Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word

Bagaimana cara membuat Bagan Struktur Organisasi dengan menggunakan Microsoft Office Word? Bagan Struktur pada suatu kantor di perusahaan atau organisasi memang sangatlah penting, karena itu menggambarkan susunan antara seluruh bagian-bagian dari sesuatu yang saling berhubungan antara seluruh bagian-bagian dari suatu unit kerja sehingga membentuk satu kesatuan yang utuh.

Biasanya Bagan Struktur ini menempel pada dinding suatu Kantor, yang menunjukkan susunan mulai dari ketua sekertaris karena fungsi dari pada bagan itu sendiri sangatlah mempengaruhi penilaian orang pada kesiapan suatu lembaga dalam menjalankan Organisasi itu sendiri.

Tutorial Video:

Tutorial Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi pada Microsoft Word

Untuk membuat bagan organisasi dengan menggunakan word dapat dilakukan dengan menggunakan dua cara yakni dengan menggunakan SmartArt dan menggunakan Shapes Text Box yang dihubungkan dengan memakai Line.

Cara 1: Membuat Bagan Organisasi dengan SmartArt

1. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik SmartArt
Cara Memuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word
2. Di galeri Choose a SmartArt Grafik, klik Hierarchy, klik tata letak bagan organisasi (seperti Bagan Organisasi), lalu klik OK.
Cara Memuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word
3. Kemudian silahkan masukan teks didalam kotak sesuai dengan struktur organisasi yang ingin Anda buat. Untuk memasukkan teks Anda, lakukan salah satu hal berikut ini: Klik kotak di dalam grafik SmartArt, lalu ketikkan teks Anda.
Cara Memuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word
4. Selesai.

Kamu juga bisa memilih model bagan sesuai dengan keinginan Anda pada langkah 2, contohnya seperti memilih bagan organisasi dengan gambar, mengubah warna bagan dan kotak teks Nya, menambah efek gaya smartart, dan fitur yang lain.

Cara 2: Membuat Bagan Organisasi dengan Shapes Text Box dan Line

1. Pada tab Insert, di grup Illustrations, klik Shapes, kemudian klik Text Box
Shapes Text Box Word
2. Kemudian Drag di area lembar kerja ms word, aturlah ukuran kotak sesuai keinginan, masukan teks, percantik dengan warna kotak. (buatlah dua buah text box berukuran yang sama dan gabungkan atas bawah), lihat contoh gambar berikut ini.

3. Setelah itu buatlah beberapa Text Box seperti gambar diatas, kemudian aturlah tata letaknya sesuai dengan bagan struktur yang akan Anda buat, seperti contoh gambar dibawah ini:
Cara Memuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word

4. Langkah terakhir adalah menghubungkan masing-masing bagian yang terdapat pada bagan Anda. Untuk menghubungkannya bisa dengan menggunakan shapes line (Caranya Klik Insert > Shapes > Line)
Shapes Line Word

5. Silahkan drag untuk menghubungkan masing-masing bagian, hingga jadinya akan seperti contoh gambar dibawah ini:
Cara Memuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word

Sampai disini Anda sudah berhasil membuat sebuah bagan struktur organisasi dengan menggunakan microsoft word. Ini hanyalah sebuah contoh, untuk hasil yang lebih baik silahkan untuk dimodifikasi sendiri supaya hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Jika punya pertanyaan silahkan tulis di komentar dibawah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Bagan Struktur Organisasi di Microsoft Word"