjadi manfaat untuk orang yang saya sebutkan di atas. Baiklah mari kita mulai. Silahkan ikuti panduan langkah-langkahnya di bawah.

Menyisipkan Tabel Ke Dalam Dokumen MS Word

1. Menyisipkan tabel dapat dilakukan dengan mudah sekali, pertama kita siapkan terlebih dahulu file dokumen kerja yang kita ingin sisipkan objek. Lihat panduannya di sini: Cara Membuat Dokumen Baru Microsoft Word.

2. Kemudian letakkan kursor pada bagian teks dimana tabel akan disisipkan.

3. Lalu klik menu Insert pada menu bar, kemudian klik ikon Table, lalu akan muncul tampilan pilihan, pilihlah Insert Table.
Membuat Tabel Microsoft Word (Menambah & Menghapus Baris Kolom)
4. Kemudian akan muncul tampilan pengaturan insert tabel, kita akan menentukan berapa jumlah kolom dan baris pada tabel yang kita inginkan.

Sebagai contoh saya akan membuat table dengan 5 kolom dan 2 baris, maka saya mengisi pada Number of columns 5 dan Number of rows 2, seperti gambar berikut.
Insert tabel word
5. Kemudian kita klik OK untuk menampilkan tabel yang kita inginkan.  Maka tabel akan muncul pada bagian teks yang telah kita letakkan dengan cursor tadi.
Table MS Word

6. Sekarang kamu bisa mengetikkan sebuah teks di dalam tabel tersebut, untuk menuju satu sel tabel tertentu, anda dapat mengklik langsung pada sel tabel tersebut. Maka akan terlihat tampilan teks yang telah disisipkan tabel.

7. Anda juga bisa langsung menyisipkan tabel dengan cepat. Caranya adalah dengan langsung mengarahkan cursor mouse pada insert tabel, dan langsung dengan cepat memilih jumlah kolom dan baris sesuai yang Anda inginkan.

Sebagai contoh saya ingin menyisipkan 5x5 Table seperti gambar dibawah.
Insert table microsoft word
Dan tabel pun langsung muncul pada lembar kerja Anda. Sangat mudah bukan?

Selanjutnya adalah bagaimana cara menambah jumlah baris dan kolom, serta menghapus baru atau kolom dan menghapus Tabel. Silahkan ikuti langkah-langkahnya dibawah.

Menambah Baris Dan Kolom Tabel Microsoft Word

Untuk menambahkan baris dan kolom tabel bisa dilakukan melalui menu Layout. Lihat pada bagian Row & Columns ada beberapa opsi Tabel Editing untuk menambahkan baris dan kolom tabel yang di antaranya adalah:
  • Insert Above > di gunakan untuk memasukkan baris baru ke atas.
  • Insert Rows Below > di gunakan untuk memasukkan baris baru ke bawah.
  • Insert Columns to the Left > di gunakan untuk memasukkan kolom baru ke arah kiri.
  • Insert Columns to the Right > di gunakan untuk memasukkan kolom baru ke arah kanan.

Contoh: Letakkan kursor pada kolom ke 2 baris 1. Kemudian klik tab menu Layout > Insert Above, maka akan bertambah satu baris yang baru dalam tabel.
Insert Bellow Table Word
Dan kamu bisa mencoba menu yang lain untuk menambah baris dan kolom tabel di Microsoft word. Sekarang bagaimana cara menghapus baris dan kolom tabel?

Menghapus Baris Dan Kolom Tabel Microsoft Word

Masih pada tab menu Layout. Lihat pada bagian Row & Columns, kemudian coba anda klik ikon menu Delete > Delete Rows, maka baris yang barusan kita tambahkan telah terhapus.
Delete Rows Table Word
Mudah sekali bukan?

Sekarang coba anda klik kembali ikon menu Insert Left, maka sekarang tabel sudah bertambah satu kolom sebelah kiri yang baru.

Dan sekarang coba and klik ikon menu Delete > Delete Columns. Maka kolom yang barusan kita masukkan telah dihapus.

Silahkan di coba.

Menghapus Tabel Microsoft Word

Menghapus tabel itu berbeda loh ya dengan menghapus baris dan kolom tabel. Ini banyak yang salah paham, terkadang pengen hapus kolom atau baris tertentu eh malah menghapus semua tabel atau sebaliknya.
Untuk menghapus tabel di word, langkahnya sama seperti saat menghapus baris dan kolom tabel. Tetapi pilih menu yang Delete Tabel.

Lebih jelasnya seperti ini urutannya: Layout > Delete > Delete Table.
Delete Table MS Word
Bagaimana? teman-teman sudah paham kan? Mudah sekali kok. Oke silahkan di coba di praktekkan sambil belajar. Ini merupakan sangat dasar sekali.

Saya juga membuatkan tutorial video Nya, silahkan lihat disini:

Video Tutorial Membuat Tabel Microsoft Word (Menambah & Menghapus Baris Kolom)


Itulah tutorial mengenai cara menyisipkan tabel pada dokumen kerja Microsoft word. Semoga tulisan ini bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan.

Jika punya pertanyaan, langsung tanyakan melalui komentar dibawah.

Posting Komentar untuk "Membuat Tabel Microsoft Word (Menambah & Menghapus Baris Kolom)"