Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tata Letak dan Desain Template di Blogger

Apa itu Tata Letak di Blogger?
Mengenal dan Mengetahui Tata Letak dan Desainer Template di Blogger.

Tata Letak yang ada di blogger adalah bagian atau susunan dari badan blogger. Seperti yang bisa kaliah lihat pada gambar dibawah ini. Untuk dapat masuk kehalaman Tata Letak. dari Dasbord pilih menu dan pilih Tata Letak. Pada halaman ini, Anda dapat melakukan Tambahkan, hapus, edit gadget di blog Anda. Serta anda juga dapat memindah gadget dengan cara Klik dan seret untuk menata ulang gadget.
Bagian atau Susunan Blog.

HEADER.
Header pada blogger adalah sebagai bagian kepala blogger, header biasanya dinamakan dengan #header-wrapper. Pada bagian header berisi tentang judul blog (Blog Title) sebagai identitas atau nama blog itu sendiri, contohnya di blog ini adalah saya kasih nama Belajar Blogger dan SEO, karena blog ini membahas tentang blogger dan SEO. Header juga bisa dikatakan sebagai tema blog. Pada nama blog yang terdapat pada header ini, juga bisa kita ganti dengan gambar, sehingga akan membuatnya lebih menarik.

Google akan mengindex halaman blog itu sesuai dengan judul atau deskripsi yang di pasang pada blog kita yang berada pada bagian Header ini. Buatlah judul Blog anda yang menarik dan beda dari yang lainnya, agar blog anda mudah di index oleh google, karena google menyukai sesuatu yang unik dan beda.

CONTENT BLOG
Pada bagian ini biasanya menggunakan istilah #content-wrapper atau #outer-wrapper. didalam Content Blogger ini terdapat 2 bagian yaitu :

1. POST BLOG/POST BODY
Pada bagian ini adalah bagian tempat yang menampung dimana semua tulisan yang telah kita publikasikan dapat muncul. pada bagian ini biasanya dikenal sebagai #main-wrapper.

2. SIDEBAR 
Pada bagian ini adalah bagian tempat yang menampung dimana semua Widget/Gadget yang kita tambahkan sebagai penghias untuk mempercantik blog. Anda dapat dengan mudah untuk menambahkan beberapa widget/gadget baik yang telah disediakan oleh blogger atau kode java script yang anda inginkan. pada bagian ini biasanya dikenal sebagai #sidebar-wrapper

FOOTER
Pada bagian ini adalah bagian bawah/kaki blog. Biasanya pada bagian footer ini berisikan tentang informasi hak cipta atau nama si pemilik blog itu sendiri. Pada bagian ini biasanya dikenal dengan #footer-wrapper.

Sedangkan Desainer Tempalet adalah halaman dimana anda dapat mengatur dan mengubah gaya dari blog anda, pada halaman ini anda dapat mengatur lebar kolom, lebar bagian posting atau lebar sidebar. Anda dapat mengatur kolom menjadi beberapa bagian. Anda juga dapat merubah gaya tulisan (font), mengganti warna dan memberi background dengan gambar pada blog anda.

Untuk dapat masuk kehalaman ini, pada halaman Tata Letak silahkan klik pada tulisan Desainer Template. Maka anda akan dibawa ke halaman Desainer Template.

Catatan :
Desainer Template hanya bisa digunakan pada template standar yang ada pada blogger. jika kalian menggunakan template kalian sendiri/upload template gratisan. maka kalian tidak bisa menggunakan fasilitas Desainer Template ini.

Nah itulah pembahasan kali ini. semoga pembahasan mengenai Pengenalan Tata Letak dan Desain Template di Blogger dapat menjadi pengetahuan untuk kalian yang masih belajar dalam dunia blogging. 
Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

9 komentar untuk "Mengenal Tata Letak dan Desain Template di Blogger"

  1. terima kasih ya atas informasinya, semoga sukses

    BalasHapus
  2. I Like mas !
    Moga sukses dah buat Blogspot nya :-)

    BalasHapus
  3. terimakasih ilmunya........sangat bermanfaat bagi saya, blogger pemula

    BalasHapus
  4. mengenal tata letak blogger, terima kasih gan dah posting artikel

    BalasHapus
  5. terima ksih sharingnya Gan.. pengaturan tata letak yang bagus pada blog memang membuat kita puas dengan hasil karya kita sendiri..
    Salam dari :
    Miniblogger28

    BalasHapus
  6. Ketika saya ganti template. Kemudian di tata letak ada berita "jangan edit pos ini" itu apa gan ? Dan kalo saya ganti apa ada masalah nantinya. . Thanks.

    BalasHapus