Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Halo kawan, Pada tulisan ini saya akan berbagi beberapa tutorial bagaimana cara merubah sinyal HP atau ganti jaringan EDGE menjadi 3G (HSDPA) dan 4G LTE pada smartphone atau tablet Android. Perkembangan teknologi memang sangat pesat sekali, melihat banyak ponsel baru yang diluncurkan dengan didukung jaringan 4G LTE. Bukan hanya itu, bahkan hampir semua promo dan layanan paket internet data seluler semua operator di optimalkan untuk jaringan 4G, baik pada jaringan GSM maupun CDMA termasuk telkomsel, indosat, smartfren dan operator seluler yang lainnya juga ikut memberikan kuota besar-besaran untuk jaringan 4G. Sayangnya pasti masih banyak HP temen-temen yang belum mendukung jaringan 4G. Ada juga yang sudah support 4G namun lokasi rumah di daerah 4 masih belum terjangkau jaringan 4G.

Banyak teman yang bertanya bagaimana sih cara mengubah sinyal HP? Kok sinyalku munculnya E terus. Padahal sudah di setting ke jaringan WCDMA Only. Termasuk saya pribadi pernah mengalami hal tersebut. Saya sudah mengatur sinyal ponselku ke 3G Only tetapi munculnya tetap E. Ada beberapa penyebab yang menjadikan sinyal jaringan HP Anda tidak bisa berubah padahal sudah di atur tetapi tetap munculnya jaringan 2G / EDGE, penyebabnya antara lain adalah karena kondisi jaringan di tempat Anda yang masih belum mendukung jaringan 3G atau 4G, mungkin lokasi tower jauh dari tempat Anda.

Ada juga yang salah pada pengaturan ponsel Anda, biasanya ini terjadi pada ponsel yang menggunakan 2 kartu sim, sama seperti yang saya alami di ponsel samsung galaxy grand 2 duos. Terkadang susah sekali ganti jaringan ke 3G padahal sudah saya atur ke hanya pada jaringan 3g. Kasusnya seperti ini: kalau sim yang saya gunakan untuk internetan saya pasang pada sim 2, itu sinyalnya susah sekali, tetapi bila saya pasang pada sim 1 atau sim utama itu lancar jaya tanpa ada masalah. Bahkan tanpa saya atur sudah otomatis menjadi jaringan H+.

Maka dari itu, saya ingin memberikan tips untuk merubah sinyal HP Edge yang bandel gak mau di ubah ke  H+. Ada 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengubah jaringan smartphone kamu. Berikut caranya.
Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE

Cara Merubah Sinyal EDGE menjadi 3G / HSDPA (H+) dan 4G LTE.

Cara 1) Merubah sinyal HP melalui Pengaturan

Ini merupakan cara yang paling mudah. Untuk merubah jaringan ponsel melalui pengaturan bisa Anda ikuti beberapa langkah berikut ini.
  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada ponsel Anda.
  2. Pilih menu Jaringan Seluler
  3. Kemudian pilih Mode Jaringan SIM 1 atau 2.
  4. Ada banyak pilihan, mulai dari LTE/CDMA/GSM sampai hanya GSM, pilih yang WCDMA saja agar sinyal tidak berubah-ubah secara otomatis.
  5. Tunggu hingga jaringan berubah menjadi H+. dan Selesai!
Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE di HP samsung android

Cara 2) Merubah Sinyal HP melalui Panggilan Telepon / Dialer

Ini sebagai solusi untuk sinyal hp yang susah diganti seperti hp saya sudah tak ganti ke jaringan 3G only tetapi masih bandel munculnya E melulu. Dan juga solusi untuk mengatasi sinyal HP yang sering berubah-ubah, terkadang E dan berubah jadi H+ atau bahkan sebaliknya.
  1. Buka Dialer di ponsel kamu.
  2. Ketik *#*#4636#*#* dan panggil atau call
  3. Akan muncul menu Testing, pilih Phone information atau Tablet information
  4. Pada layar Phone info, geser ke bawah untuk melihat menu dropdown "WCDMA Preferred" yang ada di bagian "Set preferred network type", sentuh menu tersebut maka akan muncul pilihan jaringan yang support dengan ponsel Anda. 
  5. Secara default akan diatur pada mode wcdma preferred yang menjadikan jaringan akan sering atau bisa berubah sendiri seara otomatis dari gprs, edge, ke 3G, hspa dan sebaliknya. Pada menu pilihan ini, silahkan pilih WCDMA Only.
  6. Dan setelah kamu pilih WCDMA Only maka secara otomatis jaringan akan berubah ke 3G saja, saya sudah mempraktekkan cara ini dan sinyal pada hp saya sudah tidak bandel dan tidak sering berubah-ubah sendiri.
Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE di HP melalui menu testing android

Cara 3) Merubah Sinyal HP menggunakan aplikasi

Saya merasa cara no 2 sangat ribet ya, karena kita harus melakukan panggilan pada kode diatas yang luamayan panjang, dan itu dilakukan setiap kita ingin mengganti sinyal. Dan ternyata sudah ada aplikasi yang bisa melakukan fungsi seperti pada cara 2 diatas. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store, berikut caranya.
  1. Buka Play Store, kemudian cari aplikasi “Fix 3G 4G Connection Free” dan install.
  2. Setelah di Install buka aplikasi tersebut dan kamu langsung menuju langlah 2 tanpa harus melakukan panggilan dengan mengetikkan kode seperti cara 2 yang menurut saya terlalu ribet. Jadi Anda tinggal membuka aplikasi ini dan bisa langsung menuju layar Testing seperti cara diatas.
  3. Mudah kan!
Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE di HP melalui aplikasi Fix 3G 4G Connection Free for android

Sangat mudah sekali, dengan mengikuti beberapa panduan diatas semoga bisa mengatasi masalah sinyal jaringan di ponsel atau tablet Anda. Perlu dicatat bahwa cara diatas hanya merubah jaringan di smartphone Anda, bukan untuk mempercepat koneksi internet yang lemot. Koneksi jaringan internet yang lemot bisa disebabkan karena sinyal di daerah Anda yang lemah. Tetapi tidak ada salahnya mencoba beberapa cara diatas, siapa tahu koneksi internet di hp kamu bisa lebih cepat dan lancar. Silahkan dicoba dan jika kalian punya pertanyaan atau pengalaman lain seputar merubah jaringan di ponsel Anda, share ya di kolom komentar! Semoga bermanfaat.

8 komentar untuk "3 Cara Merubah Jaringan EDGE ke 3G HSDPA & 4G LTE"

  1. Balasan
    1. caranya sama seperti cara di atas sob. tinggal pilih saja yang WCDMA Only

      Hapus
  2. Balasan
    1. jika masih EDGE berarti smartphone kamu tidak mendukung sinyal + 3G/H+ apa lagi 4G LTE.

      Hapus
  3. Kartu saya 4g.tpi hp saya 3g.saya mau makai jaringan 3g.kok susah ya.tpi kalau keluar jaringan 4g kadang kadang hp saya ngebleng.gimana cara nya pakai jaringan 3g meski kartu SIM saya 4g.tlg gan bantu solusi nya

    BalasHapus
  4. Saya udah pernah pake cara yang kedua sob tapi knapa ko saya setting ke WCDMA only balik lagi ke WCDMA preferred trus ga ke simpan... Minta penjelasan nya dong sob...

    BalasHapus
  5. Bisa enggak ngerubah hp yang snyalnya 3g ke 4g

    BalasHapus
  6. kenapa di hp saya asus laser tidak bisa di pake WCDMA only ,klu WCDMA only jaringan hp saya langsung silang gtu...gmna ya?

    BalasHapus