Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Logout LINE Account | Memindahkan Akun ke HP Lain / Baru

Bagaimana cara mengeluarkan akun LINE di ponsel/tablet android dengan mudah dan cepat? Ya, pertanyaan seperti ini sering saya temui diantara teman-teman saya yang mempunyai akun LINE di smartphone android dan iOS miliknya.

Banyak hal yang menyebabkan mereka ingin keluar (Log Out / Sign Out) dari aplikasi LINE Account, diantaranya adalah mereka ingin memindahkan akun LINE ke HP baru atau HP yang lain, pengen menjual ponsel android kepada orang lain dan ada juga yang memang pengen ganti akun LINE lama dengan akun baru LINE yang baru saja di buat. 


Namun perlu kalian ketahui bahwa, aplikasi LINE baik itu di Android, iOS, BlackBerry maupun Windows tidak menyediakan fitur untuk Log Out atau Sign Out, jadi kalian tidak bisa mengeluarkan akun LINE langsung dari aplikasinya.

Saya mengetahuinya saat temanku bertanya "Kak, gimana carana ngeluarin akun LINE di hp saya, saya menggunakan android, saya pengen ganti akun LINE, saya pengen pindahkan akun line lama ke aplikasi line di ponsel yang baru saya beli atau ponsel saya yang lain" saya menjawab pertanyaan itu dengan simpel "ya tinggal buka pengaturan akun terus cari tombol log out atau sign out atau keluar". Setelah saya cari, ternyata memang tidak ada tombol untuk mengeluarkan akun LINE dari aplikasi LINE sendiri, yang ada hanya Hapus Akun (Delete Account). Waduh, kalau hapus akun malah lenyap akun kita.

Dari pengalaman tersebut saya akhirnya menemukan solusi untuk mengatasinya. Jadi jika kalian tidak bisa logout atau mengeluarkan akun LINE melalui aplikasi LINE, kalian bisa mengeluarkannya melalui CLEAR DATA atau HAPUS DATA di dalam manajemen aplikasi di pengaturan ponsel atau tablet Anda. Silahkan mengikuti langkah-langkah berikut ini.
Logout LINE Account

Cara Mengeluarkan Akun LINE Messenger

Sebagai contoh langkah-langkah untuk mengeluarkan akun line dari aplikasi line ini sayang menggunakan ponsel Android, silahkan di simak.

Langkah 1) Buka menu Setelan di ponsel Android kamu.
Menu Setelan Android
Langkah 2) Didalam menu Setelan, ketuk Aplikasi.
Aplikasi Setelan Android
Langkah 3) Didalam menu Setelan Aplikasi Android, cari aplikasi LINE, setelah ditemukan, langsung saja ketuk LINE.
Setelan Aplikasi LINE for Android
Langkah 4) Muncul Info aplikasi LINE. Di sini terdapat banyak menu opsi pilihan untuk mencopot pemasangan atau memaksa berhenti aplikasi. Namun disini kita mencari menu dengan label Penyimpanan untuk menghapus data aplikasi.

Pada OS android versi 4.4 (kitkat) ke bawah, mungkin akan langsung muncul tombol CLEAR DATA, tetapi untuk versi 5.0 (lolipop) keatas, tombol untuk hapus data ada di dalam label Penyimpanan.
Penyimpanan Internal Aplikasi LINE for Android 6.0 Marsmallow
Langkah 5) Didalam menu Penyimpanan, Anda akan menemukan dua tombol untuk hapus data dan hapus cache. Untuk menghapus data aplikasi LINe, baik itu akun, pengaturan dan lain-lain ketuk tombol HAPUS DATA.
Hapus Data Aplikasi LINE for Android
Langkah 6) Akan muncul peringatan untuk konfirmasi penghapusan data aplikasi LINE. Hapus data aplikasi? Semua data aplikasi ini akan dihapus secara permanen, termasuk semua file, setelan, akun, basis data, dll. Ketuk OKE untuk mengkonfirmasi.
Hapus Data Aplikasi LINE?
Setelah Anda mengetuk tombol OKE, maka aplikasi LINE akan kembali seperti saat baru pertama kali di download dan di install dari Google Play Store.

Dengan cara ini kita telah berhasil mengeluarkan akun LINE dari aplikasi LINE di ponsel yang lama. Anggap saja sekarang kamu ingin memindahkan akun Anda ke ponsel lain atau Anda baru beli ponsel lagi yang belum ada aplikasi LINE di ponsel baru itu.

Sekarang yang perlu kita lakukan adalah LOGIN ke aplikasi LINE pada Ponsel atau Tablet lain, atau pada ponsel yang baru kamu beli.

Jika pada ponsel baru belum ada aplikasi LINE, silahkan di download terlebih dahulu melalui Google Pla Store dan setelah berhasil di pasang di ponsel baru kamu silahkan di BUKA aplikasi LINE.

Langkah 7) Buka aplikasi LINE di ponsel baru atau ponsel kamu yang lainnya.
Aplikasi LINE for Android
Langkah 8) Setelah aplikasi LINE terbuka, kamu hanya perlu mengetuk tombol Login untuk masuk ke akun aplikasi LINE atau mengetuk Daftar Baru untuk mendaftar akun baru LINE.

Jika kamu ingin login dengan facebook, ya tinggak ketuk saja Login dengan facebook.
LOGIN Aplikasi LINE Account for Android

Dan sampai disini kita telah berhasil mengeluarkan akun LINE (Logout) dari aplikasi LINE di android melalui menu setelan ponsel kamu. Saya rasa ini sama seperti saat saya mengeluarkan akun BBM di smartphone android. Saya tidak tahu mengapa semua aplikasi sosial media selain facebook & twitter tidak memberikan fitur untuk logout akun mereka.

Yah apapun alasan mereka, yang penting masih ada cara untuk mengeluarkan akun kita. Selagi itu masih bisa di gunakan tidak ada salahnya kan mencobanya, ingat kita tidak akan tahu hasilnya sebelum mencobanya, itu yang saya pegang teguh.

Saya juga membuatkan tutorial video Nya, silahkan lihat disini:

Video Tutorial Cara Logout LINE Account | Memindahkan Akun ke HP Lain / Baru


Oh ya, jika kamu memiliki masalah (error) saat login akun ke aplikasi LINE, silahkan lihat solusi untuk mengatasi masalah tidak bisa login LINE disini:

Oke, jika kamu memiliki pertanyaan atau pengalaman lain saat mengeluarkan (logout) akun LINE di ponsel kamu, share ya di kolom komentar!

Semoga bermanfaat...

4 komentar untuk "Logout LINE Account | Memindahkan Akun ke HP Lain / Baru"

  1. bagaimana cara mengeluarkan akun line kita apabila ponsel lama rusak karena lcdnya hancur atau ponsel lama kita hilang sehingga tidak bisa melakukan clear data seperti tutorial di atas?

    BalasHapus
  2. yang penting nomor yang kamu gunakan daftar masih ada. Itu kamu gunakan login dengan nomor telepon akun line kamu, jika nomor sudah hilang ya gak bisa bro. kamu harus daftar dengan nomor baru

    BalasHapus
  3. Saya ganti hp,dan hp lama di jual..
    Tetapi saya lupa mengeluarkan line saya,
    Saya hanya mengunakan nomor ponsel,bagaimana cara mengembalikan line saya...
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda tinggal login kembali menggunakan Nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar pada akun Line tersebut. Semoga menjawab pertanyaan Anda. Terimakasih...

      Hapus