Windows 10 Boros Kuota Internet? Ini Solusinya!

Semenjak menggunakan OS Windows 10 di laptop saya, kuota internet jadi cepat habis atau boros banget. Saya menggunakan Paket Data Seluser di ponsel android yang saya bagikan melalui hotspot wifi. Ini sangat terasa karena dulu saya menggunakan windows 7 namun kini menggunakan windows versi terbaru yakni windows 10 sangat terlihat perbedaan kedua OS ini.

Dulu saat menggunakan windows 7 tidak begitu boros kuota, tetapi sekarang sangat menjengkelkan, jadi kuota 6GB habis dalam 2 minggu, padahal hana saya gunakan untuk mengurus blog ini dan hanya browsing mencari informasi sebagai bahan untuk membuat sebuah artikel. Apakah itu wajar? Saya rasa tidak, karena dulu saat pakai windows 7 sangat efisien.

Jika kamu juga mengalami hal yang sama seperti yang saya alami ini, mungkin kamu bisa mengetahui apa yang menyebabkan dan mengapa windows 10 sangat boros kuota internet? Berikut saya berikan beberapa faktor yang menyebabkan kuota cepat habis di windows 10.
Data Usage Windows 10 Boros Kuota

Penyebab Kuota Cepat Habis di Windows 10

Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kuota internet di HP android cepat habis saat digunakan untuk hotspot wifi yang saya sambung di laptop windows 10.
  1. Windows 10 banyak mengadopi teknologi Cloud dan Sinkronisasi di berbagai fiturnya.
  2. Cortana dan banyak fitur baru lainnya yang sangat tergantung kepada internet.
  3. Automatic Update Windows 10 tidak bisa dimatikan.
  4. Automatic Update Apps di Windows Store akan di aktifkan secara default.
  5. Proses update Windows 10 menggunakan Peer-to-peer secara default, dimana pengguna lain bisa mendownload update dari kamu secara P2P.
Setelah kita mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan Windows 10 menjadi begitu ganas saat terhubung dengan jaringan wifi.

Sebenarnya ini tidak menjadi masalah saat kamu menggunakan jaringan wifi dari telkom wifi.id, atau bagi yang biasa nongkrong di warung kopi yang ada free wifi.

Tapi bagi kamu yang menggunakan paket data internet tidak perlu khawatir, karena ada solusinya. Berikut beberapa langkah tepat untuk menghemat kuota di Windows 10.

Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 10

1. Disable Auto Update Windows 10

Windows 10 memang tidak menyediakan fitur untuk menonaktifkan windows update secara otomatis. Tetapi ada cara untuk mematikannya, lihat panduannya disini : Cara Mematikan Auto Update Windows 10.

Memang kami tidak merekomendasikan Anda untuk menonaktifkan windows update, tetapi jika kamu takut kuota internet kamu habis, maka tidak ada salahnya untuk mematikannya.

2. Turn Off Update Apps Automatically Windows Store

Ini juga sangat penting dilakukan untuk menghemat kuota internet yang terhubung ke windows 10. Saya sudah mengalami sendiri, saat Update Apps Automatically di aktifkan di pengaturan windows store, ini sangat menyedot kuota internet di android yang saya tethering ke laptop windows 10 milik saya dan hasilnya kuota internet saya terkuras habis hingga pulsa juga ikut ludes.

Maka dari itu, alangkah baiknya menonaktifkan update apps automatically dan hanya melakukan update ketika kita terhubung ke wifi gratis dengan kuota melimpah.

Untuk cara menonaktifkannya sudah di bahas disini : Cara Disable Update Apps Automatically Windows 10. Silahkan di lihat dan diterapkan agar kuota kamu tidak jebol. 

3. Turn Off Windows Update Delivery Optimization

Langkah 1) Buka Settings kemudian pilih Update & security.
Settings Windows 10
Langkah 2) Pada menu Windows Update -> Klik pada Advanced options.
Settings Update & Security Windows 10
Langkah 3) Pada layar Advanced options -> pilih Choose how opdates are delivered.
Advanced Options Update Windows 10
Langkah 4) Lihat pada Update from more than one place -> Ubah opsi On menjadi Off untuk mematikan update windows secara otomatis.
Choose how update are delivered
Selesai! Dengan mematikan Windows Update Delivery Optimization dapat menghemat kuota internet Anda agar supaya tidak tersedot dan boros kuota.

Jika kamu ingin kembali mengaktifkan update otomatis, silahkan ganti pada langkah 4 dari Off ke On. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan pembaruan dari Microsoft.

4. Turn Off Sync Settings

Seperti halnya sinkronisasi Android dengan akun google, semua file kita akan di backup secara otomatis, ini tentunya akan mengupload semua file penting seperti foto, video, dokumen. Ini tidak beda jauh dengan sinkronisasi windows 10 dengan microsoft account.

Tentu itu akan membutuhkan banyak kuota untuk mengupload semua file dan itu dilakukan tanpa sepengetahuan kita. Maka lebih baik di Off kan saja.

Tetapi perlu di ingat, jika fitur ini kamu matikan, maka saat kamu install ulang atau login di device lain dengan account yang sama, maka settings Windows 10 kamu tidak akan tersinkronisasi lagi.

Namun jika itu dilakukan demi menghemat kuota kamu, maka kamu bisa mematikan sinkronisasi settings ini. Caranya cukup buka Sync your settings > lalu matikan Sync settings.
Sync your settings Windows 10

5. Disable Sync all files and folders in my OneDrive

Ini sama seperti poin 4, jika kamu jarang menggunakan OneDrive, atau tidak membutuhkan cloud storage untuk backup file penting, maka kamu bisa mematikan sinkronisasi OneDrive. Anda tidak perlu Unlink OneDrive, cukup matikan saja sinkronisasi file.

Caranya cukup mudah, lihat klik pada Show hidden icon di taskbar windows. Pilih icon OneDrive, lalu Klik Kanan dan pilih Settings. 

Setelah itu terbuka jendela Microsoft OneDrive, pilih tab Account > Choose Folders.
Microsoft OneDrive Windows 10
 Setelah itu hilangkan centang pada Sync all files and folders in my OneDrive.
Sync all files and folders in my OneDrive Windows 10
Dengan cara ini maka OneDrive dan PC Windows 10 kamu tidak lagi terhubung, tetapi ingat, hal ini akan membuat settings, apps, dan berbagai sinkronisasi lainnya di Windows 10 kamu yang menjadikan OneDrive sebagai bridge nya berhenti total.

6. Turn Off Cloud-Based Protection & Sample Submission

Cloud-Based Protection digunakan untuk mengirimkan info tentang masalah security di Windows 10 yang kamu alami, sehingga mereka tahu dan cepat mengatasinya. Sedangkan Sampe submission digunakan untuk secara otomatis mengirim sample malware ke Microsoft. Keduanya memakai koneksi internet dan tentunya akan memakan kuota juga.

Nah, untuk menghemat kuota Anda, maka matikan saja kedua fitur ini. Memang kami tidak merekomendasikan untuk dilakukan, tetapi jika itu untuk menghemat kuota Anda, maka kamu bisa melakukannya.

Untuk mematikannya, cukup buka Windows Defender Settings, Lalu matikan Cloud-based Protection dan Automatic sample Submission dengan menggeser menjadi Off .
Windows Defender Settings

7. Turn Off Live Title

Fitur ini berfungsi untuk menampilkan apa yang baru berbentuk thumbnail pada berita, informasi, notifikasi, atau hal lainnya yang terkait dengan aplikasi yang ada di start menu windows.

Fitur ini memang sudah di atur untuk menampilkan live title menjadi On. Contohnya menampilkan live tile dari aplikasi Facebook, LINE, game atau aplikasi lain, kamu akan melihat notifikasinya langsung di Start menu, tanpa membuka aplikasinya. Tetapi tetap saja itu akan menggunakan internet untuk melakukannya dan tentunya bisa memakan kuota Anda.

Jika dirasa ini tidaklah terlalu penting bagi Anda, maka bisa di off kan saja demi menghemat kuota Anda. Caranya Klik-kanan pada live tile yang dipilih, kemudian pilih More > lalu pilih “Turn live tile off”.
Turn live tile off Windows 10

Oke, Setelah semua hal yang bisa menghabiskan kuota di atas kamu matikan, maka kamu sudah tidak perlu khawatir kuotanya tersedot lagi. Namun dengan melakukan semua langkah di atas, maka akan menjadikan Windows 10 kamu berada dalam fase dormansi, yaitu semua fungsi apps tidak begitu terupdate, Windows tidak begitu up-to-date, dan sinkronisasi berjalan sangat minimal.

Untuk itu saya sangat menyarankan pengguna agar ketika Anda sedang terhubung dengan koneksi yang kuotanya melimpah, contohnya saat nyambung wifi di sekolah, kampus, tempat kerja atau warung kopi yang ada free wifinya, maka langsung saja update Windows 10 kamu, semua apps, sinkronisasi settings, ataupun sinkronisasi file.

Lakukan semua itu kapanpun kamu sempat!

Kenapa sangat disarankan, karena memang semua hal yang di matikan di atas itu penting untuk Windows 10 kamu agar mendapatkan performa dan fitur terbaik windows 10.

Itulah informasi yang bisa saya berikan untuk menghemat kuota internet kamu saat menggunakan windows 10. Ini sesuai dengan pengalaman saya pribadi, dan terbukti memang kuota internet saya tidak boros lagi setelah menerapkan cara diatas.

Oh ya, jika kamu memiliki pertanyaan atau bahkan pengalaman lain yang menarik dan bisa di tambahkan pada artikel ini, silahkan di share ya melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat!

Advertiser

* Tidak boleh mencantumkan URL apapun pada komentar.

* Tidak melakukan SPAM!

* Dan gunakan bahasa yang sopan dalam berkomentar.
Emoticon Emoticon