Cara Membuat Koneksi PHP dengan Database MySQL Xampp

Pada tulisan ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat file PHP untuk koneksi database mysql yang sudah kita buat kemarin dengan website PHP. Kenapa kita perlu untuk menghubungkan atau menyambungkan PHP dengan database mysql? Karena agar supaya kita dapat memanipulasi database mysql dengan menggunakan php maka kita perlu untuk mengkoneksikan terlebih dahulu.

Sebelum kira mulai membuat koneksi database maka kita perlu terlebih dahulu untuk memahami dimana lokasi file php ini nanti akan disimpan. Karena kita menggunakan Xampp maka kita akan membuat file koneksi.php untuk di simpan pada folder C:\xampp\htdocs, saya rasa kalian sudah paham mengenai ini karena semua file php yang akan kita buat nantinya akan di simpan di dalam forlder htdocs kemudian dipanggil melalui browser baik chrome maupun firefox dengan cara memasukkan alamat localhost/namafile.php, sebagai contoh kita akan membuat file koneksi.php dan mengakses file koneksi php tersebut untuk melakukan tes koneksi ke database yang telah kita buat kemarin.

Mari kita mulai!
Cara Membuat Koneksi PHP dengan Database MySQL Xampp

Tutorial Cara Membuat Koneksi File PHP dengan Database MySQL Xampp

Sebelum membuat file koneksi untuk menghubungkan php dengan database mysql pastikan terlebih dahulu kamu sudah membuat database mysql di phpmyadmin serta mengetahui nama database yang telah kamu buat kemarin, nama database yang telah kita buat kemarin adalah “barang_db” dan yang tak kalah penting juga adalah mengetahui nama host, username dan password. Karena kira menggunakan aplikasi web server Xampp maka secara default nama host yang akan kita panggil adalah “localhost”, jika kalian membuat database mysql online menggunakan hosting maka tinggal memanggil nama host sesuai dengan alamat yang disediakan pada hosting kamu.

Oh iya, untuk membuat file koneksi ini kalian bisa menggunakan Notepad bawaan windows atau dengan menggunakan Notepad++ agar lebih memudahkan kamu dalam belajar web php.

Saya sendiri menggunakan Notepad++, dan berikut contoh listing kode untuk file koneksi.php
<?php
// isi nama host, username mysql, dan password mysql Anda
mysqli_connect("localhost","root","");
// isikan dengan nama database yang akan di hubungkan
mysqli_select_db("barang_db");
?>
Keterangan kode diatas:
Fungsi php pada perintah mysqli_connect adalah untuk memanggil nama host yang kita gunakan, karena saya menggunakan xampp maka saya isi seperti contoh diatas yakni nama host saya isi dengan localhost, kemudian username saya isi dengan root, lalu password saya kosongkan karena saya tidak memberi password pada xampp di komputer saya.

Kemudian pada perintah mysqli_select_db digunakan untuk memilih dan memanggil database yang ingin di hubungkan dengan website php, jadi kamu tinggal mengisikan nama database sesuai dengan nama database yang ingin dimanipulasi melalui PHP. Seperti contoh diatas saya isi dengan nama database barang_db karena database tersebut yang ingin saya hubungkan dan memanipulasi datanya melalui web php yang akan saya buat nanti.

Tetapi sampai disini kita masih belum tahu apakah file koneksi yang kita buat diatas sudah terhubung dengan database apa belum. Oleh karena itu kita bisa memodifikasi kode diatas dengan menambahkan perintah if else untuk mengetes koneksinya berhasil apa tidak.

koneksi.php
<?php<?php
// isi nama host, username mysql, dan password mysql anda
$konek = mysqli_connect("localhost","root","");

if($konek){echo "koneksi host berhasil.<br/>";}
else{echo "koneksi gagal.<br/>";}

// isikan dengan nama database yang akan di hubungkan
$database = mysqli_select_db($konek, "barang_db"); 
if($database){echo "koneksi database berhasil.";}
else{echo "koneksi database gagal.";}
?>
Simpan file koneksi.php di forlder C:\xampp\htdocs\koneksi.php dan jangan lupa untuk memilih Save as type PHP: Hypertext Preprocessor file.
simpan file koneksi php

Kemudian buka browser yang kamu gunakan, setelah itu silahkan ketikan “localhost/koneksi.php” lalu tekan ENTER untuk membuka halaman. Jika Xampp belum berjalan di PC Windows kamu maka kamu perlu untuk Menjalankan Xampp terlebih dahulu.

Jika berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut ini,
koneksi database mysql berhasil

Jika gagal maka akan muncul Error seperti ini.
koneksi database mysql gagal

Biasanya kalo gagal itu karena perintah yang digunakan tidak support mysql atau mysqli, cara mengatasi error adalah dengan mengganti perintah mysql dengan msqli atau sebaliknya. Kalau punya saya supportnya mysqli. Semoga bermanfaat.

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon

 
-->