Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

Bagaimana cara melakukan Disk Cleanup hardisk pada Windows 7. Lalu Apa manfaatnya?

Disk Cleanup adalah sebuah tools pada sistem operasi windows yang disediakan untuk mencari serta membersihkan atau menghapus file yang tidak tibutuhkan atau file sampah yang memakan ruang space pada hardisk yang dapat memberatkan sistem. Sehingga dengan menggunakan disk cleanup akan memberikan manfaat agar sistem bersih dari file sampah dan membebaskan ruang disk.

Disk Cleanup adalah sebuah cara mudah untuk menghapus banyak file yang tidak dibutuhkan pada hard drive. Disk Cleanup sangat penting dilakukan untuk mencari file sampah yang dapat dengan mudah dihapus untuk membebaskan beberapa ruang disk, terutama file yang mungkin tidak jelas bagi Anda, seperti temporary file yang digunakan oleh Windows atau saat browsing internet . Dan juga melakukan Defragment pada hardisk sangat dianjurkan untuk menata disk Anda agar performa tetap bagus.

Untuk menjalankan Disk Cleanup pada Windows 7, ikuti langkah berikut :

1. Dari menu tombol Start, pilih All ProgramsAccessoriesSystem ToolsDisk Cleanup .

2. Jika diminta, pilih perangkat penyimpanan massal yang Anda ingin membersihkan .

Prompt akan muncul hanya jika Anda memiliki beberapa media penyimpanan pada PC Anda. Anda mungkin ingin memilih drive C, perangkat penyimpanan utama.
Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

3. Klik OK, maka akan melakukan proses scanning file sampah.
Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

4. Pada kotak dialog Disk Cleanup, menempatkan tanda centang oleh semua item yang ingin Anda hapus .
Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

Tidak apa-apa untuk menempatkan tanda cek pada semua item. File tersebut tidak akan dihapus jika file itu dianggap penting untuk operasi komputer .

5. Klik OK. Muncul konfirmasi untuk menghapus file secara permanent.
Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

6. Klik tombol Delete Files untuk memulai proses pembersihan .
Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7

7. Tunggu sementara disk sedang dibersihkan. Ketika proses selesai, maka jendela akan hilang dengan sendirinya. Selesai!

Melakukan Disk Clean Up System File untuk menghapus bit yang tidak dibutuhkan dan potongan berbagai update Windows yang dapat mengotori hard drive.

Anda juga dapat mengakses utilitas Disk Cleanup dari kotak dialog Properties disk drive dengan mengklik tombol Disk Cleanup pada tab General. Itu saja cara melakukan disk cleanup pada windows 7.

2 komentar untuk "Disk Cleanup | Menghapus File Sampah di Windows 7"