Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur atau Mengubah Margin Halaman di MS Word

Bagaimana cara mengatur dan mengubah margin atau batas tepi atas, bawah, kiri dan kanan dokumen di halaman Microsoft Word? Apakah kamu saat ini sedang membuat sebuah dokumen berupa makalah, skripsi, ebook, atau tugas dari sekolah maupun yang lain? Tentu semua pekerjaan tersebut pasti memiliki aturan dimana margin kertas harus di atur atau disetting sesuai dengan tuntunan atau peraturan yang telah diumumkan, seperti pada saat kita mengerjakan skripsi, kita harus mengatur ukuran margin samping kiri sekian dan kanan sekian dan seterusnya.

Banyak organisasi seperti sekolah dan badan hukum memiliki panduan atau aturan yang sangat ketat mengenai margin. Maka dari itu disini saya akan memberikan tutorial bagaiamana cara untuk mengatur atau mengubah ukuran margin kertas dihalaman microsoft word.

Secara default, saat kita membuat dokumen baru Word secara otomatis mengatur ukuran margin halaman satu inci di sekeliling tiap halaman yakni 2,54 cm untuk batas atas (Top), batas bawah (Bottom), batas kanan (Right) dan batas kiri (Left). Tetapi didalam MS Word telah disediakan pengaturan untuk mengkustomisasinya sesua dengan kebutuhan kita.

Dengan beberapa klik, kita dapat memilih margin lain yang telah disediakan, atau membuat margin sendiri (kustom). Kita juga juga mengatur margin untuk halaman yang berhadapan, memungkinkan ruang margin ekstra untuk menjilid dokumen, dan mengubah cara pengukuran margin.

Cara Mengatur dan Mengubah Margin Halaman Word

Pada tutorial ini saya menggunakan Word 2016, tetapi juga dapat dilakukan pada versi sebelumnya yakni 2013, 2010, 2007 dan 2003. Mari kita mulai!

1. Di dalam Microsoft Word. Klik Layout > Margin

Setelah itu akan muncul jendela menu pilihan margin yang sudah ada ada di Word kamu, dan secara otomatis margin Normal satu inci sudah dipilih.

2. Untuk mengubah margin, klik opsi atau menu pilihan yang lainnya dalam galeri menu dropdown Margin. Masing-masing memperlihatkan ukuran margin. Ada Normal, Narrow, Moderate, Wide, dan Mirrored.  

Cara Membuat Margin Kustom di MS Word

Jika margin standar bawaan word tidak ada yang Anda inginkan, kamu dapat mengatur dan membuatnya sendiri margin sesuai kebutuhan Anda.

1. Klik Layout > Margin > Custom Margins... (di bagian bawah galeri menu Margin).
2. Maka akan muncul jendela Page Setup. Pada tab Margin, masukkan nilai yang Anda inginkan. 
  • Margin-Top : Perataan pada batas tepi halaman atas 
  • Margin-Left : Perataan pada batas tepi halaman kiri 
  • Margin-Bottom : Perataan pada batas tepi halaman bawah 
  • Margin-Right : Perataan pada batas tepi halaman kanan 

Untuk memudahkan kita dalam mengetahui margin atau batas tepi, maka kita perlu untuk mengaktifkan garis tepi titik-titik atau Text Boundaries yang sudah kita bahas pada postingan sebelumnya di sini: Cara Menampilkan Text Boundaries di Word.

Sebagai contoh pada gambar diatas saya memberi margin atas, kanan bawah dengan nilai 3cm dan margin kiri 4cm. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


Mudah kan?

Itulah cara mengatur atau mengubah margin halaman microsoft word. Jika kamu merasa tulisan ini bermanfaat silahkan share kepada teman-teman Anda yang lain. Atau jika kamu punya pertanyaan atau bahkan pengalaman lain seputar mengatur margin dokumen word, silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur atau Mengubah Margin Halaman di MS Word"