Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Koreksi Ejaan Kata (Salah Ketik) di Microsoft Word

Melakukan kesalahan saat mengetik itu sudah menjadi hal yang lumrah, karena manusia memang bukan mahluk yang sempurna yang tidak luput dari kesalahan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena salah ketik dapat kita koreksi dengan mudah dan cepat menggunakan fitur koreksi bahasa yang sudah ada di dalam aplikasi Microsoft word.

Semua orang pasti sering mengalaminya, tidak peduli orang itu baru belajar mengetik atau masih pemula atau bahkan yang sudah mahir sekalipun pasti melakukan kesalahan saat mengetik. Memang harus jeli untuk memeriksa atau mengecek ejaan kata yang salah, tapi kita bisa melakukannya secara otomatis tanpa harus melihat satu persatu mana kata yang salah dan yang sudah benar.

Yang paling sering saya jumpai adalah ketika mahasiswa mengerjakan skripsi, dan pada saat bimbingan, ternyata masih banyak kata bahasa yang salah dan alhasil lembar skripsi pun di coret-coret oleh dosen pembimbing dan si mahasiswa itu memperbaikinya lagi.

Ada juga siswa yang lagi dapat tugas di sekolah untuk membuat laporan, makalah, jurnal dan masih banyak lagi, termasuk saya pribadi saat menulis sebuah artikel di blog ini, sebisa mungkin pasti saya berusaha untuk tidak ada kesalahan apapun pada setiap kata di dalam artikel yang saya buat.

Namun bila kita mencari setiap kata yang salah dan kemudian memperbaikinya, bila itu dilakukan secara manual, tentu akan membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra serta butuh ketelitian yang sangat tinggi. Hal ini sungguh melelahkan, apa lagi dengan kurun waktu yang terbatas.

Nah, maka dari itu pada kesempatan ini saya akan berbagi tutorial yang bisa membantu Anda dalam mengoreksi semua kata yang salah ketik pada Microsoft office word dengan mudah dan cepat. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
Cara Koreksi Salah Ketik di Microsoft Word dengan Mudah dan Cepat

Cara Koreksi Salah Ketik di Microsoft Word

Secara default di dalam Microsoft word sudah dilengkapi dengan fitur untuk mendeteksi setiap kata yang salah, baik itu karena lupa, salah pencet, atau bahkan keyboardnya yang error, fitur ini akan secara otomatis menandai kata yang salah (tidak ada dalam kamus) dengan garis bawah berwarna merah.

Tetapi fitur ini masih di atur hanya untuk format English (bahasa inggris). Karena setiap kata dan kalimat yang kita ketik adalah menggunakan bahasa indonesia maka yang harus Anda lakukan adalah menambahkan kamus Bahasa Indonesia agar supaya bisa mendeteksi dan mengoreksi setiap kata secara otomatis yang disebut dengan Custom Dictionaries.

Microsoft Word dapat menggunakan banyak custom dictionary untuk memeriksa ejaan dokumen Anda. Kamus custom memungkinkan Anda untuk menambah Kamus utama dengan kata-kata tambahan, seperti nama, istilah teknis khusus, kata-kata asing atau ejaan alternatif dari beberapa kata.


Cara Menambahkan Custom Dictionaries Bahasa Indonesia di Word

Langkah #1) Download Plugin Kamus Bahasa Indonesia Untuk Microsoft Word DISINI.

Plugin ini bisa di tambahkan pada semua versi Microsoft office, termasuk office word 2003, 2007, 2010, 2013, dan 2016.

Langkah #2) Setelah file plugin kamus bahasa indonesia selesai di download. Silahkan menuju ke folder penyimpanan hasil download file di komputer kamu. Biasanya file download akan tersimpan di folder Downloads di Windows kamu.

Nama file tersebut saya beri nama “Kamus Bahasa Indonesia (www.caratutorial.com)

Setelah file itu di temukan, silahkan copy file tersebut ke folder “C:\Users\Nama User\AppData\Roaming\Microsoft\UProof” seperti contoh gambar berikut ini.
Gambar Folder penyimpanan custom dictionaries microsoft word

Karena folder tersebut adalah folder yang tersembunyi, maka kita perlu mengatur pada pengaturan Windows Explorer agar supaya menampilkan file atau folder yang di hidden dengan cara klik tab View » Beri centang pada Hidden Items. Maka folder yang tersembunyi akan di tampilkan.
Menampilkan Folder yang di Hidden Windows

Langkah #3) Setelah selesai menyalin atau copy file ke folder diatas, sekarang kamu buka Microsoft Word pada Windows kamu.

Setelah itu klik menu File » Options.
File Options Microsoft Word

Langkah #4) Setelah jendela Word Options terbuka, silahkan klik pada tab Proofing. Pastikan ada tanda centang pada opsi Check spelling as you type, Mark grammar errors as you type, frequently confused words, dan Check grammar with spelling.

Selanjutnya klik Custom Dictionaries…
Word Options Custom Dictionaries

Langkah #5) Setelah jendela Custom Dictionaries terbuka, klik pada opsi Add.
Add Custom Dictionaries
Maka jendela add custom dictionary akan terbuka, silahkan anda pilih “Kamus Bahasa Indonesia (www.carartutorial.com).dic” lalu klik Open.
Add and Select Custom Dictionaries

Setelah selesai, akan di tampilkan kamus bahasa indonesia yang telah di tambahkan pada kategori All Languages. Pastikan sudah tercentang dan klik OK.
Add Custom Dictionaries Bahasa Indonesia

Langkah #6) Oke, kita telah berhasil menambahkan custom dictionaries untuk bahasa indonesia pada word kita, langkah selanjutnya adalah mengatur proofing bahasa agar supaya bisa mendeteksi kata yang salah.

Caranya sebagai berikut: Klik tab Review » Language » Set Proofing Language.
Set Proofing Language Microsoft Word
Maka akan muncul layar kotak Language untuk memilih bahasa, silahkan gulir ke bawah dan pilih Indonesian dan pastikan tidak ada centang pada Do not check spelling or grammar, Setelah selesai klik OK.
Language Indonesian Microsoft Word

Langkah #7) Sekarang buat dokumen baru atau buka dokumen yang sudah ada, lihat di sini: Tutorial: Cara Membuat & Menyimpan Dokumen Baru di Microsoft Word.

Setelah itu lihatlah pada setiap kata yang salah akan ditampilkan dengan garis bawah berwarna merah seperti contoh gambar dibawah ini.
Koreksi Ejaan Kata Microsoft Word
Dan tentunya sudah mendukung bahasa indonesia, jadi setiap kata yang kita ketik dengan bahasa indonesia bila itu adalah kata yang salah (kata tidak baku) maka akan langsung di tandai seperti gambar di atas.

Sekarang untuk memperbaiki atau membenarkan setiap kata yang salah, Anda hanya perlu melakukan Klik Kanan pada kata yang salah, maka akan di tampilkan rekomendasi kata yang benar.
Memperbaiki salah ketik di microsoft word
Ini mirip seperti saat kita browsing di mesin pencari google, jika salah ketik akan di tampilkan “mungkin maksud Anda ini….” Atau ini juga mirip dengan keyboard typo pada ponsel Android.

Oh ya, jika Anda ingin menyimpan atau mengubah file word doc atau docx menjadi file PDF, lihat panduannya disini : Cara Merubah File MS Word ke PDF dengan Mudah dan Cepat.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat di ambil dari semua langkah di atas adalah yang paling penting, Anda harus memiliki file plugin kamus bahasa indonesia yang bisa di download melalui link yang sudah saya sediakan diatas, dan juga mengatur windows explorer agar menampilkan folder atau file yang di sembunyikan.

Setelah keduanya telah terpenuhi, kamu hanya perlu copy plugin tersebut ke dalam folder yang disembunyikan yang saya sebutkan diatas. Dan barulah kamu bisa menambahkan dan mengatur custom dictionaries pada Microsoft Word agar supaya bisa mendeteksi dan mengoreksi setiap kata yang kita ketik dengan menggunakan bahasa indonesia.

Nah bagaimana bro, sangat mudah sekali bukan? Dengan menggunakan cara ini Anda tidak perlu harus susah payah memeriksa dan mencari satu persatu setiap kata yang salah dan sangat melelahkan sekali bila harus mengoreksi secara manual.

Oke, cukup sekian artikel kali ini, semoga tulisan di atas mudah dipahami dan bila Anda kebingungan atau bahkan Anda sudah memiliki pengalaman lain yang lebih bermanfaat seperti cara diatas, silahkan di bagikan melalui kolom komentar dibawah.

Semoga bermanfaat…

12 komentar untuk "Cara Koreksi Ejaan Kata (Salah Ketik) di Microsoft Word"

  1. saya mencoba di laptop saya, kok tetap ndak berfungsi ya
    kira-kira apa yang salah?

    BalasHapus
  2. terima kasih tutorialnya, sudah banyak yang saya download, tapi baru ini yang berhasil, penjelasanya lengkap dengan gambar jadi sangat mudah untuk diikuti

    BalasHapus
  3. Thank you kak, sangat bermanfaat banget apalagi saya sedang membuat novel sekarang

    BalasHapus
  4. Makasih kak, Tutorialnya sangat membantu sekaliiii 😍😍😍

    BalasHapus
  5. Terima kasih. Alhamdulillah terbantu sangat. Dengan pekerjaan yang dituntut harus cepat, tutorial Mas amat sangat bermanfaat. Semoga berkah ilmunya mas🤲

    BalasHapus
  6. trm ksh banyak, ilmu yang bermanfaat. tuhan memberkati

    BalasHapus