Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Blog? Pengertian Blogspot Untuk Pemula

Pada tulisan pertama ini saya akan membahas tentang pengertian blog bagi pemula seperti saya. Dulu saat saya mulai mengenal internet saya baru mengerti tentang istilah-istilah yang saat ini sudah umum yaitu browsing, download dan lain-lain. Dari pemahaman saya dulu tentang internet adalah dengan menggunakan atau melalui internet, kita bisa mendapatkan informasi apapun yang kita cari dari hasil pencarian yang disebut browsing. Nah, dari situ muncul pertanyaan pada diri saya pribadi, informasi yang terdapat di internet saat kita browsing itu dari mana asalnya? siapa yang membagikan informasi tersebut? sehingga kita semua yang membutuhkan informasi itu bisa mendapatkan apa yang kita cari? Dari situlah saya baru tahu, kalau setiap informasi yang kita dapat melalui mesin pencari adalah informasi dari sebuah website atau blog yang ditulis oleh pemilik blog yang biasa disebut seorang blogger. Lalu apakah kita bisa memiliki atau mempunyai sebuat blog seperti yang sudah ada di internet? Tentu saja kita semua bisa memilikinya dengan membuat sebuah blog gratis di blogspot.
Apa itu blog?

Dulu waktu itu saya masih gaptek dan pemula dalam dunia tegnologi dan informasi. Namun, saat ini adalah era digital, yaitu masa dimana semuanya sudah menggunakan teknologi, internet sudah menjadi makanan sehari-hari. Apa lagi kemunculan smartphone dengan kemampuan canggih dan fitur yang menjadikan seluruh aktifitas kita sehari-hari pasti menggunakan media teknologi. Dengan era ini membuat semua orang sudah tidak ada lagi yang masih gaptek, bahkan anak kecil sudah sangat familiar dengan teknologi, gadget, internet, sosial media dan lain-lain.

Nah dari ulasan diatas mendorong saya untuk ingin menjadi seorang blogger. Kenapa saya ingin menjadi seorang blogger? Karena kita bisa membagikan sesuatu apapun itu kepada seluruh dunia, karena berbagi itu indah. Untuk menjadi seorang blogger, Anda harus tahu terlebih dahulu tentang penjelasan atau pengertian blog atau blogspot sendiri itu apa? Nah berikut pembahasannya.

Apa sih, Blog atau Blogspot itu?

Blog ibarat sebuah wadah atau tempat, yang mana disitu kita bebas mengekspresikan atau meluangkan semua emosi atau unek2 kita, dan juga tempat untuk berbagi kreatifitas, sumber informasi, dan lain sebagainya.

Secara fisik sebuah Blog terdiri dari/pasti mempunyai kriteria-kriteria tertentu,seperti adanya Header (kepala), Body (Isi Blog), Sidebar (lengan/sisi), Footer(bawah). Adapun jika ada fitur-fitur lain, seperti halnya Gadget, itu hanya sebagai element tambahan.

Bagaimana Cara untuk membuat sebuah Blog?

Pada halaman beranda Blogger, klik "Ciptakan Blog Anda" lalu buatlah sebuah Akun Google. Jika anda sudah memiliki Akun Google seperti orkut, Grup Google, Gmail, dan produk lainnya, lanjutkan dan masuk menggunakan akun yang sudah ada. Selanjutnya, pilih nama tampilan dan setujui Persyaratan Layanan Blogger. Setelah semuanya disiapkan, Anda siap untuk mulai membuat blog!

Untuk tutorial, cara, langkah demi langkah dalam membuat blog bisa Anda lihat disini : Cara Membuat Blogspot Gratis Terbaru dan Lengkap dengan Gambar.

Jika sudah mempunyai Blog? Lalu apa yang harus kita lakukan?

Kita tetunya bisa membuat dan mempublikasikan artikel pada Blog? maupun upload foto-foto juga Video, kumpul sesama Blogger menjalin silaturahmi, curhat-curhatan, dan lain lain. Kita bebas ingin menanamkan apapun didalam blog itu. Maksudnya, kita bisa meletakkan sebuah kode,baik itu kode tukar link,iklan dll.

Lalu Apa keuntungan dari segi Materi, dari banyaknya pengunjung di Blog kita?

Yaa.. Tentunya.. Semakin banyak pengunjung pada blog kita, kemungkinan iklan yang telah kita pasang dilihat oleh pengunjung akan mendapat banyak klik dari penungjung yang menjadikan semakin besar pula tambahan dolar ke kantong kita.

Banyak sekali penyedia content yang menawarkan kita (Blogger) yang mempunyai blog dengan trafik tinggi untuk menjadi publisher, dan dengan memasang kode iklan (AdSense, Text Link-Iklan, AdBrite,dll) pada suatu Blog, yang akan membayar kita jika ada pengunjung yang mengklik iklan yang kita tampilkan pada blog kita. tentu jika blog kita rame, akan semakin besar pendapatan kita melalui banyaknya klik dari pengunjung blog kita.

Posting Komentar untuk "Apa itu Blog? Pengertian Blogspot Untuk Pemula"