Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Koneksi Dial-up Modem Telkomsel di Windows 8.1 Preview

Setelah kemarin saya menginstall windows 8.1 preview pada laptop saya. Saya menemui masalah pada saat saya ingin menyambungkan koneksi internet modem telkomsel ke windows 8.1. Modem tidak bisa connect ke laptop windows 8 saya. Padahal driver software modem Pro Link GSM saya sudah terinstall dengan benar, dan tentunya bisa dijalankan, hanya saja saat saya menekan tombol Connect, hal itu tidak bekerja seperti pada saat saya menjalankannya pada windows 7. Saya bingung dan saya ambil jalan untuk melakukan install ulang windows 8.1 pada laptop saya dan hal itu tetap sama saja.

Hal ini tidak terjadi pada modem prolink telkomsel saja. Saya juga memiliki modem Smartfern yang juga memiliki masalah yang sama. Setiap saya menyambungkan koneksi pada modem smartfren juga tidak bekerja untuk tersambung pada internet windows 8.1 preview. Setiap kali saya melakukan klik tombol connect pada kedua modem tersebut, hasilnya selalu sama. Modem tidak tersambung dengan internet.

Dan akhirnya saya menggunakan jalan pintas untuk menggunakan Dial-up pada windows 8.1 yang tentunya akan menyelesaikan semua masalahku. Jika anda mengalami masalah yang sama seperti yang saya alami saat ini. Anda dapat mengikuti panduan tutorial berikut untuk meyelesaikan masalah tentang koneksi modem pada windows 8.1 preview. Dengan menggunakan Dial-up, kita dapat meyambungkan koneksi modem ke internet tanpa melalui driver software plug and play bawaan yang diinstall pada laptop Anda.

Dial Up Connections windows 8.1

Berikut langkah membuat koneksi dial-up pada windows 8.1 preview.

1. Buka Control Panel -> Network and internet -> Network and Sharing Center.
- Anda bisa membukanya dengan cepat melalui klik kanan pada simbol network di taksbar.
Membuat Koneksi Dial-up Modem Telkomsel di Windows 8.1 Preview

2. Dari Network and Sharing Center, klik pada Set up a new connection or network.
Set up a new connection or network on windows 8.1

3. Pilih Connect to the Internet, kemudian klik tombol Next.
connect to the internet

4. Sekarang dilayar Connect to the internet. Kemudian klik pada Dial-up.
Dial-up options windows 8.1

5. Kemudian isi dengan informasi Type dari ISP kartu telephone modem yang Anda gunakan. Karena saya menggunakan Telkomsel, maka saya isi seperti berikut:
- Dalam kotak Dial-up phone number, masukkan nomor dial-up dengan *99#.
- User name, kosongkan saja.
- Kata Sandi, kosongkan saja.
- Connection name, isi dengan TELKOMSEL.

Dial-up Telkomsel connections windows 8.1
Perlu diingat, dalam pengisian pengaturan dial-up diatas, semua data harus diisi sesuai dengan informasi type internet service provide (ISP), yaitu kartu tlephone yang anda pakai pada modem kamu.

6. Setelah semua data diisi dengan benar. klik Connect. Hal ini akan melakukan pengecekan sambungan koneksi modem Anda, dan akan menyambungkan ke internet secara otomatis.
Connecting to Telkomsel internet WIndows 8.1

Setelah dial-up sukses, akan muncul kotak dialog yang memberi informasi You are connected to the internet dan modem teleh berhasil tersambung ke internet dan siap digunakan untuk internetan.
Yaou are connected to the internet windows 8.1

Untuk memastika koneksi jaringan Anda. lihat pada simbol jaringan di taksbar windows Anda. jika hasilhnya seperti gambar dibawah ini, berarti windows 8.1 kamu sudah tersambung dengan internet.
Membuat Koneksi Dial-up Modem Telkomsel di Windows 8.1 Preview

Demikian itulah panduan cara dan tutorial memyambungakn koneksi internet modem tekomsel melalui Dial-up pada windows 8.1 preview. Semoga tutorial ini bisa berguna untuk Anda.

2 komentar untuk "Membuat Koneksi Dial-up Modem Telkomsel di Windows 8.1 Preview"

  1. gan kalo modem speed up caranya gimana agar bisa konek,pake cara yang diatas tetep gak bisa,tolong pencerahannya y gan

    BalasHapus
  2. Kalau pake kartu axis yang baru gimana ya setingnya

    BalasHapus