Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Email Baru | Daftar Akun Gmail

Bagaimana sih cara membuat email baru? Ternyata di jaman yang modern ini masih banyak orang yang belum mengerti tentang apa itu email serta kegunaanya. Saya banyak menjumpai teman dan orang disekitar saya yang kebingungan antara email dan akun sosmed mereka, contohnya seperti facebook, twitter, bbm dan sosial media yang lainnya. Banyak dari mereka yang telah membuat akun sosmed tetapi belum memiliki email. Dan akhirnya saat mereka lupa password akun sosmed mereka, maka akun mereka tidak bisa diselamatkan, karena saat mendaftar tidak menggunakan email yang valid atau email yang aktif. Inilah kesalahan yang paling sering terjadi ketika seseorang memulain menggunakan media sosial dan saat mendaftar bukannya membuat email baru tetapi malah mereka memasukkan email yang hanya asal ketik yang penting akun sosmed saya jadi dan tidak menghiraukan konfirmasi email. Bagaimana mereka bisa mengkonfirmasi kepemilikan email mereka? Sedangkan mereka saja tidak mempunyai akun email yang benar-benar aktif.

Lihat Juga : Cara Membuat Email di Yahoo Mail Terbaru

Nah, maka dari itu saya ingin kalian semua mengerti bahwa sebelum kita mendaftar atau buat akun sosial media apapun itu (facebook, twitter, line, bbm, instagram dll), kita harus memiliki akun email yang valid dan masih aktif. Ini sudah menjadi hak paten bahwa email adalah wajib kita miliki untuk dapat menikmati seluruh aktifitas online kita. Email tidak hanya dibutuhkan untuk mendaftar akun sosmed saja, namun banyak sekali kegunaan email yang diantaranya adalah : Untuk berbelanja di toko online, untuk membuat website, untuk transfer uang secara online atau biasa disebut internet banking dan masih banyak sekali fungsi email yang harus kita miliki. Melihat betapa pentingnya kita memiliki akun email, maka setiap orang wajib memiliki email.
cara buat email baru di gmail

Email sendiri banyak jenisnya, beberapa email yang paling sering digunakan adalah Gmail, Yahoo, Hotmail dan masih banyak jasa penyedia email yang lain. Namun pada tulisan ini saya akan menjelaskan khusus untuk membuat email baru pada Gmail. Google Mail atau yang populer disebut dengan Gmail merupakan penyedia layanan surat elektronik atau yang umum disebut email. Gmail ini adalah milik Google yang berlisensi Gratis, jadi tidak dipungut biaya.

Kenapa saya menyarankan Anda membuat akun gmail? Karena gmail, memiliki fitur dan kelebihan dibandingakan situs mail yang lainnya. yang diantaranya adalah gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 MB dan akan terus bertambah. Jumlah yang disediakan ini telah melebihi jumlah yang disediakan situs Mail lain seperti Yahoo! dan Hotmail. Gmail juga memiliki fitur pencarian Google yang memudahkan para penggunanya untuk mencari sesuatu dari email mereka. Kita juga dapat mengirimkan attachment (lampiran) hingga 20 MB per email. Dari banyaknya fitur gmail diatas tentunya dengan memiliki akun Gmail akan sangat menguntungkan kita.

CARA MEMBUAT EMAIL BARU DI GMAIL

Pada dasarnya untuk mendaftar ke ke Gmail, secara otomatis kita juga memuat Akun Google yang nantinya semua pengaturan gmail dan semua produk google bisa kita olah disini. Membuat Akun Google tidak dipungut biaya. Anda dapat menggunakan nama pengguna dan sandi Akun Google untuk masuk ke Gmail dan produk Google lainnya seperti YouTube, Google Play, serta Google Drive. Berikut cara membuat akun gmail.

1. Kunjungi laman pembuatan akun Google.

2. Kemudian Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyelesaikan penyiapan akun Anda. Isi semua informas yang sesua dengan tanda pengenal Anda.
  • Nama : isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
  • Pilih nama pengguna Anda: isi dengan alamat email yang Anda inginkan
  • Buat sandi: isi dengan password yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat
  • Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan password Anda sebelumnya
  • Tanggal lahir: isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
  • Gender: pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
  • Ponsel: isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
  • Buktikan bahwa Anda bukan robot: Centang, jika muncul pilihan pertanyaan gambar maka pilih gambar yang sesuai dengan jawaban Anda. 
  • Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
  • Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google

3. Setelah semua data terisi dengan benar dan valid, silahkan klik "Langah berikutnya".
Lalu google mail akan mengirimkan kode verifikasi melalui dua pilihan, yaitu pesan teks dan pesan suara, dalam hal ini pilih pesan teks saja. setelah itu klik "Lanjutkan"

4. Masukkah kode verifikasi akun yang dikirim melalui sms, kemudian Klik "Lanjutkan".
Selanjutnya silahkan kalian menambahkan "Photo Profile", tapi jika kalian ingin melewati langkah ini, silahkan langsung klik "Langkah berikutnya".

5.Maka akan ada sambutan dari Gmail "Selamat Datang", klik aja "Lanjutkan ke Gmail". dan sampai disini, proses pembuatan akun email di Gmail anda telah selesai, Gmail telah berhasil dibuat.

Tutorial Video Youtube Membuat Email Baru di Gmail

CATATAN :
Pada saat mengisi Nama pengguna atau alamat email yang saya inginkan telah dipakai orang lain, maka sebaiknya ganti dengan alamat email yang lain. Anda tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail tertentu jika:
  • Nama pengguna persis seperti yang Anda minta sudah digunakan.
  • Nama pengguna yang Anda minta sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada. Sebagai contoh, jika contoh@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan contoh@gmail.com.
  • Nama pengguna telah digunakan oleh seseorang di masa lalu, dan mereka menghapus akun tersebut.
  • Nama pengguna yang Anda inginkan tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

Setelah membuat Akun Google, Anda dapat menggunakannya untuk masuk ke Gmail di komputer, ponsel, atau tablet. Itulah tutorial membuat akun Gmail baru. semoga tulisan diatas mudah dipahami dan tentunya dapat bermanfaat untuk Anda semuanya.

2 komentar untuk "Cara Membuat Email Baru | Daftar Akun Gmail"

  1. sekarang sangat mudah ya bikin akun gmail dalam 5 menit kita sudah mempunyai alamat email beda kayak dulu yang ribet dan sudah :D

    BalasHapus