Cara Membuat Database & Tabel MySQL di phpMyAdmin Xampp

Pada tulisan ini akan di jelaskan bagaimana cara membuat sebuah database dan tabel-tabel data MySQL melalui phpMyAdmin pada XAMPP server. Saya kira teman-teman sudah pada mengerti lah ya apa itu yang di maksud dengan database. Database adalah kumpulan data-data yang disimpan dalam komputer yang saling berhubungan dan diorganisasikan sedemikian rupa agar dapat dimanfaatkan kembali dengan cepat saat data tersebut di butuhkan. Yah kurang lebih seperti itulah pengertian singkat database, jika masih kurang lengkap yah silahkan kamu cari lebih detail di google.

Nah, saya tidak akan membahas panjang lebar mengenai apa itu database, di sini saya akan lebih fokus pada bagaimana caranya bikin tabel pada database mysql di Xampp server menggunakan phpMyAdmin. Namun sebelum kita dapat melakukannya kita harus menjalakan modul MySQL dan Apache terlebih dahulu seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan kemarin: Cara Menjalankan Xampp di Windows

Jika kamu belum menginstal Xampp di komputer atau laptop kamu, silahkan lihat panduan tutorial lengkapnya di sini: Cara Install Xampp di Windows, Cara Install Xampp di Linux (Lampp). Oke jika sudah ada Xampp yang terpasang mari kita lanjutkan ke inti pembahasan kita.

Cara Membuat Database MySQL Xampp Menggunakan phpMyAdmin

Untuk membuat database sangat mudah sekali, yang terpenting adalah kamu sudah bisa mengakses phpMyAdmin terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka Browser > ketik “Localhost” lalu Enter > kemudian pilih menu phpMyAdmin untuk masuk ke sana.
2. Kemudian klik Databases, dan silahkan di isi nama database dengan nama sesuai yang Anda inginkan.
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin
3. Pada Created database, buatlah nama database pada kolom Database name, sebagai contoh saya memberi nama database saya “barang_db”, setelah selesai, klik Create.
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin
4. Jika sudah selesai, maka akan ada tampilan pemberitahuan “Database barang_db has been created” ini berarti kita telah berhasil membuat sebuah database.
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin

Setelah berhasil membuat database mysql, selanjutnya kita akan membuat tabel data mysql menggunakan phpMyAdmin Xampp server.

Cara Membuat Tabel di Xampp Menggunakan phpMyAdmin

Tabel data di simpan pada suatu database, fungsi dari sebuah tabel adalah untuk mengelompokkan sebuah data berdasarkan kategori data tersebut. Kita dapat membuat banyak tabel dalam satu database yang bisa kita hubungkan satu sama lain menggunakan primary key atau kode unik yang akan kita bahas lebih dalam pada tulisan selanjutnya. Sekarang kita coba buat sebuah tabel di dalam database yang sudah kita buat sebelumnya.

Berikut caranya:
1. Pertama pilih nama database yang ingin kamu buat tabel, kemudian isi nama tabel pada form Name, dan jumlah kolom pada form Number of columns:, sebagai contoh di sini saya buat tabel dengan nama "barang" dan jumlah kolom 4, setelah selesai, klik Go.
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin
2. Selanjutnya kita tinggal mengisi tabel tersebut seperti pada contoh gambar di bawah ini:
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin
Keterangan:
  • Name: adalah nama kolom tabel atau header tabel
  • Type: adalah tipe data dari kolom tabel atau field
  • Index: untuk id yang di sini saya pilih Primary Key
  • Auto Increment (AI): adalah adalah berfungsi agar id secara otomatis bertambah sesuai dengan urutan angka. Ex: id kita gunakan angka 1, kemudian 2, dst…

3. Setelah mengisi tabel, selanjutnya klik Save untuk menyimpan tabel. Setelah tabel berhasil di buat dan di simpan, sekarang kita lihat isi tabel atau Struktur tabel tersebut. Cara melihat Structure tabel database cukup dengan mengklik nama tabel tersebut.
created tabel in database mysql xampp using phpmyadmin
Sampai di sini kita telah berhasil membuat sebuah tabel di database mysql Xampp dengan menggunakan phpMyAdmin, cukup sekian untuk postingan kali ini, selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara mengisi tabel pada sebuah database mysql Xampp menggunakan phpMyAdmin.

Sekian untuk tulisan kali ini, jika punya pertanyaan atau ada yang perlu di tambahkan, silahkan ungkapkan melalui kolom komentar di bawah, dan jika tulisan ini bermanfaat, jangan lupa tekan tombol share untuk berbagi. Semoga bermanfaat…

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon