Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Mengubah Tema Android Studio?

Pada tulisan ini saya akan memberikan tutorial cara mengubah tema atau tampilan Android Studio dari background putih cerah menjadi hitam gelap maupun sebaliknya. Ada dua tema atau warna sceme yang disediakan oleh google di studio android yaitu Darcula (warna hitam atau gelap) dan Default (tema bawaan warna latar belakang putih atau cerah) tetapi ada ratusan tema yang dapat digunakan di studio android yakni tema khusus atau kustom.

Pada saat kita selesai menginstal program Android Studio di PC Windows, tema default dari studio android akan diatur sebagai latar belakang putih, hal ini saya rasa tidak memberi kesan pengembang dan begitu banyak pengembang yang antusias ingin mengubahnya menjadi warna gelap. Namun terkadang mereka tidak mengerti bagaimana cara mengubahnya hingga bertanya-tanya:

Bagaimana cara mengubah warna latar belakang editor studio Android?
Bagaimana cara mengubah UI dari studio android?

Jadi saya menulis panduan ini memberikan tutorial mudah untuk para pengembang yang antusias yang ingin menikmati pemrograman di studio android dengan tampilan atau tema sesuai dengan yang mereka inginkan. Tanpa menyita banyak waktu Anda, mari kita mulai!

Cara Mengubah Tema Android Studio Menjadi Hitam (Darcula) atau Putih Default


Untuk mengubah tema dengan tampilan warna putih Default ke Dracula maupun kustom di studio android caranya cukup mudah sekali, Berikut langkahnya:

Tampilan Default Android Studio
Android Studio Default Scheme
1. Klik menu File > Settings...
Cara Mengubah Tema Android Studio
2. Maka akan terbuka jendela Settings, Kemudian klik pada menu Editor di bagian kanan > Lalu pilih Color Scheme.
Android Studio Settings
3. Perhatikan pada gambar diatas terdapat dua pilihan Scheme: yakni Default dan Darcula, untuk mengubah menjadi latar belakang gelap yang mengagumkan maka pilih Darcula.

4. Jika sudah selesai klik OK untuk menerapkan perubahan. Maka saat itu juga tampilan android studio akan berubah menjadi hitam.
Android Studio Scheme Darcula
5. Selesai!

Saya harap ini mengubah pengalaman pemrograman Anda di studio Android. Tetapi kapan saja jika Anda ingin mengembalikan nya ke default ya tinggal ikut saja langkah yang sama seperti diatas dan kemudian memilih Default pada scheme, atau Anda juga bisa menambahkan tema khusus pilihan Anda ke studio android. Selain itu, Anda harus tahu bahwa Anda juga dapat mengubah tema studio android menjadi tema khusus (Kustom).

Itulah cara mengubah tema android studio, cukup mudah bukan? Jika kalian rasa artikel ini bermanfaat, silahkan Bagikan ini :)…!!

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengubah Tema Android Studio?"